Comscore Tracker

5 Hidangan Tradisional Khas Yunnan yang Paling Digemari, Maknyus!

Dari makanan ringan hingga hidangan utama!

Berlibur ke negara Tiongkok jangan lupa mengunjungi provinsi Yunnan. Selain dikenal akan pemandangan alamnya yang menawan, Yunnan juga memiliki aneka kuliner yang lezat. Di sepanjang jalan di kota besar di Yunnan, para wisatawan akan dapat menemukan banyak restoran dan warung pinggir jalan yang menjajakan berbagai macam makanan tradisional.

Dibuat dengan resep yang telah turun temurun sehingga menawarkan cita rasa yang autentik. Inilah lima hidangan khas Yunnan yang paling terkenal, sebagai berikut:

1. Guo qiao mi xian

5 Hidangan Tradisional Khas Yunnan yang Paling Digemari, Maknyus!Guo qiao mi xian (instagram.com/sharontansw)

Guo qiao mi xian sangat nikmat jika disantap saat musim dingin. Hidangan jenis sup ini di dalamnya terdiri dari irisan daging, telur, tahu, mie bihun dan sayur-sayuran. Sedangkan kuahnya terbuat dari kaldu ayam yang ditambahkan dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Yang uniknya dari guo qiao mi xian adalah cara penyajiannya di mana setiap bahan-bahan akan dipisah saat dihidangkan di meja layaknya hot pot.

Kuah dari guo qiao mi xian memiliki rasa yang hambar sehingga kamu perlu meraciknya dengan menambahkan kecap, cuka dan sambal. Guo qiao mi xian termasuk hidangan klasik yang telah ada sejak ratusan tahun lamanya dan berasal dari daerah Mengzi, Yunnan.

2. Rushan

5 Hidangan Tradisional Khas Yunnan yang Paling Digemari, Maknyus!Rushan (instagram.com/ssssss.jun)

Rushan merupakan makanan ringan yang terbuat dari keju. Proses pembuatannya pun sangat mudah yaitu keju yang telah diiris-iris tipis lalu dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Sedangkan keju yang digunakan adalah keju tradisional khas Cina yang terbuat dari susu sapi. Makanan ini dulunya dibuat oleh suku Bai di mana mereka menyebut rushan dengan nama nvxseiz.

Namun, ada juga beberapa pedagang kaki lima yang menjual rushan dengan ditambahkan beberapa macam topping mulai dari potongan buah-buahan, coklat hingga susu kental.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan Pedas ala Korea, Wajib Kamu Coba! 

3. Mixian

5 Hidangan Tradisional Khas Yunnan yang Paling Digemari, Maknyus!Mixian (instagram.com/qicaiyunnan_ricenoodle.id)

Mixian merupakan mie tradisional khas Yunnan yang bahan utamanya terbuat dari tepung beras. Dari segi tampilan, mixian memiliki warna putih bersih mirip bihun dengan ketebalan yang berbeda mulai dari tebal, sedang hingga tipis.

Masyarakat Yunnan biasanya mengolah mixian untuk dijadikan aneka masakan seperti sup dan tumis yang sering juga dipadukan dengan berbagai macam sayur-sayuran dan daging-dagingan. Salah satu hidangan paling populer yang menggunakan jenis mie ini adalah guo qiao mi xian.

4. Qi guo ji

5 Hidangan Tradisional Khas Yunnan yang Paling Digemari, Maknyus!Qi guo ji (instagram.com/daniellkt)

Cara penyajian qi guo ji terkesan sangat tradisional karena selalu disajikan dalam tembikar khusus yang memiliki lubang kecil pada bagian tengahnya. Hidangan hot pot ini terdiri dari potongan daging ayam, irisan jahe, bawang merah dan berbagai jenis bumbu dan rempah.

Untuk proses memasaknya pun cukup mudah yakni semua bahan dimasukkan ke dalam kuah kaldu yang telah ada di dalam di tembikar lalu tutup bagian atasnya. Jika uap telah keluar dari lubang tembikar maka qi guo ji siap untuk disantap. Hidangan ini dikenal akan perpaduan cita rasa kuahnya yang manis dan asin.

5. Zhan yi la zi ji

5 Hidangan Tradisional Khas Yunnan yang Paling Digemari, Maknyus!Zhan yi la zi ji (instagram.com/foodieling)

Bagi kamu para penikmat kuliner pedas maka zhan yi la zi ji menjadi makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Yunnan. Zhan yi la zi ji terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil lalu dibumbui dengan garam, bubuk merica, cabai, dan bawang putih.

Setelah itu, daging ayam digoreng di dalam minyak panas hingga tekstur luarnya menjadi krispi. Agar lebih nikmat, zhan yi la zi ji disantap dengan sambal. Makanan ini juga dapat dijadikan camilan saat sedang bersantai.

Nah, itulah lima makanan khas Yunnan yang lezatnya akan bikin kamu ketagihan. Beberapa hidangan di atas memiliki proses pembuatan yang mudah sehingga kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga: 9 Makanan 'Blasteran' Korea-China, Ada yang Muncul di Drakor

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya