Comscore Tracker

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Menemani Hari-harimu di Rumah

Jangan sampai berat badan malah naik

Menghabiskan hari-hari secara penuh di rumah mungkin akan membuat berat badanmu semakin bertambah, apalagi kalau aktivitasmu hanya makan dan tidur. Camilan atau kudapan yang bisa kamu nikmati juga tidak semuanya sehat.

Nah, jangan sampai kamu gak menjaga pola makanmu selama di rumah, bisa-bisa berat badanmu bertambah secara drastis. Itu sebabnya kamu harus menyediakan beberapa jenis camilan yang menyehatkan, seperti beberapa kudapan di bawah ini. Apa saja?

1. Keripik sayur

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Menemani Hari-harimu di Rumahmeghantelpner.com

Dibandingkan dengan keripik kentang, usus, dan kulit ayam, tentu keripik sayur jauh lebih menyehatkan. Jika kamu hobi memasak, maka kamu bisa membuat keripik berbahan dasar sayuran, seperti kubis, bayam, brokoli, daun singkong, atau kangkung.

Kubis dan brokoli sangat baik untuk kesehatanmu, seperti ditulis dalam Medical News Today. Kubis, brokoli, bayam, dan sayur lainnya mengandung antioksidan, kalsium, vitamin C, zat besi, dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Jadi, jika kamu ingin menikmati camilan yang menyehatkan, kamu bisa mengganti camilanmu dengan keripik sayur yang rasanya tidak kalah lezat dibandingkan dengan keripik-keripik lainnya.

2. Beberapa jenis buah

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Menemani Hari-harimu di Rumahtheconversation.com

Tidak semua buah dianggap menyehatkan untuk dijadikan camilan. Beberapa jenis buah juga mengandung gula yang sangat tinggi, sehingga justru dapat menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah.

Health Line dalam lamannya menulis bahwa buah-buahan seperti pisang, apel, jeruk, kiwi, dan jeruk bali merupakan buah yang sangat bagus untuk dijadikan camilan ringan. Selain rasanya yang segar, buah-buah tersebut juga dapat memberikan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Camilan Mini Enak nan Gurih! Ini Bikin Resep Kue Bawang Spesial

3. Olahan biji chia

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Menemani Hari-harimu di Rumahvivahealthmag.com

Biji chia merupakan makanan ringan menyehatkan yang sudah dikonsumsi oleh manusia sejak zaman kuno. Biji chia bisa diolah sebagai puding atau es campur yang tentu menyegarkan.

Everyday Health dalam lamannya menulis bahwa biji chia memiliki banyak nutrisi yang diperlukan bagi tubuhmu, seperti protein, serat, kalsium, dan vitamin A.

Namun bahan pendamping pada olahan biji chia juga harus diperhatikan, terutama gula. Penggunaan gula yang berlebihan juga akan mengakibatkan dampak negatif bagi tubuh, yakni meningkatnya gula darah yang berujung pada diabetes.

4. Olahan dari paprika merah

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Menemani Hari-harimu di Rumahthecounter.org

Tidak semua orang suka dengan paprika merah, karena memang rasanya yang kuat dan khas. Namun jangan salah, paprika merah merupakan makanan yang dapat memberikan banyak manfaat buat tubuh.

Paprika merah mengandung tinggi antioksidan, beta karoten, dan sangat kaya dengan vitamin C. Very Well Fit dalam lamannya juga mencatat bahwa paprika merah dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Kamu bisa mengolah paprika merah menjadi camilan yang lezat dan mengenyangkan. Mulai dari paprika kukus, goreng, dan barberque dapat kamu nikmati.

5. Kacang tanah

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Menemani Hari-harimu di Rumahgoodhousekeeping.com

Jika dikonsumsi secara wajar, kacang tanah akan memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menjaga kesehatan jantung, kacang tanah juga menjadi sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Harganya yang murah dan keberadaannya yang sangat mudah ditemui, membuat kacang tanah menjadi salah satu camilan favorit bagi kebanyakan orang. Kacang tanah juga memiliki rasa netral, sehingga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan.

Itulah lima jenis camilan sehat yang dapat menemani hari-harimu di rumah. Nah, kalau kamu suka dengan camilan yang mana, nih?

Baca Juga: Resep Nugget Ayam Jamur ala Yummy, Camilan Enak buat Keluarga

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya