Comscore Tracker

5 Hidangan Seafood Khas Rusia Kaya Protein, Coba, yuk!

Hidangan berkelas dengan cita rasa serta protein yang tinggi

Masyarakat Rusia dikenal memiliki beberapa hidangan seafood yang lezat dan kaya akan gizi. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, membuat hidangan seafood khas Rusia terasa lebih eksklusif dan memiliki tampilan yang menggugah selera.

Selain itu, kebanyakan dari hidangan seafood khas Rusia didominasi oleh masakan berbahan baku ikan dengan kandungan protein tinggi.

Mulai dari jenis makanan sup, salad, hingga caviar yang dapat memanjakan lidahmu. Inilah lima hidangan seafood khas Rusia yang patut untuk kamu coba.

1. Sterlet caviar

5 Hidangan Seafood Khas Rusia Kaya Protein, Coba, yuk!Sterlet caviar (instagram.com/globalcaviar)

Sterlet caviar merupakan hidangan telur ikan yang berasal dari spesies ikan sturgeon sterlet yang populasinya hidup di laut Kaspia, laut Hitam, laut Baltik, laut Barent dan laut Azov.

Telur ikan sturgeon sterlet dipilih menjadi bahan utama dalam kuliner ini karena ikan tersebut dapat bertelut lebih cepat dibanding spesies ikan sturgeon lainnya, sehingga nantinya persedian bahan baku akan senantiasa tersedia. 

Starlet caviar memiliki warna gelap dengan rasa yang agak manis. Biasanya masyarakat Rusia memakan starlet caviar dengan roti panggang atau kentang.

2. Siberian sturgeon caviar

5 Hidangan Seafood Khas Rusia Kaya Protein, Coba, yuk!Siberian sturgeon caviar (instagram.com/jackarnold)

Dari segi tampilan, siberian sturgeon caviar hampir mirip dengan starlet caviar yakni kedua telur ikan tersebut mempunyai warna gelap serta ukuran sedang. Namun yang membedakannya adalah siberian sturgeon caviar lebih mengkilap dengan cita rasa agak manis dan creamy. Sesuai namanya, telur ikan ini berasal dari spesies ikan siberian sturgeon yang berhabitat di laut Siberia.

Akan tetapi, hidangan ini terbilang sangat eksklusif dikarenakan populasi dari siberian sturgeon yang saat ini sangat langka. Siberian sturgeon caviar sering dimakan bersama pancake.

3. Mimosa salad

5 Hidangan Seafood Khas Rusia Kaya Protein, Coba, yuk!Mimosa salad (instagram.com/sketch_japanese_magazine)

Bagi kamu para pencinta salad, mimosa merupakan hidangan yang patut untuk kamu coba saat berkunjung ke negara Rusia. Salad ini memiliki bentuk penyajian yang cukup menarik yakni terdiri dari beberapa lapisan.

Pada bagian atas, terdiri dari kuning telur kemudian di bawahnya terdapat daging ikan cincang lalu berbagai jenis sayuran seperti bawang dan wortel. Sedangkan ikan yang digunakan dalam mimosa salad adalah jenis salmon, mackerel, dan trout.

Baca Juga: 5 Roti-Kue ala Eropa yang Jadi Kuliner Khas di Indonesia, Suka Mana?

4. Fish solyanka

5 Hidangan Seafood Khas Rusia Kaya Protein, Coba, yuk!Fish solyanka (instagram.com/mylittleketo)

Fish solyanka merupakan jenis masakan sup yang memiliki cita rasa menggugah selera. Hidangan ini sangat populer pada saat musim dingin di Rusia karena dapat menghangatkan tubuh.

Cara pembuatan fish solyanka pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyediakan beberapa bahan seperti ikan salmon, lobster, lemon dan berbagai jenis sayuran lainnya. Namun dalam beberapa versi, fish solyanka juga dapat ditambahkan dengan daging ayam serta jamur.

5. Ukha

5 Hidangan Seafood Khas Rusia Kaya Protein, Coba, yuk!Ukha (instagram.com/vareniki_and_pelmeni)

Satu lagi jenis hidangan sup khas Rusia yang wajib untuk dicicipi adalah Ukha. Kelezatan dari sup ini membuatnya masuk dalam daftar masakan paling populer di Rusia. Ukha juga menjadi kuliner terbaik bagi turis muslim yang berlibur ke Rusia.

Hidangan ini dapat dibuat dari berbagai macam jenis ikan seperti ruffle, sheatfish, dan perch. Sedangkan untuk pelengkap, kamu harus menyediakan peterseli, bawang, daun salam, dan kentang. Ukha biasanya dinikmati dengan berbagai jenis pie.

Nah, itulah beberapa hidangan seafood khas Rusia yang dikenal memiliki gizi tinggi. Selain memiliki rasa lezat, hidangan tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Resep Salmon Poke Bowl, Hidangan Khas Hawaii yang Kaya Gizi

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya