Comscore Tracker

Bikin Ngiler, Intip 6 Dessert Manis Austria yang Populer Banget!

Penggemar manis, yuk merapat!

Yang menjadi ciri khas suatu negara bisa meliputi banyak hal, kuliner salah satunya. Maka tak heran bagi para traveler, mencicipi makanan khas negara yang dikunjungi adalah suatu kewajiban. Terlebih, setiap negara pasti memiliki menu uniknya masing-masing dengan rasa yang terkadang bisa terasa sangat asing.

Tapi sepertinya rasa 'asing' gak bakal terlalu banyak berlaku dengan Austria terutama hidangan dessert-nya. Mengingat di negara tersebut, dessert adalah menu yang sangat populer dan tak jarang lebih banyak jadi incaran ketimbang menu utama.

Para turis pun sering menyebutkan bahwa Austria adalah negara dengan sweet dessert yang sangat lezat. 

Penasaran apa saja makanan manis yang ada di sana? Simak beberapa menunya di bawah ini! 

1. Apfelstrudel

Bikin Ngiler, Intip 6 Dessert Manis Austria yang Populer Banget!platedcravings.com

Apfelstrudel atau apple strudel, merupakan makanan khas Austria yang sangat terkenal secara internasional. Makanan yang kabarnya sudah ada sejak abad ke 17 ini juga menjadi yang paling mudah ditemukan oleh siapapun di sana karena hampir setiap kafe dan tempat makan selalu memasukkannya ke dalam menu.

Sesuai dengan namanya, apfelstrudel adalah makanan yang dibuat dengan menjadikan buah apel sebagai bahan isian. Apel yang telah diiris kecil-kecil, biasanya dicampur dengan mentega, remah roti, kismis, dan kayu manis sebelum akhirnya dibalut oleh adonan tepung pastry tipis sebagai kulitnya.

Apfelstrudel adalah menu tradisional yang juga sangat direkomendasikan serta telah banyak kali sukses mencuri hati penikmat kuliner yang bahkan belum permah ke Austria sekalipun.  

2. Linzer torte

Bikin Ngiler, Intip 6 Dessert Manis Austria yang Populer Banget!taste.com

Ada juga Linzer torte yang kabarnya merupakan cake tertua yang ada di dunia. Bentuknya sendiri mirip dengan pie, namun kulit adonan yang digunakan memiliki tekstur yang sama dengan pastry. Kismis atau selai prem menjadi isian di dalamnya, sementara ciri khas bentuknya terletak pada pola kisi di bagian atas. 

Tidak ada yang tahu pasti siapa yang menciptakan menu ini, tetapi selama ratusan tahun resep original linzer torte tak pernah diubah dan selalu menjadi salah satu menu dessert andalan di Austria. 

3. Kardinalschnitte

Bikin Ngiler, Intip 6 Dessert Manis Austria yang Populer Banget!e-wiki.org

Kardinalschnitte adalah dessert manis yang terkenal akan kombinasi cantik sponge cake lembut warna putih dan kuning yang selang seling, lalu ditumpuk dengan krim dan sedikit olesan selai ditengahnya. Yang menarik, cake satu ini sama sekali tak menggunakan mentega dalam bahannya lho! 

Nama kardinalschnitte mengacu kepada tampilan dari cakenya sendiri yang memiliki kombinasi warna seperti gereja Katolik.

Baca Juga: Dijuluki Desa Terindah di Dunia, Ini 6 Pesona Alam Hallstatt, Austria

4. Punschkrapfen

Bikin Ngiler, Intip 6 Dessert Manis Austria yang Populer Banget!wienerpunschkrapfen.com

Ada juga si mungil punschkrapfen dengan bentuk kotak dan warna pink yang terlihat imut. Dessert klasik yang tergolong sangat kecil untuk ukuran cake ini terbuat dari campuran marmalade (selai jeruk) dan rum di dalamnya sehingga dua rasa tersebutlah yang cukup mendominasi. Sedangkan warna pinknya terbuat dari fondant (pasta gula).

5. Sachertorte

Bikin Ngiler, Intip 6 Dessert Manis Austria yang Populer Banget!southcoastherald.co.za

Sachertorte merupakan cake asal Austria yang kepopulerannya sangat mendunia dan barangkali banyak diantara kamu yang sudah pernah mencicipinya. Dessert full chocolate ini memiliki sentuhan rasa selai aprikot dalam salah satu lapisannya yang kemudian dibalut chocolate glaze.  

Cake satu ini pertama kali hadir pada tahun 1832 atas permintaan Pangeran Metternich yang menginginkan sajian dessert spesial untuk acara pertunangannya. Namun karena chef yang ditugaskan mendadak jatuh sakit, seorang chef muda berusia 16 tahun yang masih magang bernama Franz Sacher-lah yang kemudian menggantikannya.

Siapa sangka, bahwa dari tangannya terciptalah cake legendaris yang begitu dicintai masyarakat Austria. Bahkan, tanggal 5 desember ditetapkan sebagai hari Sachertorte lho! 

6. Kaiserschmarrn

Bikin Ngiler, Intip 6 Dessert Manis Austria yang Populer Banget!Carolinescooking.com

Ada juga kaiserschmarrn yang terbuat dari adonan pancake namun di orak arik. Bila dibandingkan dengan pancake pada umumnya, tekstur dari kaiserschmarrn sangat lembut ketika disantap. Seperti pancake pada umumnya, topping gula halus maupun berbagai jenis selai buah akan menambah citarasa kelezatan.

Dessert ini juga merupakan yang terpopuler di banyak negara selain sachertorte dan apfelstrudel.

Itu tadi 6 dessert manis asal Austria yang populer banget. Tentu saja masih banyak menu lainnya yang gak kalah lezatnya. Nah diantara 1 sampai 6 tadi, kira-kira mana nih yang paling ingin kamu cicipi terlebih dulu? 

Baca Juga: 8 Dessert yang Gak Boleh Dilewatkan Saat Jalan-Jalan ke Jerman 

Calledasia Photo Community Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You