Comscore Tracker

5 Fakta & Sejarah Dorayaki, Kue Favorit Doraemon yang Maknyus

Kamu termasuk yang mengidolakan dorayaki juga?

Siapa yang tak mengenal kue asal negara Jepang satu ini? Kue berbentuk bulat agak menggembung di bagian tengahnya ini memang sejak lama terkenal di Indonesia, apalagi sejak muncul di film animasi Doraemon dan menjadi salah satu makanan favoritnya.

Selain terkenal menjadi kue favorit kucing lucu bernama Doraemon, kenalan yuk, dengan sejarah dan fakta dari dorayaki ini.

1. Sejarah terciptanya dorayaki

5 Fakta & Sejarah Dorayaki, Kue Favorit Doraemon yang Maknyusthespruceeats.com

Dikenal dengan bentuk bundar dan berlapis dua, kamu tahu tidak kalau mulanya dorayaki ini hanya terdiri dari satu lapis saja, lho. Varian isi aslinya pun berupa pasta kacang. Konon, dorayaki pertama kali muncul berkat seorang samurai bernama Saito Musashibo Benkei yang tinggal di Gunung Hiei. Dorayaki ini adalah ungkapan dari rasa terima kasihnya pada penduduk yang telah merawatnya setelah mengalami cedera serius setelah pertempuran.

Penamaan dorayaki pun perwujudan dari bentuk kue unik ini. Di mana 'dora' memiliki arti seperti gong, sementara 'yaki' adalah cara memasaknya yang panas dan kering.

2. Popularitas dorayaki

5 Fakta & Sejarah Dorayaki, Kue Favorit Doraemon yang Maknyuscucchiaio.it

Pada tahun 1914, kue dorayaki dengan bentuk mirip pancake ini mulai dikenal masyarakat. Beberapa pembuatnya bahkan mulai memodifikasi rasanya, mengacu pada kue-kue manis asal Eropa seperti kue Castella.

Hingga kini, dorayaki menjadi kudapan khas Jepang yang mendunia dan disukai banyak usia. Berkat kemunculan dorayaki pun sekarang banyak kue-kue khas Jepang yang menyerupainya, sebut saja seperti imagawayaki dan taiyaki.

3. Dorayaki populer di Indonesia sejak anime Doraemon tayang

5 Fakta & Sejarah Dorayaki, Kue Favorit Doraemon yang Maknyustastemade.com

Bagi penggemar anime Doraemon yang hingga saat ini filmnya masih sering diputar ulang televisi-televisi swasta, tentunya kue bertekstur lembut ini tak asing lagi. Sebab, dorayaki merupakan salah satu makanan favorit dari Doraemon, si robot kucing yang datang dari abad ke-22.

Jika melihat dorayaki, masyarakat kita otomatis mengingat karakter anime yang telah tayang sejak 1988 ini. Alhasil, dorayaki lebih dikenal sebagai kudapan yang disukai Doraemon. Dorayaki paling pas dinikmati bersama secangkir teh manis hangat. Pantas ya, Doraemon juga suka!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Bento, Kreasi Makan Siang yang Khas Jepang

4. Varian isi dorayaki yang kian beranekaragam

5 Fakta & Sejarah Dorayaki, Kue Favorit Doraemon yang Maknyusjapantimes.co.jp

Menilik dari sejarah dorayaki, di mana mulanya kue berpemanis madu ini hanya berisi pasta kacang, kini resep dorayaki semakin berkembang dengan varian isi yang lebih beranekaragam. Contohnya seperti krim greentea, vanilla, keju, cokelat, bahkan es krim.

Tentu saja, hal ini tak terlepas dari menarik perhatian calon konsumen, dan juga memuaskan selera tiap-tiap orang yang pada dasarnya memang berbeda. Kamu sudah pernah coba rasa apa saja?

5. Dorayaki cocok untuk menu sarapan

5 Fakta & Sejarah Dorayaki, Kue Favorit Doraemon yang Maknyustheeatculture.com

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dorayaki memiliki kandungan kalori yang tepat untuk dikonsumsi saat sarapan. Belum lagi isian dorayaki yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan gizi si pengkonsumsinya. Cita rasa dorayaki pun tak perlu diragukan lagi, dijamin bisa membangkitkan semangat setelah memakannya saat sarapan pagi. Baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak lho.

Itulah 5 fakta dan sejarah dari dorayaki, kue ikonik dari serial anime Doraemon. Semoga dapat menambah lagi wawasanmu tentang kuliner asal manca negara, ya!

Baca Juga: VIDEO: Resep Dorayaki Doraemon ala Ibu Nobita, Yummy Banget!

Devi Latifah Photo Verified Writer Devi Latifah

Menulis adalah cara lain menggapai cita-cita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya