Comscore Tracker

3 Perbedaan Sayur Asem Jawa dan Betawi, Enak Mana yang Ya?

Pakai sambal terasi makin mantap

Selain sayur lodeh dan sayur kangkung, masakan khas Nusantara yang paling disukai semua kalangan adalah sayur asem. Rasanya yang agak pedas, gurih, dan asem menjadi ciri khas masakan satu ini. Isinya pun ada beberapa jenis sayuran.

Masing-masing daerah memiliki sajian sayur asem yang khas. Namun, yang paling terkenal adalah sayur asem Jawa dan Betawi.

Jangan mengira kalau semua sayur asem di setiap daerah itu sama ya, karena ternyata ada beberapa perbedaan, lho. Kali ini IDN Times telah merangkum perbedaan antara sayur asem Jawa dan Betawi. Di antaranya seperti berikut ini. 

1. Dari segi isi

3 Perbedaan Sayur Asem Jawa dan Betawi, Enak Mana yang Ya?selerasa.com

Jenis sayuran yang digunakan untuk sayur asem Jawa dan Betawi gak terlalu banyak yang berbeda. Sayuran yang biasa digunakan untuk sayur asem Betawi antara lain melinjo, jagung manis, buncis, labu siam, wortel, serta kacang tanah yang masih terbungkus dengan kulitnya.

Sedangkan, sayur asem Jawa terdapat tambahan kemiri, terasi, cabai rawit, dan cabai merah. Isian sayurannya sama, seperti melinjo, labu siam, jagung manis, dan kacang tanah.

Baca juga: 3 Sate Terpopuler: Sate Madura, Ponorogo, dan Lilit, Suka yang Mana?

2. Segi kuah

3 Perbedaan Sayur Asem Jawa dan Betawi, Enak Mana yang Ya?foody.id

Jika dilihat dari segi isi, keduanya hampir sama. Namun dari segi kuahnya, keduanya sebenarnya berbeda. Kuah sayur asem Jawa berwarna lebih putih dan bening. Sedangkan sayur asem Betawi, warnanya sedikit lebih merah keruh, karena ada tambahan kemiri, terasi, dan cabai merah.

3. Segi jenis

3 Perbedaan Sayur Asem Jawa dan Betawi, Enak Mana yang Ya?selerasa.com

Bukan cuma dari segi isi dan kuahnya saja, jenis sayur asemnya juga beragam. Sayur asem Betawi memiliki beberapa versi yaitu sayur asem oncom, sayur asem jengkol, dan sayur asem kangkung, dan sebagainya.

Sedangkan sayur asem Jawa, ada yang khas Jawa Tengah, ada pula Jawa Timur-an. Varian isi sayur asem Jawa Tengah dan Jawa Timur hampir sama. Yang membedakan adalah sayur asem Jawa Timur lebih identik dengan kangkung dan timun krai.

Nah, sekarang sudah tahu, kan perbedaan sayur asem Jawa dan Betawi. Menurutmu lebih enak yang mana, nih?

Baca juga: 8 Makanan Khas Bogor yang Unik dan Enak, Seporsi Mana Cukup?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You