Comscore Tracker

5 Camilan Vietnam yang Terbuat dari Udang, Enak dan Bergizi!

Lezat rasanya, patut untuk dicoba

Masyarakat Vietnam memang memiliki berbagai macam variasi makanan ringan dengan cita rasa yang sangat autentik. Berbagai olahan hasil laut pun sering dicampurkan ke dalam jajanan khas Vietnam dan salah satunya adalah udang.

Dengan resep masakan yang telah turun-temurun, berbagai olahan udang pun dapat dikreasikan hingga menjadi makanan yang lezat sekaligus bergizi.

Memiliki porsi yang tidak terlalu besar dan cocok sekali dimakan sebagai camilan, inilah lima makanan khas Vietnam yang terbuat dari olahan udang.

1. Banh Tom

5 Camilan Vietnam yang Terbuat dari Udang, Enak dan Bergizi!vietnam-recipes.com

Banh tom merupakan jajanan khas dari kota Hanoi yang banyak dijumpai di pinggir jalan. Makanan ini terbuat dari ubi jalar lalu bagian atasnya diberi udang sebagai topping.

Cara membuat banh tom cukup mudah yakni dengan mencampurkan adonan tepung dan irisan ubi jalar dan diberikan udang berukuran kecil di atasnya kemudian dimasukkan ke dalam minyak goreng yang telah panas.

2. Banh Trang Tron

5 Camilan Vietnam yang Terbuat dari Udang, Enak dan Bergizi!cooky.vn

Selain udang kering sebagai bahan utamanya, banh trang tron juga terdiri dari bahan-bahan seperti kacang tanah, telur puyuh, irisan mangga hijau dan dendeng sapi khas Vietnam. Banh trang tron disajikan dengan saus cabe yang membuat makanan ini terasa lebih nikmat.

Banh trang tron juga merupakan street food yang mudah dijumpai di kota-kota Vietnam dan dijual dengan harga terjangkau.

Baca Juga: 5 Wisata Bangunan Ikonik dan Bersejarah di Hội An, Vietnam

3. Banh Khot

5 Camilan Vietnam yang Terbuat dari Udang, Enak dan Bergizi!vickypham.com

Banh khot terbuat dari adonan tepung dan santan lalu diletakkan udang berukuran mini di atasnya kemudian dimasukkan ke dalam wajan spesial yang memang diperuntukkan untuk membuat makanan ini. Setelah matang, banh khot ditaburi oleh serbuk udang kering dan dimakan bersama sayur-sayuran seperti selada dan daun basil.

Agar lebih nikmat, banh khot dicelupkan ke dalam saus ikan asam manis yang menciptakan sensasi rasa yang sangat khas.

4. Banh Xeo

5 Camilan Vietnam yang Terbuat dari Udang, Enak dan Bergizi!asianfoodnetwork.com

Banh xeo merupakan makanan dengan bahan baku udang paling favorit dan populer di kalangan masyarakat Vietnam. Makanan yang terlihat seperti pancake ini terbuat dari adonan tepung beras dicampur dengan kunyit lalu di atasnya diberi udang, daun bawang dan taoge. Setelah banh xeo matang dan diangkat dari wajan, kemudian makanan ini dilipat layaknya omelet.

Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat banh xeo sangat cocok dihidangkan pada waktu sarapan pagi.

5. Banh Khoai

5 Camilan Vietnam yang Terbuat dari Udang, Enak dan Bergizi!danang.huongnghiepaau.com

Banh khoai merupakan makanan kekaisaran dari wilayah Hue, Vietnam. Dalam bahasa Vietnam, khoai berarti bahagia yang merujuk bentuk dari banh khoai yang menyerupai mulut yang sedang tersenyum.

Banh khoai terbuat dari tepung beras yang di tengahnya berisi udang, daging sapi, dan taoge. Kerenyahan dan rasa gurih dari adonan tepung beras yang telah digoreng merupakan bagian paling lezat dalam menikmati banh khoai.

Nah, itulah beberapa makanan khas Vietnam yang terbuat dari bahan utama udang lalu dipadukan dengan beberapa bahan-bahan lainnya. Memiliki porsi yang tidak terlalu besar membuat kelima makanan di atas cocok untuk dijadikan camilan.

Baca Juga: Resep Tahu Crispy Rempah ala Yummy, Camilan Gurih yang Bikin Nagih

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya