Comscore Tracker

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipi

Siap-siap terhipnotis dengan kelezatannya

Meksiko memang terkenal dengan serial telenovelanya, salah satunya yang mendunia dan pernah tayang di Indonesia adalah serial telenovela yang berjudul “Marimar” di awal tahun 2000an.

Namun bukan hanya telenovelanya saja yang mendunia, akhir-akhir ini makanan khas negeri Sombrero ini juga banyak digemari karena citarasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Bagi kamu yang berkesampatan berkunjung ke Negara Aztec ini rugi rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya yang begitu lezat dan menggugah selera.

Berikut rekomendasi makanan khas yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke Meksiko.

1. Taquito

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipibettycrocker.com

Jika diperhatikan kuliner yang satu ini sekilas terlihat mirip dengan lumpia dari Semarang. Namun jika dicicipi, Taquito memiliki citarasa yang berbeda dari lumpia.

Kudapan dengan nama lain Flautas ini terdiri dari roti tortilla atau roti jagung dengan isian kentang, daging sapi, keju, ataupun potongan daging ayam yang kemudian digulung dan digoreng hingga renyah dan berwarna coklat keemasan.

Taquito akan lebih lezat jika dinikmati bersama dengan saus salsa, krim keju, saus asam hingga Guacamole yaitu saus alpukat khas meksiko.

2. Apporeadillo

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipihispanickitchen.com

Bagi kamu pecinta makanan pedas, kuliner khas Meksiko yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk lauk makanmu.

Aporreadillo merupakan hidangan yang terdiri dari daging sapi yang dipotong tipis, kemudian dimasak bersama scrambled egg dan dicampur dengan saus pedas khas Meksiko.

Saus Apporreadilo biasanya menggunakan cabai Guajillo dan cabai Serrano sehingga bisa menghasilkan rasa pedas yang nikmat.

Selain daging sapi, Aporreadillo juga menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya.

3. Churros

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipipexels.com/Pixabay

Kue kering asal Meksiko ini cukup populer di berbagai penjuru dunia. Kudapan yang sepintas terlihat mirip dengan sus kering ini terbuat dari adonan tepung, telur dan gula pasir yang kemudian digoreng hingga kering dan berwarna kecokelatan.

Churros biasanya dinikmati dengan taburan gula pasir, kayu manis, hingga saus cokelat. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis membuat Churros cocok dijadikan teman nge-teh di pagi hari maupun camilan pas nongkrong bareng kawan.

Baca Juga: 5 Minuman Non Alkohol Khas Meksiko yang Perlu Banget Dicoba

4. Cemita

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipisimplecomfortfood.com

Cemita merupakan sandwich yang berasal dari daerah Puebla-Meksiko. Sekilas memang terlihat sama saja dengan sandwich pada umumnya. Namun ada beberapa isian yang membuat Cemita memiliki cita rasa yang berbeda dari sandwich lainnya.

Cemita terdiri dari potongan roti yang disajikan dengan daging, seledri, potongan alpukat segar, dan bawang putih yang kemudian disiram dengan saus pedas Chipotle dan saus keju Queso. Karena cita rasanya yang familiar di lidah orang Indonesia menjadikan Cemita hidangan yang cocok disantap saat berkunjung ke Meksiko. 

5. Burrito

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipiwww.bettycrocker.com

Karena memiliki bentuk yang mirip, makanan yang satu ini bisa dibilang kebabnya Meksiko. Namun, jika kebab Turki memiliki isian yang lumayan beragam, justru Burrito memiliki isian yang lebih simpel.

Kuliner yang memiliki arti “keledai kecil” dalam bahasa Spanyol ini terdiri dari tortilla gandum panggang dengan isian daging dan pasta kacang yang kemudian digulung. Simpel banget kan? Kamu yang doyan banget makan kebab wajib coba kuliner Meksiko yang satu ini.

6. Tlayudas

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipichicagotribune.com

Tlayudas atau yang biasa disebut dengan Mexican Pizza ini merupakan salah satu street food populer di Oaxaca-Meksiko. Makanan dengan tortilla sebagai alas hidangan ini disajikan dengan berbagai topping seperti daging, keju, selada, dan alpukat yang kemudian disiram dengan saus kedelai hitam.

Daging Tlayudas ini ditumis dengan lada, cumin, dan bubuk cabai sehingga menghasilkan rasa yang lumayan pedas. Jika kurang selera dengan saus kedelai hitam, kamu bisa menggantinya dengan Guacamole.

Biasanya penjual Tlayudas juga menyediakan berbagai macam topping pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.

7. Chilaquiles

Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipi60minutos.info

Sebagian besar kuliner khas Meksiko memang menggunakan tortilla sebagai bahan utama, begitu juga dengan makanan yang satu ini.

Chilaquiles pada dasarnya adalah potongan tortilla yang digoreng kemudian dimasak bersama dengan saus salsa maupun saus cabai dan ditaburi keju diatasnya. Namun seiring berjalannya waktu, Chilaquiles divariasikan dengan berbagai macam topping, termasuk daging, telur, bacon, alpukat hingga Nopalitos.

Meskipun belum berencana berlibur ke Meksiko, kamu bisa segera mencicipi Churros dan kawan-kawan di restoran-restoran Meksiko yang ada di kotamu. Sudah siap ketagihan belum nih?

Baca Juga: 5 Karakteristik Cita Rasa Makanan dari Berbagai Negara, Mana Seleramu?

Camelia Safitri Photo Verified Writer Camelia Safitri

Walks to find something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya