Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!

Lezatnya bikin nagih!

Quebec merupakan sebuah provinsi di Kanada yang dikenal akan produk kejunya yang memiliki kualitas premium. Banyaknya jenis keju yang diproduksi di Quebec tidak terlepas dari kebiasaan masyarakatnya yang gemar mengonsumsi keju untuk diolah ke berbagai hidangan lezat. Bahkan ada beberapa keju Quebec yang masuk dalam daftar keju terbaik di dunia.

Terbuat dari susu berkualitas yang kemudian diolah dengan menggunakan teknis khusus. Inilah lima produk keju khas Quebec yang paling populer di kalangan cheese lovers, sebagai berikut:

1. Cantonnier

5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!Cantonnier (instagram.com/plaisirsgourmets)

Kelezatan keju cantonnier membuatnya banyak meraih penghargaan di berbagai kompetisi keju bertaraf internasional. Hal ini dikarenakan tekstur dari cantonnier yang dapat meleleh dengan sempurna sehingga produk keju ini sangat cocok diolah ke berbagai jenis hidangan panggang. Cantonnier terbuat dari susu sapi yang telah melalui proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri pada susu agar lebih steril.

Sedangkan untuk proses pematangan keju ini membutuhkan waktu berbulan-bulan. Cantoinner mulai diproduksi sejak tahun 1994 di desa Warwick yang terletak di provinsi Quebec.

2. Alfred le fermier

5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!Alfred le fermier (instagram.com/culturedfinecheese)

Untuk bahan baku pembuatan alfred le fermier menggunakan susu sapi mentah yang diperas langsung dari sapi jenis holstein yang dikenal akan kandungan nutrisinya yang tinggi. Sedangkan nama keju ini diambil dari sang penciptanya yaitu Alfred Bolduc yang berprofesi sebagai petani. Alfred le fermier memiliki tekstur yang padat namun kenyal dengan rasa mirip hazelnut.

Masyarakat Kanada biasanya mengonsumsi langsung keju ini sambil ditemani buah apel atau anggur dan segelas bir. Alfred le fermier sangat mudah dijumpai di supermarket dan pasar tradisional di Kanada.

Baca Juga: 5 Macam Sup Keju Cheddar dengan Isi Sayuran, Maknyus!

3. Oka cheese

5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!Oka cheese (instagram.com/iti_barbiere)

Dari segi tampilan, oka cheese mempunyai kulit luar berwarna kuning pucat serta tekstur dalam yang agak keras. Di samping itu, produk keju ini dikenal akan aromanya yang tajam dan rasa seperti buah. Oka cheese dapat dibuat dengan memakai susu sapi mentah atau yang telah dipasteurisasi.

Dibutuhkan waktu selama 30 hingga 60 hari untuk proses pematangan keju ini agar bisa dikonsumsi. Memiliki tekstur semi-keras, oka cheese dapat meleleh dengan baik jika dipanggang.

4. Dore-mi

5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!Dore-mi (instagram.com/thecheesepoet)

Berbeda dengan oka cheese, dore-mi tidak mudah meleleh jika dipanggang. Hal ini dikarenakan keju ini mempunyai tekstur yang lunak dan kenyal. Awal mula penciptaannya terinspirasi dari produk keju asal negara Cyprus, halloumi. Dore-mi terbuat dari susu sapi mentah dan memiliki warna putih segar.

Namun, ada juga beberapa varian keju dore-mi yang dicampurkan dengan rempah-rempah Mediterania sehingga memberikan rasa dan aroma yang otentik. Masyarakat Kanada sering mencampurkan keju ini ke dalam hidangan salad.

5. Laliberte

5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!Laliberte (instagram.com/thecheesegallery)

Laliberte memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga keju ini tidak disarankan bagi kamu yang sedang menjaga berat tubuh. Selain itu, Laliberte dikenal akan tekstur dalamnya yang lembut seperti mentega serta kulit luar berwarna putih segar.

Jenis keju ini biasanya sering dinikmati dengan cara mengolesnya di atas roti atau diolah kembali menjadi hidangan dessert atau appetizer yang lezat. Sedangkan bahan pembuatan laliberte terbuat dari susu sapi berkualitas yang diolah dengan teknik khusus.

Nah, itulah lima jenis keju khas Quebec yang paling populer di kalangan cheese lovers. Bagi kamu yang berwisata ke wilayah Quebec, kelima keju di atas juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: 5 Fakta Churpi, Keju Terkeras di Dunia yang Berasal dari Nepal

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya