Comscore Tracker

5 Hidangan Seafood Khas Jamaika yang Paling Populer, Kaya Protein!

Lezat sekaligus bernutrisi!

Jamaika dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah dikarenakan negara ini dikelilingi oleh banyak laut dan samudera. Berbagai masakan seafood khas Jamaika pun menjadi menu kuliner yang wajib untuk kamu cicipi saat berkunjung ke negara yang terletak di bagian utara benua Amerika ini. Kebanyakan hidangan seafood khas Jamaika diolah menggunakan bumbu dan rempah sehingga menciptakan cita rasa yang sangat autentik.

Didominasi hidangan yang terbuat dari berbagai jenis Ikan laut dan dikombinasikan dengan beranekaragam sayuran. Inilah lima hidangan seafood khas Jamaika yang paling populer, sebagai berikut:

1. Jamaican mackerel rundown

5 Hidangan Seafood Khas Jamaika yang Paling Populer, Kaya Protein!caribbeannationalweekly.com

Jamaican mackerel rundown merupakan hidangan klasik khas masayarakat Jamaika yang menggunakan jenis ikan mackerel yang telah melalui proses pengasinan. Yang membuat hidangan ini menjadi istimewa adalah terletak pada saus kentalnya yang lezat yang terbuat dari santan kemudian dicampur dengan berbagai bumbu dapur lainnya di antaranya bawang putih, lada hitam, daun bawang serta paprika.

Hidangan tinggi protein ini biasanya disajikan pada saat sarapan pagi. Jamaican mackerel rundown lebih nikmat jika disantap bersama irisan pisang hijau di sampingnya.

2. Ackee and saltfish

5 Hidangan Seafood Khas Jamaika yang Paling Populer, Kaya Protein!theculturetrip.com

Kepopuleran dan kelezatan ackee and saltfish membuatnya dijadikan sebagai hidangan nasional dari Jamaika. Untuk bahan pembuatannya, kamu dapat menggunakan berbagai jenis ikan laut seperi ikan cod, mahi-mahi hingga mackerel. Namun sebelumnya ikan harus diasinkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya. Hidangan ini memiliki cara pengolahan yang cukup rumit dan dibutuhkan keterampilan khusus saat memasaknya.

Ackee and saltfish yang dimasak secara sempurna mempunyai kulit luar yang sedikit berminyak serta perpaduan cita rasa manis dan asin.

3. Escovitch fish

5 Hidangan Seafood Khas Jamaika yang Paling Populer, Kaya Protein!bbc.co.uk

Untuk dapat menyajikan hidangan escovitch fish, ada tiga proses pengolahan yang harus dilakukan yaitu membumbui, mengeringkan lalu digoreng. Sedangkan untuk ikan yang digunakan, kamu dapat memilih beberapa jenis ikan di antaranya ikan kakap merah, mullet, king fish dan ikan laut yang memiliki tekstur daging lebih padat lainnya. Setelah ikan selesai digoreng maka tambahkan beberapa jenis sayuran di atas ikan seperti wortel, paprika dan bawang. Escovitch fish lebih dinikmat dimakan bersama saus pedas.

Baca Juga: 5 Referensi Tempat Makan Seafood di Medan, Dijamin Nagih!

4. Jamaican steamed fish

5 Hidangan Seafood Khas Jamaika yang Paling Populer, Kaya Protein!tripadvisor.com

Di antara banyaknya hidangan seafood khas Jamaika dengan cita rasa yang lezat, jamaican steamed fish merupakan hidangan yang paling menyehatkan karena mangandung nutrisi dan protein yang tinggi. Biasanya jamaican steamed fish dibuat menggunakan ikan kakap yang direbus di dalam kuah yang telah dibumbui dengan bawang putih, garam dan lada hitam. Kemudian masukan juga beberapa jenis sayuran seperti tomat dan wortel. Hidangan ini biasa disajikan dengan nasi putih dan pisang rebus.

5. Jamaican roast fish

5 Hidangan Seafood Khas Jamaika yang Paling Populer, Kaya Protein!tastetheislandstv.com

Jamaican roast fish sangat mudah sekali dijumpai di restoran yang berada di sepanjang jalan kota di Jamaika. Hidangan ini juga cocok disajikan pada acara-acara besar seperti pesta ulang tahun atau malam tahun baru. Bahan utama yang harus kamu sediakan untuk membuat jamaican roast fish adalah ikan kakap merah besar dengan berat 1 - 1.5 kilogram, daun bawang, lada hitam, bawang putih, garam dan lain-lain. Ikan yang telah dibumbui kemudian dipanggang di atas bara yang panas hingga matang. Dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 30 menit untuk dapat menyajikan hidangan ini.

Nah, itulah beberapa hidangan seafood khas Jamaika yang patut untuk dicoba. Dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana, kamu dapat memasak sendiri salah satu hidangan di atas di dalam rumah.

Baca Juga: Tidak Hanya Musik Reggae, 5 Kuliner Jamaika ini Wajib Kamu Ketahui!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya