Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Kanada yang Paling Terkenal, Cocok untuk Topping

Lumer dan lezat!

Selama berabad-abad, masyarakat Kanada dikenal sebagai salah satu produsen keju terbaik di wilayah benua Amerika. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan warga Kanada yang sangat suka sekali menyantap keju yang banyak dikreasikan ke berbagai macam hidangan.

Beberapa daerah di Kanada yang sangat terkenal akan produk-produk kejunya seperti Quabec, Montreal, dan La Sarre. Dengan tampilan, rasa dan aroma yang beranekaragam serta memiliki kualitas premium, inilah lima jenis keju khas Kanada yang paling populer di kalangan cheese lovers, sebagai berikut!

1. Mamirolle

5 Jenis Keju Khas Kanada yang Paling Terkenal, Cocok untuk ToppingMamirolle (instagram.com/boutiquedellasierra)

Sejarah penemuan keju mamirolle bermula dari inisiatif seorang mahasiswa di The Ecole Nationale d'Industrie Laitiere yang ingin menciptakan keju berkualitas tinggi pada tahun 1935. Sedangkan nama keju diberi sesuai daerah asalnya yaitu Mamirolle.

Keju ini terbuat dari susu sapi yang telah dipasteurisasi dan diletakan di atas papan kayu selama 3 hingga 4 minggu kemudian dibersihkan dengan menggunakan annatto. Sejak tahun 1996, lisensi dari keju mamirolle telah resmi dipegang oleh perusahaan susu Co-Delices untuk memproduksi keju ini dalam jumlah yang besar.

2. Friulano

5 Jenis Keju Khas Kanada yang Paling Terkenal, Cocok untuk ToppingFriulano (instagram.com/trerosebakery)

Berwisata ke daerah Montreal jangan lupa untuk mencicipi keju friulano yang sangat terkenal akan kelezatannya. Keju ini memiliki rasa sedikit manis dan aroma susu yang membuatnya sangat disukai banyak orang. Namun, semakin lama usia keju ini maka rasa dan aromanya akan menjadi lebih tajam.

Dari segi penampilan, friulano memiliki kulit luar berwarna kuning muda. Biasanya masyarakat Kanada sering mencampurkan keju friulano ke dalam sandwich serta beberapa jenis hidangan pasta lainnya.

Baca Juga: 5 Trivia Keju Vegan, Keju Alternatif dari Tumbuhan yang Dairy Free!

3. Brise du matin

5 Jenis Keju Khas Kanada yang Paling Terkenal, Cocok untuk ToppingBrise du matin (instagram.com/jocaribou)

Brise du matin sangat mudah sekali dikenali dikarenakan bentuk tampilan luarnya yang berwarna putih bersih. Namun, jika dipotong bagian dalam keju ini memiliki warna krem dengan tekstur yang lembut dan creamy seperti mentega.

Brise du matin terbuat dari susu sapi mentah dan tidak mangandung lemak terlalu tinggi sehingga aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet. Keju ini dapat dicampurkan ke dalam beberapa macam makanan atau dimakan langsung sebagai camilan sambil ditemani bir.

4. Blue I'Ermite

5 Jenis Keju Khas Kanada yang Paling Terkenal, Cocok untuk ToppingBlue I'Ermite (instagram.com/formaggiokitchen)

Blue I'Ermite merupakan jenis keju biru pertama yang diproduksi di Kanada yang berasal dari daerah Quebec dan diciptakan oleh para biarawan di gereja Saint Benoit Abbey pada tahun 1943. Keju ini terbuat dari susu sapi dan membutuhkan waktu pematangan selama 60 hari.

Blue I'Ermite memiliki tekstur yang lembut dan rapuh dengan aroma agak menyengat. Di dalamnya terdapat banyak garis-garis urat berwarna biru kehijauan yang menjadi ciri khas dari jenis keju biru.

5. Allegretto

5 Jenis Keju Khas Kanada yang Paling Terkenal, Cocok untuk ToppingAllegretto (instagram.com/igourmet)

Berbeda dengan kebanyakan produk keju khas Kanada pada umumnya yang memakai bahan susu sapi, allegretto menggunakan susu domba. Memerlukan teknik khusus dan cukup sulit saat proses pengolahan allegretto karena tempat penyimpanan keju harus diperhatikan tingkat kelembapan udara dan dibolak balik selama 120 hari.

Hal inilah yang membuat keju ini dijual dengan harga yang tinggi. Allegretto dikenal akan cita rasanya yang manis dan memiliki aroma seperti buah. Keju ini memiliki tampilan luar berwarna kuning pucat dan tekstur yang lembut.

 

Nah, itulah beberapa jenis keju khas Kanada yang paling populer. Bagi kamu yang hobi masak, kelima keju di atas juga dapat dikreasikan untuk membuat hidangan penutup yang lezat.

Baca Juga: Resep Sandwich Keju Kambing, Gak Kalah Lezat dari Keju Biasanya!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya