Comscore Tracker

Beda, Ini 5 Makanan Tradisional Kolombia yang Wajib Kamu Coba

Eksotis dan enak semua lho!

Kolombia memang menjadi salah satu negara di Amerika Selatan yang letaknya berada di antara Samudera Pasifik dan Laut Karibia. Negara bekas jajahan Spanyol ini juga memiliki keanekaragaman budaya baik dari masyarakat asli, pendatang dari Eropa maupun pendatang dari Afrika yang bercampur menjadi satu.

Percampuran aneka ragam budaya tersebut menyebabkan adanya asimilasi yang mewujudkan ragam budaya baru di negara ini, salah satu produknya berupa makanan asli yang eksotik banget. 

Buat kalian yang penasaran dan mungkin berencana untuk berwisata ke Kolombia, maka gak ada salahnya mencoba beberapa makanan tradisionalnya berikut ini. 

1. Bandeja Paisa

Beda, Ini 5 Makanan Tradisional Kolombia yang Wajib Kamu Cobacocina-colombiana.com

Bandeja Paisa merupakan makanan asli dari Kolombia yang sangat populer di negara tersebut, terutama region Paisa dan Antioquia. Uniknya dari makanan ini, karena menghadirkan berbagai macam makanan dalam satu loyang. Berupa kacang merah, telur, nasi, daging sapi, daging babi, sosis, hogao, dan alpukat serta lemon.

Asal muasal hidangan ini dari adanya percampuran budaya masyarakat asli, kolonisasi Spanyol, serta pendatang asal Afrika pada abad ke 19 yang menciptakan perpaduan makanan ini.

2. Ajiaco

Beda, Ini 5 Makanan Tradisional Kolombia yang Wajib Kamu Cobacolombia.com

Ajiaco merupakan sajian sup yang umum ditemui di Kolombia, selain itu hidangan ini juga sangat populer di Ibukota Bogota, serta dapat ditemui di negara lain seperti Kuba dan Peru.

Sup terbuat dari bahan ayam yang dipadukan dengan tiga varian kentang, jagung, dan diberikan tambahan bumbu dari tanaman Galinsoga parviflora yang menambah kekayaan rasa dari sup ini.

Namun asal mula makanan ini masih belum diketahui secara pasti, serta masih menjadi perdebatan hingga saat ini. 

Baca Juga: 7 Kuliner Jalanan Kolombia yang Tak Bisa Ditemukan di Indonesia 

3. Cazuela de Mariscos

Beda, Ini 5 Makanan Tradisional Kolombia yang Wajib Kamu Cobacolombia.com

Kemudian ada lagi salah satu makanan khas Kolombia yang menggunakan bahan seafood, yakni Cazuela de Mariscos. Hidangan satu ini cukup populer di Kolombia, di mana negara ini juga menjadi salah satu penghasil olahan laut yang besar. Sedangkan bahan-bahan utama pembuatannya menggunakan kerang, udang, cumi-cumi, lobster, santan, bawang bombay, cilantro, cream, dan pasta tomat.

Pastinya rasa dari makanan ini sangat nikmat dengan berbagai macam bumbu dan seafood segar yang menggugah selera. 

4. Changua

Beda, Ini 5 Makanan Tradisional Kolombia yang Wajib Kamu Cobafloridamilk.com

Ada lagi hidangan sup asal Kolombia yang bernama Changua yang sangat populer di area pegunungan Andes Kolombia, seperti daerah Boyaca, Cundinamarca dan Bogota. Sup ini terbuat dari perpaduan bahan antara lain, susu, air, yang ditambah dengan rebusan telur namun tanpa merusak kuning telurnya. Tak hanya itu saja, sup ini juga dapat ditambahkan dengan keju yang membuat rasanya semakin nikmat. 

Pada masa modern ini sajian Changua juga bisa ditambahkan dengan aneka macam roti, ayam dan berbagai makanan lain, serta sangat cocok untuk sarapan pagi. 

5. Arepa

Beda, Ini 5 Makanan Tradisional Kolombia yang Wajib Kamu Cobawashingtonpost.com

Terakhir ada roti Arepa yang sudah sangat terkenal di Kolombia dan Venezuela, yang mana terbuat dari bahan utama tepung jagung atau tapioka. Roti nikmat ini menjadi makanan keseharian masyarakat Kolombia dan Venezuela yang dapat disajikan bersama keju, susu kental manis, daging ayam, daging sapi, alpukat, dan berbagai macam olahan makanan lain.

Selain itu Arepa sebenarnya merupakan makanan kuno yang sudah ada dari masa pre-Columbian yang diturunkan dari masyarakat asli Indian hingga masa penjajahan Spanyol, sampai saat ini. 

Itu tadi lima makanan tradisional dari Kolombia yang nikmat dan harus kamu coba ketika berkunjung ke sana. Mana nih yang paling enak menurut kamu?

Baca Juga: 8 Jenis Kuliner Populer Belarus untuk Kamu Pecinta Wisata Kuliner

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You