Comscore Tracker

5 Jenis Keju Asal Finlandia dengan Kualitas Terbaik, Tekstur Lembut!

Diekspor ke berbagai negara!

Finlandia termasuk salah satu negara penghasil keju terbaik di dunia di samping Italia, Prancis dan Amerika. Setiap daerah di Finlandia mempunyai ciri khas keju tersendiri yang dibuat dari berbagai jenis susu seperti susu sapi, kambing dan rusa. Nantinya, keju-keju tersebut dapat dinikmati secara langsung atau bisa juga dicampurkan ke beberapa jenis menu hidangan yang lezat.

Dengan cita rasa dan tekstur keju yang berbeda-beda tergantung cara pengolahannya. Inilah lima jenis keju dengan kualitas terbaik yang berasal dari Finlandia, sebagai berikut:

1. Keju aura

5 Jenis Keju Asal Finlandia dengan Kualitas Terbaik, Tekstur Lembut!healthbenefitstimes.com

Keju aura terbuat dari susu sapi dan mempunyai tekstur agak lembut. keju ini berasal dari wilayah Turku, akan tetapi semenjak tahun 1935 produksi dari keju aura telah dialihkan pembuatannya ke wilayah Aanekoski. Dari segi rasa, keju yang memiliki bintik-bintik biru ini dikenal dengan aroma dan rasanya yang tajam serta rasa asin yang hampir mirip dengan keju roquefort dari Prancis.

Di pasaran, keju aura dijual dalam dua pilihan yaitu aura reguler yang berusia enam minggu dan aura gold yang memiliki usia dua belas minggu. Keju ini sering digunakan sebagai isian dari hidangan salmon gulung dan sup keju.

2. Keju oltermanni

5 Jenis Keju Asal Finlandia dengan Kualitas Terbaik, Tekstur Lembut!valio.com

Dikenal dengan aromanya yang wangi dan segar, keju oltermanni sering dibandingkan dengan keju havarti dari Denmark. Keju ini terbuat dari susu sapi dan mempunyai tekstur serta rasa yang sangat lembut layaknya mentega sehingga mudah sekali dioleskan ke berbagai hidangan. Biasanya, keju oltermanni sering digunakan untuk bahan membuat sandwich, sup hingga saus.

Keju ini juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan cara mengirisnya tipis-tipis dan lebih nikmat disajikan bersama minuman merlot dan pinot grigio atau buah-buahan seperti anggur dan pir.

3. Keju leipajuusto

5 Jenis Keju Asal Finlandia dengan Kualitas Terbaik, Tekstur Lembut!tasteatlas.com

Berbeda dengan keju aura dan keju oltermani yang memiliki tekstur lembut, keju leipajuusto justru memiliki tekstur yang cukup keras dan kenyal sehingga dapat menimbulkan bunyi ketika menguyah keju ini secara langsung. Akan tetapi, keju leipajuuso mempunyai rasa yang lebih nikmat dengan perpaduan rasa asin dan manis. Hal ini dikarenakan keju leipajuusto terbuat dari susu sapi, kambing dan rusa. Dulunya, masyarakat Finlandia sengaja mengeringkan keju ini sehingga dapat disimpan selama bertahun-tahun.

Baca Juga: 5 Olahan Keju Khas Italia yang Cocok Dijadikan Makanan Ringan, Yummy!

4. Keju turunmaa

5 Jenis Keju Asal Finlandia dengan Kualitas Terbaik, Tekstur Lembut!catalog-cs.info

Keju turunmaa berasal dari kota Turku yang berada di sebelah barat Finlandia. Keju ini sangat populer di kalangan masyarakat finlandia sejak abad ke 16. Pada tahun 1931, keju turunmaa diproduksi secara besar-besaran oleh Valio Ltd yaitu sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis olahan susu termasuk keju. Dari segi bentuk dan rasa, keju turunmaa memiliki tekstur berenda dan creamy dengan rasa yang sangat tajam. Dibutuhkan waktu sekitar tujuh minggu untuk membuat jenis keju ini.

5. Keju lappi

5 Jenis Keju Asal Finlandia dengan Kualitas Terbaik, Tekstur Lembut!worldharvestfoods.com

Keju lappi diberi nama sesuai dengan tempat asalnya yaitu Lapland yang merupakan sebuah provinsi di Finlandia. Terbuat dari susu sapi yang telah disaring, keju ini sangat populer dengan teksturnya yang lembut dan mudah meleleh. Dari segi penampilan, keju lappi memiliki banyak lubang-lubang kecil di dalamnya. Mempunyai rasa yang manis, keju ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan penutup dan ditemani dengan segelas anggur di sampingnya.

Sudah pernahkah kamu mencoba keju asal Finlandia ini? Sebagai salah satu negara penghasil keju di dunia, keju-keju di atas sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi Finlandia.

Baca Juga: 8 Kreasi Camilan Berbahan Dasar Keju yang Mudah dan Praktis, Mau Coba?

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya