Comscore Tracker

5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibeli, Bukan Bakpia Ajah!

Jangan lupa bawa yang banyak, gengs

Yogyakarta, kota yang menyimpan sejuta kekayaan budaya, tempat wisata yang legendaris dan kekinian, termasuk makanan khas yang telah turun-menurun. Biasanya setelah berwisata, kamu akan memberikan oleh-oleh kepada orang tersayang di rumah, kan?

Nah, kalau habis liburan ke Yogyakarta, jangan lupa membawa oleh-oleh makanan khasnya ya. Selain Bakpia Pathok, sedikitnya ada lima oleh-oleh khas Yogyakarta nih yang dirangkum oleh IDN Times. Mau tahu apa saja?

1. Gudeg

5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibeli, Bukan Bakpia Ajah!instagram.com/kulineryogya

Ingin membawa gudeg ke rumah, tapi takut basi? Tenang, ada gudeg kering, kok. Jadi tak masalah kalau kamu membawanya untuk oleh-oleh.

Gudeg kering bisa bertahan sampai tiga hari, lebih baik letakkan di lemari es. Gudeg yang diperuntukkan sebagai oleh-oleh biasanya dikemas dalam bentuk besek atau kendil. Ada juga dalam bentuk kaleng, supaya lebih praktis membawanya.

2. Yangko

5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibeli, Bukan Bakpia Ajah!instagram.com/jajaninajadulu

Makanan khas Yogyakarta satu ini sangat menarik, karena berwarna-warni. Terbuat dari tepung ketan dengan rasa manis dan berisi kacang.

Teksturnya kenyal sekaligus lembut saat dikunyah. Banyak orang bilang yangko mirip dengan kue mochi dari Jepang. Cocok banget buat kamu bawa untuk oleh-oleh khas Yogyakarta ini.

3. Geplak

5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibeli, Bukan Bakpia Ajah!instagram.com/panganane_wahyudi

Jajanan khas Yogyakarta satu ini terbuat dari kelapa, gula, dan tepung beras atau tepung ketan. Geplak paling enak disantap ketika masih hangat. Saat ini geplak memiliki varian rasa, mulai dari rasa stroberi, jeruk, hingga durian dengan aneka warnanya.

Baca Juga: Jangan Terlewat, Ini 5 Souvenir yang Harus Dibeli di Yogyakarta

4. Cokelat Monggo

5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibeli, Bukan Bakpia Ajah!tripadvisor.com/Wiranto

Tak kalah dengan kota-kota penghasil cokelat di luar negeri, Yogya juga memiliki cokelat khas yang cocok untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh. Cokelat Monggo diciptakan Thiery Detournay asal Belgia, tapi bahan bakunya tetap dari Indonesia.

Varian rasanya bermacam, antara lain Dark Chocolate, Praline, Red Chili, dan Orange Pee. Saking larisnya, cokelat ini juga dipasarkan di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, lho. 

5. Salak Pondoh

5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibeli, Bukan Bakpia Ajah!pixabay.com/Reisefreiheit_eu

Satu lagi nih yang gak kalah menarik untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta yaitu salak pondoh. Rasanya yang manis menjadi ciri khasnya, sehingga menggugah selera untuk memakannya.

Jadi pengin beli semuanya, kan? Kamu paling suka yang mana nih?

Baca Juga: Biar Gak Bosen, Begini 7 Cara Menikmati Liburan di Yogyakarta

yummy-banner

Topic:

  • Birgitta Angie
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya