Comscore Tracker

5 Sup Khas Kamboja dengan Cita Rasa Autentik, Olahan Bergizi

Rekomendasi buat kamu yang suka menu rumahan

Sup merupakan salah satu hidangan andalan dari kuliner Kamboja. Banyak restoran di Kamboja yang menyajikan olahan ini. Kamu dapat memilih berbagai sajian sup dengan tampilan dan cita rasa yang menggugah selera. Terbuat dari berbagai jenis daging-dagingan dan sayuran membuat hidangan sup khas Kamboja mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dimasak dengan memakai resep yang telah turun temurun sehingga menawarkan rasa yang autentik. Inilah lima hidangan sup khas Kamboja yang paling populer.

1. Ngam nguv

5 Sup Khas Kamboja dengan Cita Rasa Autentik, Olahan BergiziNgam nguv (instagram.com/vaimomatskuu)

Ngam nguv merupakan sup tradisional khas Kamboja yang dikenal akan cita rasa kuahnya yang asam karena menggunakan perasan air lemon yang telah melalui proses fermentasi. Sedangkan untuk bahan-bahan lainnya, terbuat dari potongan daging bebek atau ayam, daun bawang, kecap ikan, bawang putih, garam, dan gula. Selain itu, hidangan sup ini memiliki aroma yang menggugah selera.

Masyarakat Kamboja biasanya menyajikan ngam nguv untuk hidangan utama di acara pernikahan. Dengan rasanya yang asam akan membuat tubuhmu terasa segar setelah menyantapnya.

2. Samlor kako

5 Sup Khas Kamboja dengan Cita Rasa Autentik, Olahan BergiziSamlor kako (instagram.com/theworldfrommykitchen_)

Samlor kako dapat dijadikan sebagai menu diet yang lezat karena terbuat dari beberapa jenis sayuran. Dalam bahasa Kamboja, samlor memiliki arti "sup" sedangkan kako adalah "mencampur" yang mengacu pada banyaknya jenis sayuran yang digunakan di antaranya labu, terong, kacang panjang, wortel hingga pisang hijau. Namun, sayuran tersebut dapat diganti sesuai dengan selera.

Yang menjadi ciri khas pada sup ini adalah cita rasa kuahnya yang autentik karena memakai saus tradisional yang terbuat dari fermentasi ikan. Agar terasa lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan beberapa potong daging ikan.

3. Samlar machu

5 Sup Khas Kamboja dengan Cita Rasa Autentik, Olahan BergiziSamlar machu (instagram.com/huyzeebaby)

Berkunjung ke negara Kamboja, tidak lengkap rasanya jika belum mecicipi salah satu varian sup yang paling populer, yaitu samlar machu. Sama dengan sup ngam nguv, samlar machu juga memiliki cita rasa kuah yang asam. Sup ini sangat cocok diolah dengan berbagai hasil laut seperti ikan, kerang, dan udang.

Untuk bumbu lainnya, kamu harus menyiapkan tamarin, ketumbar, serai, kemangi, bawang merah, daun bawang, jeruk purut, dan saus ikan. Samlar machu biasanya dinikmati pada saat jam makan siang yang disantap dengan sepiring nasi putih.

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood Khas Kamboja yang Lezatnya Bikin Nagih, Yummy!

4. Samlor proheur

5 Sup Khas Kamboja dengan Cita Rasa Autentik, Olahan BergiziSamlor proheur (instagram.com/a_tasteofpassion_)

Samlor proheur merupakan salah satu hidangan menyehatkan khas Kamboja. Sup ini terbuat dari berbagai macam sayur-sayuran di antaranya labu ivy, daun katuk, dan beligo. Samlor proheur juga sangat direkomendasikan bagi kamu yang vegetarian.

Ada juga beberapa varian dari samlor proheur yang menambahkan bihun dan potongan daging ikan sebagai sumber protein. Dimasak dengan menggunakan rempah dan bumbu khusus, membuat hidangan ini memiliki aroma yang menggugah selera.

5. Khor

5 Sup Khas Kamboja dengan Cita Rasa Autentik, Olahan BergiziKhor (instagram.com/sobengyrl)

Khor sering dihidangkan sebagai menu rumahan oleh masyarakat Kamboja. Hidangan ini memiliki cita rasa kuah yang manis karena memakai gula aren yang dicampurkan ke dalam kaldu. Untuk pelengkapnya, khor sering ditambahkan dengan tahu, potongan daging babi, telor rebus serta paprika.

Akan tetapi, ada juga yang menambahkan irisan buah mangga muda untuk memberikan sedikit rasa asam. Selain itu, kamu bisa mengganti daging babi dengan ikan atau daging sapi, sesuai dengan selera.

Nah, itulah beberapa hidangan sup khas Kamboja yang paling digemari. Terbuat dari campuran berbagai jenis sayuran dan daging-dagingan yang dapat menutrisi tubuh agar tetap sehat. Tertarik mencoba yang mana?

Baca Juga: 10 Hidangan Sup Khas Solo yang Wajib Kamu Coba, Bikin Goyang Lidah!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya