Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Pulau Karimunjawa yang Harus Kamu Coba, Jangan Lupa!

Makanannya unik dan lezat

Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu gugusan kepulauan kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Jepara. Kepulauan ini juga sudah terkenal akan wisatanya yang terkenal dan menarik perhatian dengan keindahan pantainya.

Selain itu Kepulauan Karimunjawa juga memiliki makanan khas yang tentunya beda dibandingkan daerah lainnya yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini. 

Buat kalian yang akan berwisata ke Kepulauan Karimunjawa, ada baiknya menyimak beberapa makanan khasnya yang tidak boleh untuk dilewatkan berikut ini. 

1. Lontong Krobyok

5 Kuliner Khas Pulau Karimunjawa yang Harus Kamu Coba, Jangan Lupa!instagram.com/inainu.id/

Lontong Krobyok merupakan salah satu makanan khas dari Karimunjawa yang cukup terkenal di pulau ini. Makanan ini memiliki nama krubyuk yang diambil dari bahasa Jawa, yang mengandung arti melintasi genangan air. Hal tersebut disebabkan kuah dari kudapan ini menggunakan kuah bakso yang segar dan berbumbu.

Selain menggunakan kuah bakso, dalam penyajiannya ditambah dengan berbagai suwiran ayam, taoge, daun seledri dan tentunya irisan lontong yang nikmat. 

2. Bakso Ikan Ekor Kuning

5 Kuliner Khas Pulau Karimunjawa yang Harus Kamu Coba, Jangan Lupa!instagram.com/gayuhedi/

Bakso ikan ekor Kkuning juga jadi makanan khas dari Kepulauan Karimunjawa, yang terbuat dari ikan ekor kuning yang banyak ditemui di perairan kepulauan ini. Bakso ikan ini sangat khas karena jarang ditemui di daerah lainnya dan tentunya memiliki cita rasa khas.

Penyajiannya mirip dengan bakso pada umumnya yang menggunakan kuah sedap, ditambah irisan sawi, dan berbagai macam tambahan lainnya. 

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Jepara Terbaru, Gak Cuma Pulau Karimunjawa!

3. Pindang Serani

5 Kuliner Khas Pulau Karimunjawa yang Harus Kamu Coba, Jangan Lupa!instagram.com/susie.agung/

Tak ketinggalan ada hidangan Pindang Serani yang juga khas dari Karimunjawa dan Jepara, yang berbahan dasar ikan pindang. Sajian pindang ini begitu nikmat dengan bumbu-bumbu khas, yang memberikan cita rasa berbeda dibandingkan makanan berbahan dasar pindang lainnya. Tak heran apabila kuah makanan ini begitu segar dan menggugah selera ditambah campuran sayuran seperti tomat yang memberikan rasa asam. 

4. Ikan Bakar Srepeh

5 Kuliner Khas Pulau Karimunjawa yang Harus Kamu Coba, Jangan Lupa!instagram.com/niluh_indriati/

Karimunjawa memang terkenal akan kuliner seafoodnya, salah satunya adalah Ikan Bakar Srepeh yang sangat khas. Ikan bakar ini memiliki cita rasa pedas dari bumbuya dan dicampur dengan manis dari kecap yang pastinya sangat menggugah selera siapa saja yang memakannya.

Pastinya buat kalian yang ingin berlibur ke Karimunjawa, gak boleh nih melewatkan untuk mencicipi kudapan satu ini yang rasanya sedap banget. 

5. Tongseng Cumi

5 Kuliner Khas Pulau Karimunjawa yang Harus Kamu Coba, Jangan Lupa!instagram.com/embunpagi3011/

Terakhir, tak kalah ketinggalan terdapat tongseng cumi yang juga jadi makanan khas Kepulauan Karimunjawa. Kuliner ini unik karena menghadirkan sensasi makan cumi-cumi dengan kuah tongseng yang umumnya disajikan untuk makanan dengan bahan daging sapi ataupun kambing yang banyak terdapat di Jawa Tengah.

Bicara mengenai rasanya tentu unik dan lezat karena merupakan perpaduan antara daging cumi-cumi yang kenyal dengan kuah tongseng dengan rasa gurih, manis, dan pedas yang sangat menggugah selera. 

Nah, itu tadi beberapa makanan khas dari Kepulauan Karimunjawa yang sangat lezat dan pastinya sayang banget untuk dilewatkan. Kalau kalian mau coba yang mana nih?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Sidoarjo, Semuanya Sedap dan Bikin Ngiler 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya