Comscore Tracker

5 Makanan Khas Papua Ini Bikin Gagal Move On, Mantap Abis!

Sekali coba pasti ketagihan dan kepikiran sampai di rumah

Indonesia kini kian dibanjiri banyaknya bisnis kuliner dari berbagai daerah. Tak dapat dimungkiri lagi, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri, termasuk Papua. 

Jangan menganggap remeh, Papua juga memiliki makanan khas yang tak kalah enak dengan daerah lain, lho. Jika kamu berkunjung ke Papua, jangan lupa kamu harus coba lima makanan khas Papua yang paling populer ini.

Kira-kira seperti apa sih makanannya? Berikut IDN Times bakalan kasih tahu kamu tentang makanan khas papua, yang bikin kamu semua gagal move on deh. 

1. Papeda

5 Makanan Khas Papua Ini Bikin Gagal Move On, Mantap Abis!picssr.com

Tahu makanan yang terbuat dari sagu ini kan? Papeda sudah cukup terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya, papeda dimasak dengan bumbu kuah kuning. Kamu yang pertama kali coba, pasti akan merasa aneh ketika merasakannya.

Papeda terasa hambar dan bertekstur seperti lem. Begitu masuk perut, kamu akan merasakan sensasi dingin menenangkan. Tapi kalau kamu sudah mulai terbiasa dengan makanan satu ini, kamu bakalan ketagihan.

2. Martabak sagu

5 Makanan Khas Papua Ini Bikin Gagal Move On, Mantap Abis!kulinersurakarta.com

Kamu pasti suka martabak kan? Tapi gimana dengan martabak yang satu ini? Martabak dari Fak-Fak ini berbeda dengan martabak yang biasanya lho.

Martabak ini terbuat dari sagu dan digoreng, kemudian dicampur dengan gula merah. Gak kalah rasanya dengan martabak manis yang kamu biasa makan deh.

Baca juga: Termahal, Harga Madu Ini Setara dengan Beli Rumah!

3. Aunu senebre

5 Makanan Khas Papua Ini Bikin Gagal Move On, Mantap Abis!plimbi.com

Biasanya orang Papua akan menyantap aunun senebre bersama papeda supaya lebih nikmat. Berbeda dengan papeda yang lengket, aunu sanebre memiliki tekstur yang sedikit kering. Berisi ikan teri goreng yang dicampur dengan daun talas. Boleh dicoba nih!

4. Sate ulat sagu

5 Makanan Khas Papua Ini Bikin Gagal Move On, Mantap Abis!kebudayaanindonesia.com

Mungkin kamu akan merasa jijik dengan makanan yang satu ini. Tapi tidak dengan orang Papua. Sate ulat sagu ini menjadi makanan khas mereka yang sangat digemari. Teksturnya kenyal dan menggelikan.

Ulat sagu yang diambil dari pohon sagu yang busuk. Cara mengambilnya dengan ditusuk, lalu disate dan dibakar. Tetapi bagi yang sudah terbiasa, ulat sagu dimakan hidup-hidup. Berani coba?

5. Ikan bungkus

5 Makanan Khas Papua Ini Bikin Gagal Move On, Mantap Abis!waktuku.com

Makanan khas Papua selanjutnya adalah Ikan bungkus. Daun talas dipilih untuk membungkus makanan satu ini.

Bumbu rempah khas Papua dengan rasa asin akan ditambahkan sebelum dibungkus. Rasa asin itu berfungsi sebagai penghilang getah yang ada dalam daun talas tersebut. Coba cicipi makanan ini pada waktu masih hangat deh.

Walaupun bentuknya memang agak aneh, akan tetapi bila sudah di mulut bikin lidahmu bergoyang dan ketagihan. Kamu sudah pernah coba yang mana?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Madiun Ini Rasanya Enak Banget, Tak Hanya Pecel!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You