Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Portugal Paling Populer, Teksturnya Lembut Banget!

Ini keju apa sabun, sih? #IDNTimesFood

Portugal memiliki berbagai jenis varian keju tradisional dengan bentuk dan cita rasa yang sangat autentik. Beberapa di antara produk keju khas Portugal telah terkenal di kalangan cheese lovers di seluruh dunia.

Keju-keju Portugal ini bisa populer karena dalam pembuatannya semua bahan dan proses pengolahan sangat diperhatikan. Mulai dari kualitas hingga teknik khusus diterapkan untuk menghasilkan produk keju yang bermutu tinggi.

Dapat dengan mudah dijumpai di pasar tradisional atau supermarket yang terdapat di kota-kota besar di Portugal, inilah 5 jenis keju khas Portugal yang paling populer. Simak, ya!

1. Queijo serpa

5 Jenis Keju Khas Portugal Paling Populer, Teksturnya Lembut Banget!potret queijo serpa (radiocampanario.com)

Queijo serpa merupakan keju tradisional yang berasal dari wilayah Serpa. Meskipun berasal dari Serpa, sebagian besar produksinya banyak dibuat di daerah Beja.

Keju ini terbuat dari jenis susu domba yang proses pembuatannya dapat dikatakan cukup sulit. Hal ini dikarenakan queijo serpa banyak dicampur dengan berbagai bahan-bahan lainnya seperti rennet dan tanaman herbal agar menciptakan rasa, tekstur, dan aroma yang autentik.

Dari segi tampilan, queijo serpa mempunyai kulit luar yang agak tipis dengan warna putih kekuningan serta tekstur dalam yang sangat lembut.

2. Queijo rabacal

5 Jenis Keju Khas Portugal Paling Populer, Teksturnya Lembut Banget!potret queijo rabacal (lifecooler.com)

Rasanya yang manis bikin queijo rabacal sangat cocok diolah menjadi berbagai jenis camilan dan hidangan penutup. Keju ini terbuat dari perpaduan susu kambing dan domba dengan takaran tertentu.

Untuk menghasilkan queijo rabacal yang baik, jenis kambing dan domba yang diperas susunya harus berasal dari wilayah Coimbra. Untuk proses pengentalan susu menjadi dadih diperlukan rennet. Setelah itu adonan baru dapat dibentuk menjadi keju lalu dimatangkan hingga memakan waktu selama beberapa minggu.

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Asia yang Paling Populer, Cocok buat Dessert!

3. Queijo de evora

5 Jenis Keju Khas Portugal Paling Populer, Teksturnya Lembut Banget!potret queijo de evora (artsandculture.com)

Dulunya queijo de evora banyak dikonsumsi oleh masyarakat kalangan bawah, terutama para petani yang hidup di wilayah Alentejo. Keju ini terbuat dari jenis susu domba dari ras merino yang banyak berkeliaran di daerah tersebut.

Untuk membuat queijo de evora ini, pertama-tama susu disaring dengan menggunakan kain lalu dipanaskan di atas api kayu hingga membentuk dadih. Dari segi rasa, queijo de evora memiliki rasa asam. Wine adalah pasangan yang cocok untuk mengonsumsi keju jenis ini.

4. Sao jorge

5 Jenis Keju Khas Portugal Paling Populer, Teksturnya Lembut Banget!potret keju sao Jorge (nossotalho.com)

Sao jorge merupakan salah satu produk keju premium khas Portugal yang dibanderol dengan harga mahal. Hal ini dikarenakan keju ini mempunyai tekstur dan rasa yang sempurna seperti keju Parmiagiano Reggiano dari Italia.

Selain itu, sao jorge telah diproduksi di daerah asalnya yaitu Azores sejak abad ke-15. Dalam proses pematangan, keju ini didiamkan di dalam ruangan dengan suhu tertentu yang memakan waktu minimal tiga bulan. Semakin lama keju ini disimpan, maka semakin tinggi kualitasnya.

5. Azeitao

5 Jenis Keju Khas Portugal Paling Populer, Teksturnya Lembut Banget!azeitao (portugaltravelguide.com)

Popularitas dan kelezatan dari azeitao memang tidak perlu diragukan lagi karena keju ini pernah masuk ke dalam daftar keju-keju terbaik di dunia. Azeitao terbuat dari jenis susu domba mentah yang melalui proses pengawetan sehingga memiliki tekstur mirip yang mentega.

Untuk cita rasa, keju azeitao memiliki perpaduan rasa asam dan asin yang membuatnya cocok dioleskan pada roti atau diolah ke berbagai menu hidangan sarapan juga hidangan penutup lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis keju khas Portugal paling populer yang patut untuk kamu coba. Mengunjungi negara Portugal belum lengkap rasannya tanpa mencicipi keju khas negara tersebut. Kalau kamu penggemar keju, pasti bahagia banget di sana!

Baca Juga: Resep Sandwich Keju Kambing, Gak Kalah Lezat dari Keju Biasanya!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya