Comscore Tracker

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lho

Sehat dan tidak beracun

Kuliner jamur belakangan ini semakin merebak. Enoki populer dengan goreng tepung yang crispy. Berbagai macam keripik jamur juga populer dan menjadi favorit bagi kamu yang doyan nyemil. Berbagai kreasi masakan pun juga bisa diolah dengan menggunakan jamur.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jamur. Namun, tidak semua jamur bisa dimakan ya, ada yang beracun juga. Biar gak salah pilih, berikut beberapa jamur yang bisa dikonsumsi.

1. Jamur kancing

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhomedicalnewstoday.com

Jamur kancing merupakan salah satu jamur yang paling populer di dunia nih. Tentunya sangat mudah ditemukan di pasar Indonesia. Dinamakan jamur kancing karena memang bentuknya seperti kancing. Memepunyai warna putih bersih, krem ataupun coklat muda.

2. Jamur merang

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhojagapati.com

Diberi nama jamur merang karena jamur ini dibudidayakan di sekam padi atau "merang". Jamur ini mempunyai bentuk bulat dan warna cokelat. Jamur merang mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Jamur kuping

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhofaktualnews.co

Jamur kuping mempunyai warna coklat dan tekstur seperti jelly yang unik. Tubuh dari jamur ini berbentuk mangkok atau bahkan menyerupai cuping telinga dengan diameter antara 2-15 cm. Cocok dibikin sup nih,

4. Jamur tiram

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhopopmama.com

Jamur tiram pada umumnya dibudidayakan didaerah tropis. Jamur ini mempunyai warna putih atau krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran yang menyerupai cangkang tiram. Biasa sih dibikin cemilan goreng tepung yang crispy nih.

5. Jamur shimeji

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhotiaragatzu.com

Jamur shimeji merupakan salah satu jamur yang populer di Jepang. Buahnya berdiameter sekitar 1 cm, berwarna krem sedangkan tangkai jamurnya panjang berwarna putih. Sudah pernah mengolah jamur shimeji? Coba dibikin sup atau ditumis.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Olahan Jamur, Cocok untuk Sajian Berbuka Puasamu!

6. jamur shiitake

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhohellosehat.com

Jamur shiitake disebut juga dengan jamur hioko. Sangat populer nih di seluruh penjuru Asia maupun dunia. Payung jamurnya berwarna coklat, berbentuk bundar dengan diamter sekitar 5 cm. Disajikan menjadi sup ataupun tumisan pasti lezat.

7. Jamur chanterelle

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhofoodiecitynetwork.com

Jamur chanterelle mempunyai warna yang unik dan khas yaitu kuning atau jingga, dengan payung jamurnya berbentuk menyerupai corong dan bertekstur kenyal. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi.

8. Jamur porcini

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhogaya.tempo.co

Jamur ini mempunyai payung jamur berwarna krem dengan lebar sekitar 7-30 cm dan batang jamur yang kokoh berwarna putih. Mempunyai tekstur yang tebal dan kenyal, sehingga orang Italia sering mencampurkan jamur ini dalam masakannya.

9. Jamur puffball

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhofood.detik.com

Jamur ini mempunyai bentuk seperti bola. Salah satu spesies jamur ini yaitu Calvatia Gigantea mempunyai diameter sekitar 150 cm dengan berat 20 kg lho. Jamur dengan warna putih ini mempunyai tekstur yang agak kasar dan rasa mirip seperti tahu. Enak ditumis nih.

10. Jamur white truffle

Bukan Hanya Enoki, 10 Jenis Jamur Ini Bisa Dikonsumsi dan Bergizi Lhoinnewyork.com

Jamur white truffle dikenal menjadi jamur termahal di dunia. Hal ini dikarenakan jamur ini susah ditemukan dan tumbuh secara alami. Jamur ini mempunyai aroma yang unik dan khas sehingga banyak pecinta kuliner yang tergiur untuk menikmati kelezatannya.

Nah, ternyata beragam jenis jamur yang bisa dikonsumsi. Jika kamu bermaksud untuk mengolah jamur, pastikan membeli jamur yang berkualitas baik ya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsi

Zivanhea Photo Community Writer Zivanhea

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You