Comscore Tracker

5 Makanan Tradisional Kuba yang Rasanya Nikmat dan Unik

Enaknya bukan main

Kuba merupakan salah satu negara unik di Kepulauan Karibia yang memiliki berbagai macam kebudayaan unik hasil percampuran budaya Spanyol, Afrika dan masyarakat asli. Dulunya, Kuba menjadi pelabuhan penting yang menjadikannya tempat berlabuh berbagai orang dari latar budaya yang beragam dan kemudian menghasilkan sebuah makanan khas. Tak diragukan lagi jika Kuba memiliki berbagai macam makanan tradisional nikmat yang rasanya menggugah selera. 

Tentunya buat kalian yang sedang merencanakan untuk berlibur ke Kuba. Maka gak ada salahnya menikmati beberapa makanan asli Kuba berikut ini. 

1. Ropa vieja 

5 Makanan Tradisional Kuba yang Rasanya Nikmat dan Unikbonappetit.com

Pertama ada makanan ropa vieja yang merupakan salah satu makanan nasional Kuba, yang juga dikenal di Panama dan Puerto Rico. Hidangan ini berupa daging sapi rebus yang diparut, lalu ditumis dengan berbagai macam sayuran, seperti bawang putih, paprika, kacang merah, dan saos tomat.

Rasa olahan daging sapi ini sangat lezat dan umumnya juga dimakan bersama nasi dan pisang goreng oleh masyarakat Kuba. 

2. Medianoche 

5 Makanan Tradisional Kuba yang Rasanya Nikmat dan Uniktablespoon.com

Medianoche yang juga disebut dengan cuban sandwich merupakan salah satu hidangan khas dari Kuba. Roti isi khas Kuba ini berbeda dibandingkan dengan sandwich pada umumnya, yang ditekan hingga berbentuk tipis.

Selain itu memiliki berbagai macam bahan berupa daging babi, ham, telur, mustard, lettuce, keju dan acar manis. Sajian ini juga sangat populer di Miami dan Tampa Florida, karena adanya komunitas masyarakat asal Kuba di sana. 

Baca Juga: 7 Kopi Tradisional dari Berbagai Negara, dari Vietnam hingga Kuba

3. Boliche 

5 Makanan Tradisional Kuba yang Rasanya Nikmat dan Unikgoya.com

Salah satu menu yang tak boleh ketinggalan untuk dicicipi adalah boliche yang berupa olahan daging sapi panggang. Makanan ini dimasak menggunakan campuran daging ham, minyak zaitun, bawang bombay dan air hingga berwarna cokelat, barulah ditambahkan kantang dan sayuran lainnya. 

Boliche umumnya dihidangkan bersama dengan nasi, kacang hitam, pisang manis, yang pastinya cocok untuk dicoba.

4. Vaca frita

5 Makanan Tradisional Kuba yang Rasanya Nikmat dan Unikfoodandwine.com

Berikutnya ada vaca frita yang dalam bahasa Inggris, berarti fried cow merupakan hidangan asli dari Kuba dan mirip dengan ropa vieja yang menggunakan daging parut. Namun bedanya daging parutan ini ditumis tanpa menggunakan saos tomat, dan justru menggunakan bahan bawang bombay, paprika, jeruk nipis, daun salam dan lainnya.

Kemudian vaca frita disajikan dengan pelengkap seperti nasi dan kacang hitam, yang menjadi sajian otentik dari Kuba. 

5. Caldosa 

5 Makanan Tradisional Kuba yang Rasanya Nikmat dan Uniktodocuba.org

Terakhir ada lagi nih makanan bernama caldosa yang sebenarnya adalah olahan sup khas dari Kuba. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya berupa daging sapi atau babi, ayam, ditambah berbagai macam sayuran seperti kentang, jagung, labu. dan tak ketinggalan ditambahkan berbagai macam bumbu khas.

Sup ini memiliki tekstur kental dan memiliki cita rasa yang sangat khas dari perpaduan daging tersebut. Makanan ini juga dihidangkan pada acara tertentu di Kuba, seperti tahun baru, perayaan revolusi Kuba dan lain sebagainya. 

Nah, sudah tahu kan beberapa makanan tradisional dari Kuba yang nikmat dan pasti dapat meningkatkan selera makanmu. Jadi, mana yang menurut kalian paling menggoda?

Baca Juga: Resep Pastry Isi Pasta Jambu Biji, Cemilan Nikmat Khas Kuba

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya