Comscore Tracker

5 Dessert Khas Peru yang Rasanya Nikmat Banget

Rasanya manis dan unik tentunya

Peru, negara dengan iklim tropis ini juga terkenal dengan kebudayaan masyarakat lokal yang amat kental, disertai dengan percampuran budaya Eropa terutama Spanyol yang khas. Percampuran budaya tersebut lantas juga mempengaruhi berbagai makanan yang ada di negeri ini.

Nah, makanan nikmat yang tak boleh ketinggalan untuk dicicipi adalah hidangan pencuci mulut atau dessert khas Peru yang pastinya menggugah selera. Buat kalian yang suka banget dengan manis-manis, maka langsung saja simak ulasannya berikut ini. 

1. Suspiro de limena

5 Dessert Khas Peru yang Rasanya Nikmat Bangetdolceplacard.com

Pertama ada dessert bernama Suspiro de Limena, yang mana berasal dari kota Lima, yang mana menghadirkan rasa puding susu lezat dengan taburan kayu manis dan karamel, serta cream manjar atau dulce de leche yang legit. Bahan utama yang digunakan dalam puding ini berupa telur, gula, susu evaporasi, dan sirup meringue yang ditambahkan di dalamnya. 

Makanan penutup ini biasanya banyak ditemui di sekitar kota Lima, Peru dan berbagai kota lainnya di Peru. Selain itu juga dapat ditemui di berbagai restaurant Peru yang ada di berbagai negara. 

2. Crema volteada

5 Dessert Khas Peru yang Rasanya Nikmat Bangetcomidasperuanass.com

Crema Volteada merupakan kue flan versi dari Peru yang sebenarnya resep aslinya berasal dari Spanyol, yang dibawa ketika masa penjajahan. Namun tentunya versi dari Peru berbeda dari flan yang ada di Spanyol dan negara Amerika Latin lainnya. Pada crema volteada menggunakan susu evaporasi dan susu kental manis yang membuat teksturnya lebih lembut dan manis. 

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan dessert ini berupa gula halus, susu evaporasi, susu kondensasi, telur dan vanilla. Makanan pencuci mulut ini juga menjadi salah satu yang terkenal di Peru dengan proses pembuatan yang mudah dan rasa yang nikmat. 

Baca Juga: 7 Dessert Ini Bakal Bikin Kamu Tergila-gila pada Lezatnya Alpukat

3. Alfajores

5 Dessert Khas Peru yang Rasanya Nikmat Bangetchowhound.com

Berikutnya terdapat Alfajores yang sebenarnya merupakan kue yang tidak hanya ditemui di Peru, melainkan juga di berbagai negeri Amerika Latin lainnya. Sebenarnya asal usul dari kue ini dari Spanyol yang berakar dari Timur Tengah, yang memiliki arti alfajor dari bahasa Arab, al-hasu yang berarti diisi.

Kue isi ini memang memiliki ciri khas dari masing-masing negara, di mana untuk alfajores khas Peru menggunakan tambahan gula halus, sirup manjar dan tentunya rasa kayu manis yang khas. 

4. Turron de dona pepa

5 Dessert Khas Peru yang Rasanya Nikmat Bangetquericavida.com

Turron de Dona Pepa menjadi salah satu hidangan pencuci mulut khas Peru yang utamanya untuk hidangan bulan Oktober dalam perayaan El Mas Merado, yang berarti bulan ungu. Selain rasanya yang enak kue ini juga memiliki bentuk layaknya nougat dengan beragam topping di atasnya. 

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini cukup banyak, meliputi kacang anis, air, tepung, telur, gula, gula cokelat, beberapa buah-buahan dan kayu manis. Selain diberi taburan sprinkle candy juga diberi tambahan sirup yang membuat rasanya semakin nikmat. 

5. Picarones

5 Dessert Khas Peru yang Rasanya Nikmat Bangetsortedfood.com

Terakhir ada lagi nih, kue Picarones yang berasal dari Lima, Peru yang sebenarnya merupakan sajian donat yang terbuat dari kentang. Dessert ini juga memiliki rasa yang unik dari tambahan sirup yang terbuat dari gula cokelat dengan rasa manis yang pas. Selain itu tambahan kayu manis nikmat, dengan kacang anis tentunya menambah kekayaan cita rasa kue ini. 

Sejarah picarones sebenarnya berasal dari masyarakat Afrika Peru yang pertama kali diperkenalkan donat oleh bangsa Eropa. Namun masyarakat Afrika Peru mengadaptasi resepnya dengan mengubah bahan bakunya dari tepung menjadi kentang manis. 

Nah itu tadi beberapa dessert nikmat khas dari Peru yang pastinya memiliki cita rasa nikmat dan manis. Mana nih yang paling enak menurut kalian?

Baca Juga: Serba Dipanggang, Ini 5 Resep Dessert Lezat dari Buah-buahan

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You