Comscore Tracker

Tak Terlalu Manis, Cicip 5 Gudeg di Jogja yang Rasanya Gurih Ini Yuk!

Manis dan gurih menyatu saat disantap #LokalIDN

Gudeg khas Jogja terkenal dengan rasanya yang manis. Banyak orang dari luar kota yang kurang cocok menyantap gudeg karena bumbunya yang disebut terlalu manis.

Tapi sebenarnya banyak warung-warung gudeg di Jogja yang menghadirkan cita rasa yang tak terlalu manis. Disajikan dengan lauk pendamping yang cenderung gurih dan pedas membuat warung-warung gudeg ini jadi primadona.

Ini dia 5 warung gudeg di Jogja yang rasanya tak terlalu manis. Intip yuk!

1. Gudeg Sagan

Tak Terlalu Manis, Cicip 5 Gudeg di Jogja yang Rasanya Gurih Ini Yuk!Gudeg Sagan (instagram.com/gembulfoodie)

Gudeg Sagan merupakan salah satu gudeg Jogja yang sudah melegenda. Citarasa gudeg yang manis, sambal goreng yang pedas, serta ayam kampung sebagai lauk pendamping yang gurih; membuat rasa gudeg ini benar-benar lengkap saat masuk mulut.

Dibanding warung atau rumah makan gudeg lainnya di Jogja, Gudeg Sagan terlihat lebih mewah. Tempat duduknya pun nyaman untuk berlama-lama.

Dari segi harga, Gudeg Sagan memang cenderung mahal untuk makanan di Jogja. Tapi dijamin rasanya worth it saat menyantap sepiring gudeg di rumah makan ini.

Harga: Rp12 ribu - Rp33 ribu.

Alamat: JL Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes No.53, Samirono, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.

2. Gudeg Permata

Tak Terlalu Manis, Cicip 5 Gudeg di Jogja yang Rasanya Gurih Ini Yuk!Gudeg Permata (instagram.com/gendut_kulineran)

Nama Gudeg Permata diambil dari lokasi warung gudeg ini yang berada di depan bekas bioskop Permata. Sebelum buka, sudah banyak para pembeli yang mengantre. Padahal Gudeg Permata buka di malam hari sekitar pukul 20.30 WIB.

Tak heran, gudeg permata memiliki citarasa yang khas dan lezat yang pastinya tidak terlalu manis. Untuk lauk pendampingnya kurang lebih sama dengan warung gudeg pada umumnya. Jangan lupa mencicipi cekernya yang gurih saat digigit sampai ke tulang.

Harga: Rp14 ribu - Rp 25 ribu.

Alamat: Jl. Sultan Agung No.17, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gudeg Terkenal di Jogja, Laris dan Wajib Coba!

3. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Tak Terlalu Manis, Cicip 5 Gudeg di Jogja yang Rasanya Gurih Ini Yuk!Gudeg Bromo Bu Tekluk (instagram.com/jogjafoodhunter)

Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner tengah malam yang wajib dicoba saat ke Jogja. Meski buka malam yakni pukul 23.00 WIB, warung ini ramai pembeli yang rela antre sebelum buka.

Gudeg Bromo memang memiliki cita rasa khas dengan kuah areh yang cenderung lebih pekat namun tetap gurih. Menyantap sepiring Gudeg Bromo begitu nikmat meskipun makan di malam hari.

Harga: Rp15 ribu - Rp27 ribu.

Alamat: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Sleman, Yogyakarta.

4. Gudeg Mbak Pirang

Tak Terlalu Manis, Cicip 5 Gudeg di Jogja yang Rasanya Gurih Ini Yuk!Gudeg Mbak Pirang (instagram.com/jogjabikinlaper)

Nama warung gudeg ini sebenarnya adalah Gudeg Bu Mardjo. Tapi dikarenakan penjualnya berambut pirang, pembeli lebih suka menyebut Gudeg Mbak Pirang.

Gudeg di warung ini rasa menyajikan rasa manis yang pas. Apabila suka pedas, bisa request untuk tambah cabe dari kuah sambal gorengnya.

Harga: Rp12 ribu - Rp25 ribu.

Alamat: Jalan Magelang No.194-196, Rogoyudan, Sinduadi, Mlati, Sleman.

 

5. Gudeg Kangen Bu Manto

Tak Terlalu Manis, Cicip 5 Gudeg di Jogja yang Rasanya Gurih Ini Yuk!Gudeg Kangen Bu Manto (instagram.com/jogjafoodhunter)

Gudeg Bu Manto atau yang lebih dikenal dengan nama Gudeg Kangen buka di pagi hari mulai pukul 07.00 WIB. Meskipun tempatnya hanya di trotoar jalan, tapi jangan heran kalau sudah banyak pembeli yang antre meski penjualnya belum datang.

Selain olahan gudegnya, yang paling nikmat di warung ini adalah kuah arehnya yang super gurih. Jangan lupa juga coba bubur gudeg ditambah dengan kuah sambal goreng yang melimpah serta lauk telur dan ayam kampung. Dijamin bakal kembali lagi ke sini!

Harga: Rp10 ribu - Rp26 ribu.

Alamat: Jl. Affandi No.15, RW.2, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Sleman.

Jogja memang selalu bikin rindu, terlebih dengan kulinernya yang beragam. Salah satunya yakni warung-warung gudeg di atas yang wajib dikunjungi saat ke Jogja.

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Gudeg yang Sedap, Bikin Selera Makan Meningkat

Dea Dezellynda Photo Verified Writer Dea Dezellynda

Part time writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya