Comscore Tracker

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!

Gagal diet deh...

Gresik merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Selat Madura dan Kota Surabaya. Nah, Gresik terkenal dengan pabrik semen pertama dan terbesar di Indonesia lho, yaitu Semen Gresik.

Ternyata di Gresik menyimpan beberapa kuliner unik nih. Nah, ini dia beberapa kuliner yang wajib kamu cicipi kalau sedang ke Kota Santri ini. Dijamin gak bakalan menyesal dan bakal ketagihan deh!

1. Nasi Krawu

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!pinterest.com.au

Nasi krawu merupakan salah satu kuliner yang sangat populer di kalangan masyarakat Gresik. Disajikan dengan menggunakan daun pisang membuat semakin nikmat saat menyantap makanan yang satu ini. Nasi yang pulen disajikan bersama dengan semur daging, irisan daging sapi, jeroan sapi dan sambal terasi, merupakan perpaduan yang komplit dan sangat menggoda untuk dicicipi. Cobain deh!

2. Jubung

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!tokopedia.com

Nah, jajanan yang satu ini cocok banget buat oleh-olehdari Gresik. Jubung terbuat dari ketan hitam yang di atasnya ditaburi wijen, dibungkus dengan menggunakan kulit pohon pinang. Nah, kebayang gimana rasanya kan?

3. Bonggolan

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!disparbud.gresikkab.go.id/

Bahan dasar untuk membuat Bonggolan adalah daging ikan yang dicampur dengan tepung kanji, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Tertarik mencobanya, enak nih!

Baca Juga: 11 Jajanan Manis Khas Jawa Timuran, Cocok Buat Oleh-olehmu Nih

4. Sego Rumo

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!putratravel.net

Nah, kalau kuliner yang satu ini cocok untuk sarapan. Sego rumo merupakan nasi putih yang disajikan dengan pincuk daun pisang, dicampur dengan daun singkong, rempeyek atau kerupuk kemudian diatasnya ditaburi dengan serundeng dan disiram kuah kental. Sudah pernah coba?

5. Sego Karak

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!gresiknews.co

Kuliner yang satu ini, dulunya dibuat dari nasi-nasi sisa, tapi sekarang tidak lagi. Nasi putih dikeringkan kemudian dimasak lagi dengan ketan hitam. Disajikan bersama dengan rempeyek, tempe goreng dan kerupuk bikin kamu bakalan nambah lagi. Mantap deh!

6. Pudak

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!kebudayaan.kemdikbud.go.id

Pudak terbuat dari tepung beras, gula erah/gula pasir dan santan kelapa yang dibungkus dengan pelepah daun pinang. Jangan sampai kelewatan untuk mencicipi kuliner yang unik satu ini ya.

7. Otak-otak Bandeng

7 Kuliner Khas Gresik Ini Wajib Coba, Yuk Nyicip!tokopedia.com

Otak-otak bandeng juga menjadi kuliner yang wajib kamu coba saat ke Gresik. Cocok buat lauk nih. Gak sulit untuk menemukan otak-otak bandeng kok.

Nah, gimana guys, kamu wajib coba kuliner tersebut ya saat ke Gresik.

Baca Juga: 7 Cafe Kece Ini Akan Menambah Alasanmu untuk Datang ke Gresik

Zivanhea Noella Photo Verified Writer Zivanhea Noella

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya