Comscore Tracker

4 Makanan Enak untuk Pendamping Papeda, Rasanya Nendang Abis!

Gak lengkap kalau gak ada makanan-makanan ini

Selain terkenal dengan pesona alamnya yang memukau, Indonesia juga terkenal dengan banyaknya makanan khas daerah yang enak banget.  Tak terkecuali dari tanah Timur, seperti Papua dan Maluku.

Keduanya sama-sama unik. Jika kita terbiasa dengan nasi sebagai makanan pokok, di Papua dan Maluku tidak demikian. Sebab, padi agak sulit ditanam di sana. Sehingga, mereka menggantinya dengan sagu.

Salah satu olahan sagu yang paling terkenal yakni papeda. Mungkin kamu yang terbiasa makan nasi akan aneh ketika pertama kali mencicipinya. Tak ada rasa alias hambar. Tapi jangan sedih, ada beberapa makanan pendamping yang bikin papeda makin nikmat. Apa saja ya? 

1. Ikan kuah kuning

4 Makanan Enak untuk Pendamping Papeda, Rasanya Nendang Abis!lihatresep.com

Ikan kuah kuning merupakan salah satu makanan pendamping papeda yang paling favorit. Rasanya gurih dan asam, menambah cita rasa papeda makin lezat.

Beragam ikan yang biasa digunakan. Mulai dari ikan tuna, tongkol, kakap, dan ikan gabus. Dijamin bikin nagih deh kalau makan papeda ditemani ikan kuah kuning ini!

2. Sayur ganemo

4 Makanan Enak untuk Pendamping Papeda, Rasanya Nendang Abis!resepyummy.com

Selain yang berkuah, papeda juga cocok disantap dengan masakan tumisan, seperti sayur ganemo. Sayur ini terbuat dari daun melinjo muda dan daun pepaya yang ditumis.

Potongan cabai merah ditambahkan membuat olahan tersebut makin mantap. Tumisan ini bisa dimasak kering atau berkuah kok, tergantung seleramu aja. Wah...gimana rasanya ya?

Baca juga: 5 Makanan Sehat Ini Mempercepat Pemulihan Cedera, Enak Lho!

3. Ikan goreng

4 Makanan Enak untuk Pendamping Papeda, Rasanya Nendang Abis!vemale.com

Walau papeda bukan nasi, kamu tetap bisa menikmatinya dengan ikan goreng. Rasanya akan semakin nendang karena tambahan bumbu ikan dan daging ikan yang gurih.

Ikan yang biasa dimasak untuk pendamping papeda antara lain tongkol, tuna, mubara, dan masih banyak yang lainnya. Kamu mau makan papeda pakai ikan apa nih?

4. Kuah lalapan 

4 Makanan Enak untuk Pendamping Papeda, Rasanya Nendang Abis!youtube.com/IndonesiaKaya
Gampang banget bikin menu pendamping papeda yang ini. Kuah lalapan ini terdiri dari potongan cabai sesuai selera, belimbing wuluh, dan jeruk nipis. Jangan lupa diberi air ya. Kebayang kan gimana rasa papeda dicocol dengan kuah lalapan ini? Yummy!

Itulah makanan-makanan pendamping papeda, kira-kira kamu mau coba yang mana dulu nih?

Baca Juga: 10 Makanan Sehari-hari Ini Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You