Comscore Tracker

6 Dessert Perayaan Natal di Italia yang Nikmat Rasanya

Tampilannya cantik dan enak rasanya

Italia merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki tradisi dan budaya natal yang kuat dengan mayoritas penduduk beragama Katolik Roma. Pastinya dengan banyaknya penduduk yang merayakan natal, banyak pula sajian-sajian khas natal yang nikmat. Hidangan natal yang gak boleh dilewatkan tentunya berupa dessert, yang memiliki cita rasa nikmat dan manis sebagai penutup makan besar. 

Maka dari itu kalian yang sedang merayakan natal, gak boleh nih ketinggalan informasi dessert khas dari Italia untuk perayaan natal. Selain itu pas banget untuk jadi suguhan di acara natal tahun ini. 

1. Panettone

6 Dessert Perayaan Natal di Italia yang Nikmat Rasanyabbc.co.uk

Panettone merupakan sajian roti natal khas dari Italia, tepatnya di Italia utara seperti Milan, yang menjadi sajian saat liburan akhir tahun. Roti ini terbuat dari bahan-bahan yang cukup mudah didapat, seperti tepung serbaguna, ragi, parutan lemon, madu, gula dan kismis. Makanan penutup ini memiliki tekstur yang sangat lembut ketika dikunyah dan adanya kismis di dalamnya menambah cita rasanya yang nikmat. 

2. Pandoro

6 Dessert Perayaan Natal di Italia yang Nikmat Rasanyavincenzosplate.com

Pandoro juga menjadi kue yang disajikan ketika hari natal di Italia, terutama di daerah Verona, yang memiliki arti dalam bahasa inggris, golden bread. Makanan penutup tradisional ini memiliki bentuk yang unik menyerupai pohon natal, dengan bentuk bintang.

Roti ini terbuat dari bahan tepung, gula halus, ragi, telur, parutan lemon dan lainnya, di mana mirip dengan roti panettone. Selain itu roti ini terlihat sangat cantik dengan tambahan topping buah-buahan dan gula halus. 

3. Struffoli

6 Dessert Perayaan Natal di Italia yang Nikmat Rasanyafoodnetwork.com

Ada lagi kue Struffoli yang merupakan roti bola goreng yang berasal dari Naples, Italia serta beberapa daerah di Italia selatan yang menjadi sajian khas natal. Roti ini terbuat dari adonan dough manis yang digoreng, yang mana terdiri dari campuran madu, gula, parutan lemon dan jeruk, serta garam laut.

Pastinya roti ini semakin cantik dengan tambahan sprinkle sebagai toppingnya, serta memiliki rasa yang sangat enak dengan perpaduan manis dan asam. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Roti Tawar dan Roti Gandum, Jangan Sampai Salah Ya!

4. Panforte

6 Dessert Perayaan Natal di Italia yang Nikmat Rasanyamanusmenu.com

Kemudian ada Panforte yang menjadi sajian dessert khas dari Tuscany yang memiliki kesamaan dengan kue florentine. Makanan ini cukup mudah untuk dibuat dan menjadi salah satu sajian natal terkenal di Italia.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan panforte berupa gula, madu, berbagai kacang-kacangan, buah-buahan, dan tak ketinggalan tambahan tepung serbaguna. Dessert ini banyak ditemui di kota Siena dan menjadi pusat panforte di seluruh Tuscany dan Italia. 

5. Ricciareli

6 Dessert Perayaan Natal di Italia yang Nikmat Rasanyaitalymagazine.com

Berikutnya ada lagi kue asal Tuscany yang bernama Ricciareli yang berbentuk seperti macaroon, yang sudah ada sejak abad ke 14 di Siena. Biskuit ini terbuat dari kacang almond, madu, gula, dan putih telur, di mana dalam pembuatannya kacang almond dihancurkan dan dicampur dengan berbagai macam bahan yang ada.

Dessert ini seringkali diberi tambahan topping gula halus dan menjadi hidangan populer ketika natal dan tahun baru.

6. Mustacciuoli

6 Dessert Perayaan Natal di Italia yang Nikmat Rasanyashelovesbiscotti.com

Terakhir ada lagi kue Mustacciuoli yang termasuk pastry tradisional dari Naples, Italia yang menjadi hidangan khas natal. Kue ini memiliki bentuk unik jajargenjang yang bertekstur lembut namun padat, serta diberi lumuran coklat yang membuatnya semakin menarik. Namun saat ini terdapat berbagai varian dari mostaccioli, yang diberi lumuran coklat putih dan berbagai macam bahan lainnya. 

Itu tadi beberapa sajian makanan penutup nikmat dari Italia yang disajikan saat perayaan natal. Mana yang jadi favorit kalian semua?

Baca Juga: Lezat dan Praktis, Ini 7 Roti Panggang dari Berbagai Negara di Dunia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya