Comscore Tracker

5 Jenis Salad Khas Asia yang Paling Populer, Menu Diet Favorit!

Ada yang dari Indonesia!

Salad memang dikenal sebagai hidangan menyehatkan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Setiap negara di dunia memiliki berbagai jenis hidangan saladnya tersendiri dengan tampilan dan rasa yang beranekaragam. Untuk negara di Asia, ada beberapa jenis salad yang paling terkenal dan digemari karena memiliki cita rasa yang lezat.

Terbuat dari berbagai jenis sayur-sayuran serta buah-buahan yang dipadukan dengan bumbu tradisional. Inilah lima jenis salad Asia yang paling populer, sebagai berikut.

1. Yusheng

5 Jenis Salad Khas Asia yang Paling Populer, Menu Diet Favorit!Yusheng (instagram.com/tracygreengoddess)

Yusheng merupakan salad tradisional yang berasal dari negara China. Hidangan menyehatkan ini biasanya sering disajikan pada perayaan Imlek. Yusheng terdiri dari beberapa jenis sayuran yang ditambahkan dengan irisan daging ikan serta biji wijen sebagai topping. Untuk menambah rasa, salad ini dicampurkan dengan bumbu dan rempah sehingga menciptakan rasa yang autentik.

Selain di negara asalnya, yusheng juga sangat populer di beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia dikarenakan banyaknya para imigran asal China yang menetap di sana.

2. Israeli salad

5 Jenis Salad Khas Asia yang Paling Populer, Menu Diet Favorit!Israeli salad (instagram.com/aaroncaldervegan)

Kepopuleran dari israeli salad membuatnya dijadikan sebagai hidangan nasional dari negara Israel. Memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi, salad ini sering dijadikan sebagai menu breakfast oleh masyarakat Israel. Selain menyehatkan, israeli salad juga sangat mudah dan praktis untuk disajikan di pagi hari serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyantapnya.

Untuk proses pembuatannya kamu hanya perlu menyediakan beberapa jenis bahan di antaranya tomat, mentimun dan paprika kemudian dipotong-potong berbentuk dadu lalu dilumuri dengan minyak zaitun dan perasan air lemon.

Baca Juga: 8 Jenis Salad Sayur Khas Indonesia yang Nikmatnya Bikin Kalap!

3. Karedok

5 Jenis Salad Khas Asia yang Paling Populer, Menu Diet Favorit!Karedok (instagram.com/alunrahma)

Karedok dikenal dengan rasanya yang lezat dan cocok dimakan pada saat santai. Salad khas Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat ini terdiri dari beberapa jenis sayur di antaranya mentimun, kol, tauge, kacang panjang dan daun kemangi.

Sayuran tersebut diiris kemudian disiram dengan kuah kacang yang terbuat dari gilingan kacang goreng, gula aren, cabai, bawang putih dan garam. Hidangan ini sangat mirip dengan salad khas Indonesia lainnya yaitu gado-gado.

4. Sunomono

5 Jenis Salad Khas Asia yang Paling Populer, Menu Diet Favorit!Sunomono (instagram.com/keiichioficial)

Masyarakat Jepang memang sangat gemar mengonsumsi makanan-makanan sehat salah satunya adalah salad. Sunomono menjadi salad khas Jepang yang paling populer karena memiliki rasa yang nikmat sekaligus menyegarkan.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana yakni kamu hanya perlu menyiapkan mentimun segar lalu diiris tipis-tipis kemudian disiram dengan cuka dan kecap. Biasanya sunomono juga bisa ditambahkan dengan irisan daging ikan atau gurita.

5. Thai mango salad

5 Jenis Salad Khas Asia yang Paling Populer, Menu Diet Favorit!Thai mango salad (instagram.com/tastythriftytimely)

Dari mendengar namanya sudah dapat ditebak jika thai mango salad berasal dari negara Thailand. Perpaduan rasa manis, asam dan asin membuat kamu akan merasa ketagihan saat pertama kali mencicipi thai mango salad.

Hidangan ini terbuat dari buah mangga muda yang diparut kemudian dicampurkan dengan berbagai jenis sayuran seperti tomat, paprika dan lain-lain. Selain memiliki rasa yang menggugah selera, thai mango salad juga dikenal akan tampilannya yang menawan dengan kombinasi bahan-bahan yang memiliki warna cerah.

Nah, itulah beberapa jenis hidangan salad khas Asia yang paling terkenal. Bagi kamu yang ingin menerapkan pola hidup sehat nampaknya kelima salad di atas dapat dijadikan alternatif makanan yang menyehatkan.

Baca Juga: 5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya