Comscore Tracker

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!

Pasti ngiler ngelihat makanan yang terakhir

Liburan jelang pergantian tahun udah tinggal menghitung hari, nih! Buat gue pribadi, liburan adalah saat di mana gue nggak boleh sampai mati gaya, apalagi saat liburan akhir tahun yang biasanya melimpah dengan waktu luang. 

Selain identik dengan travelling dan santai-santai, buat gue, momen liburan akhir tahun juga nggak bisa jauh-jauh sama yang namanya makanan yang melimpah ruah buat memanjakan indera perasa (juga indera penciuman dan pelihat) gue. Apalagi mengingat gue emang hobi mencicipi makanan, liburan biasanya membantu men-setting pikiran gue untuk melupakan sejenak berbagai aturan makan yang selama ini gue turutin untuk menjaga bentuk badan. Artinya, bakalan banyak banget makanan yang akan gue santap tanpa berpikir dua kali hanya karena ini waktunya liburan!

Buat gue, momen liburan adalah momen di mana gue kudu memilih jenis makanan yang paling bikin gue merasa kalau lidah gue lagi liburan! Dari Sabang sampai Merauke, dan sedikit belok ke negeri Barat, inilah makanan yang ada di daftar wajib gue buat dikonsumsi pas liburan. 
 

1. Ayam Rica-Rica

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: resepcaramemasak.infoMakanan khas Manado ini dibumbui dengan cabe yang bikin lidah gue ikutan menari-nari. Dengan sepiring nasi hangat dan makanan pelengkap sajian Manado seperti Ikan Cakalang, gue serasa lagi dibawa liburan ke Sulawesi Utara.

2. Kue Bagea

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: resepnasidansambal.blogspot.comKudapan asal Nusa Tenggara Timur ini wajib banget gue cobain demi merasakan nuansa liburan yang lebih ‘padat’! Paduan gula halus, biji kenari cincang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang diayak, kacang cincang halus, bubuk kayu manis, dan bubuk cengkeh-nya dijamin bikin kopi gue di pagi hari libur pertama lebih nikmat.

3. Cireng Isi

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: resepcaramemasak.infoMelipir dikit ke Kota Kembang, Bandung, dan gue akan menemukan cireng hampir di setiap sudutnya. Singkatan dari aci yang digoreng, cireng kini sudah hadir secara lebih kreatif dengan berbagai isian nikmatnya, baik itu gurih maupun manis. Cireng isi bisa jadi pelarian lidah gue ke ranah jajanan enak dan kenyal, serta mengenyangkan.

4. Pisang Bolen

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: bananasqueen.weebly.comKenapa bolen harus dimasukkin ke daftar ini? Karena bolen adalah makanan oleh-oleh yang biasanya akan gue beli kalau gue lagi bepergian. Bolen yang paling khas memang berasal dari Bandung, tapi saat gue ke Batam pun, mereka juga memiliki bolen khas kota mereka sendiri. Alhasil, dengan makan pisang bolen rasa cokelat atau keju, gue bakal berasa lagi liburan.

5. Fruit Cake

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: claxtonfruitcake.comKeik buah yang diisi buah-buahan kering cocok buat gue buat merayakan Natal yang hangat bersama keluarga besar. Dessert setelah makan besar pada jamuan Natal ini biasanya merupaka resep klasik andalan Oma gue, jadi pasti kental banget rasa liburannya.

6. Seafood

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: somboonseafood.comCumi, udang, kerang, ikan bakar, dipadu dengan sambal-sambal khas provinsi Indonesia pemilik seafood yang terkenal enak macam Makasar, Ambon hingga Bali bisa bikin gue merasa lagi ada di pinggir pantai. Apalagi kalau seafood disajikan fresh, huwaah, jadi laper hawa liburan!

7. Permen dan cokelat

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: pixabay.comQontak.comPermen berbagai rasa, mulai dari rasa buah, mint, cokelat, hingga susu, bisa jadi makanan pembuka suasana liburan andalan! Biasanya, permen dalam toples juga ditaruh berdekatan dengan toples yang berisikan cokelat-cokelat berukuran kecil yang dibungkus dalam pembungkus keperakan. Ngeliatnya aja langsung keingetan liburan!

8. Kue kering

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Sumber Gambar: kompasiana.comAh, hampir nggak ada makanan kecil yang bisa menyamai hawa liburan yang dibawa oleh kue kering. Nastar, kue jahe, kue kayu manis, putih salju, kue kering cokelat, apapun itu tinggal kamu sebut, dan pikiran gue bakal langsung melayang ke serunya liburan di rumah bareng keluarga besar.

9. Burger

Kamu yang Suka Wisata Kuliner Kudu Nyicipin Makanan-Makanan Ini!Courtesy of Burger King

Burger keju yang terdiri dari tumpukan roti burger, beef patty atau ayam crispy yang diselipin sama keju dan sayur selada adalah kombinasi yang hampir mustahil buat gue tolak. Gue tinggal ke restoran cepat saji khusus sajian burger favorit gue seperti Burger King.  Apalagi sekarang ini ada yang baru Easy Cheesy Collection, yang sukses bikin gue ngedapetin rasa burger keju otentik di bulan Natal yang nikmat nan syahdu ini. Menu andalannya yang dikasih nama Cheesy Crispy Tendercrisp XL Cheese, punya porsi ‘berlibur’ yang ekstra dan resmi jadi burger paling enak yang pernah gue cobain, apalagi dimakan pas Natalan gini! Cocok banget! Mumpung lagi ada waktu, gue sih nggak bakal kelewatan buat ngunjungin gerai Burger King terdekat buat nyobain menu baru serba keju ini yang hanya ada dalam waktu yang terbatas aja. Tunggu apa lagi, ya, nggak? 

Sekarang giliran lo buat menjawab: Apa makanan yang paling ngingetin lo sama liburan?

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya