Comscore Tracker

Bernutrisi Tinggi, 5 Alternatif Snack Manis untuk Anak

Jadi pilihan snack yang sehat dan bernutrisi!

Anak-anak seringkali dikenal dengan ketertarikannya pada rasa manis dalam makanan ataupun minuman, di mana gula dapat memberikan energi tambahan pada anak-anak. Walaupun demikian, mengonsumsi gula secara berlebih dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Nah, dalam mengatasi konsumsi berlebih pada gula yang terdapat pada snack ataupun minuman, kamu dapat mencoba alternatif snack berikut yang terbuat dari berbagai buah ataupun sumber lainnya. Yuk, lihat apa saja!

1. Buah kering

Bernutrisi Tinggi, 5 Alternatif Snack Manis untuk AnakBuah kering (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Salah satu alternatif snack manis yang akan disukai oleh anak-anak adalah dried fruit atau seringkali dikenal dengan buah kering, di mana makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan gula natural sehingga makanan ini mempunyai rasa yang manis dan kalori yang lebih padat.

Nah, ketika kamu akan memilih produk makanan yang berisi dried fruit, maka pastikan kamu memilih produk yang tidak memiliki tambahan gula di dalamnya, yah!

2. Fruit lollipops

Bernutrisi Tinggi, 5 Alternatif Snack Manis untuk AnakLolipop yang terbuat dari buah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mayoritas anak-anak menyukai lolipop, di mana kandungan gula yang terdapat pada lolipop tergolong tinggi sehingga tidak dapat dikonsumsi secara rutin. Nah, salah satu alternatif yang sehat bagi anak-anak adalah fruit lollipops yang dapat kamu buat sendiri di rumah.

Dalam membuat resep ini, kamu hanya perlu menuangkan jus buah ke dalam cetakan dan menambahkan stik, kemudian memasukkan lolipop tersebut ked alam lemari pendingin. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu selama 2 jam dan kamu bisa mendapatkan fruit lollipops secara instan, lho.

Baca Juga: 5 Snack Khas Jepang yang Tak Kalah Lezat dari Yakitori dan Takoyaki

3. Yoghurt 

Bernutrisi Tinggi, 5 Alternatif Snack Manis untuk AnakYoghurt (pexels.com/Anthony Shkraba)

Yoghurt menjadi salah satu alternatif snack yang memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi, di mana kalsium memiliki peran penting dalam perkembangan tulang pada anak-anak. Selain itu, yoghurt juga mengandung bakteri hidup sehingga dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan anak-anak.

Namun, kebanyakan yoghurt yang dijual pada supermarket memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga kamu bisa memilih plain yoghurt dan dapat kamu tambahkan dengan buah-buahan ataupun madu. Pastikan kamu tidak memberikan yoghurt kepada anak-anak di bawah 12 tahun, yah!

4. Popcorn  

Bernutrisi Tinggi, 5 Alternatif Snack Manis untuk AnakPopcorn (pexels.com/Patrícia Paixao)

Walaupun seringkali dikenal sebagai makanan junkfood dan tidak sehat, popcorn merupakan gandum utuh yang bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, selama kamu tidak menambahkan topping yang tidak sehat, maka popcorn akan menjadi snack yang sehat bagi anak-anak, lho.

Kamu juga bisa memanaskan popcorn kamu dengan menambahkan sedikit mentega dan menaburi keju parmesan di atasnya untuk menambah cita rasa dari popcorn ini, yah!

5. Jus buah

Bernutrisi Tinggi, 5 Alternatif Snack Manis untuk AnakJus buah (pexels.com/Anthony Shkraba)

Menjaga anak-anak tetap terhidrasi menjadi salah satu kunci dalam menjaga kesehatan mereka, di mana anak-anak belum membutuhkan gula tambahan. Maka, kamu juga bisa mencoba memberikan air dalam jumlah yang cukup dan menambahkan sedikit lemon ataupun lime juice untuk memberikan rasa tambahan.

Nah, walaupun jus buah memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi, jus buah juga mengandung gula dalam tingkat yang tinggi sehingga kamu tidak dapat memberikan minuman ini kepada anak secara rutin, lho.

Walaupun dapat memberikan energi tambahan pada anak, mengonsumsi makanan manis secara berlebih dapat berbahaya bagi kesehatan anak secara keseluruhan. Nah, dalam mengatasinya, kamu dapat mencoba membuat lima alternatif snack diatas yang telah terbukti sehat bagi kesehatan anak-anak, ya!

Baca Juga: 10 Snack Terbaik Indonesia Menurut Orang Korea, Ada Favoritmu?

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya