Comscore Tracker

5 Fakta Vegemite, Selai Khas Australia dengan Rasa yang Unik

Sudah pernah coba?

Sarapan memang paling enak dengan roti dan olesan selai ya, praktis dan simpel. Nah, tentu sudah tidak asing dengan selai strawberry, selai nanas dan aneka selai buah-buahan lainnya bukan? Namun, di Australia terdapat salah satu selai yang mempunyai rasa ajaib nih, vegemite namanya. Selai ini mempunyai warna coklat kehitaman, mirip selai nutella, tapi teksturnya agak padat seperti selai kacang. Buat yang pertama kali merasakan vegemite pasti agak kaget, karena mungkin tidak terbiasa di lidah. Berikut beberapa fakta menarik lainnya mengenai vegemite.

1. Menjadi ikon khas Australia

5 Fakta Vegemite, Selai Khas Australia dengan Rasa yang Unikgoodfood.com.au

Dikemas dalam botol dengan label dan tutup berwarna kuning, vegemite merupakan favorite semua kalangan penduduk Australia. Buat masyarakat disana, baik anak-anak maupun orang dewasa, sarapan dengan roti panggang dan olesan vegemite merupakan sesuatu hal yang lumrah. Tidak heran karena saking populernya, vegemite menjadi ikon nasional Australia.

2. Terbuat dari fermentasi brewer yeast

5 Fakta Vegemite, Selai Khas Australia dengan Rasa yang Unikstuff.co.nz

Selai ini tercipta ketika salah satu perusahaan yang bernama Fred Walker & Co pada tahun 1922 memberikan perintah kepada Cyril P. Callister untuk membuat selai dari ragi sisa proses pembuatan bir. Sel ragi yang diperoleh Cyril kemudian dicampur dengan garam, seledri dan ekstrak bawang bombay. Terbentuklah pasta hitam yang mempunyai tekstur yang lengket yang disebut dengan vegemite.

3. Rasanya asin dan cenderung pahit

5 Fakta Vegemite, Selai Khas Australia dengan Rasa yang Unikvegemite.com.au

Meskipun mempunyai rasa yang asin dan cenderung pahit, tapi bagi penduduk Australia sudah menjadi hal yang biasa mengkonsumsi vegemite dalam keseharian mereka. Bagi beberapa orang yang baru pertama kali mencicip vegemite akan dibuat kaget dengan rasanya yang unik ini. Jangan langsung oleskan banyak vegemite ke roti, cukup sedikit saja sehingga lidah bisa menerima rasa asin dan pahit dari vegemite.

Baca Juga: 5 Fakta Seruit, Kuliner Khas Lampung yang Enak Dinikmati Ramai-ramai

4. Mengandung khasiat yang baik untuk tubuh, terutama kaya kandungan vitamin B

5 Fakta Vegemite, Selai Khas Australia dengan Rasa yang Unikbroadsheet.com.au

Pada tahun 1939, menurut pakar medis dan ahli kesehatan bayi, vegemite diakui mengandung vitamin B yang tinggi terutama, riboflavin, folic acid, thiamine dan niacin, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan pada saat perang dunia kedunia, vegemite dijadikan ransum untuk para tentaranya.

5. Halal dan bebas alkohol

5 Fakta Vegemite, Selai Khas Australia dengan Rasa yang Unikmashable.com

Sertifikat halal diperoleh vegemite pada tahun 2010 dari Australian Federation of Islamic Councils. Jadi vegemite tidak mengandung produk turunan dari hewan. Dan yang paling penting bebas alkohol. So, siapapun bisa mengkonsumsinya.

Nah, karena kandungan gizinya sangat baik untuk tubuh, jangan ragu konsumsi vegemite ya.

Baca Juga: 5 Masakan Indonesia Ala Tati Carlin di MasterChef Australia, Bangga!

Zivanhea Photo Community Writer Zivanhea

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You