Comscore Tracker

Fakta dan Sejarah Kimchi, Masakan yang Sering Muncul di Drama Korea

Kamu harus tahu nih, sejarah dan fakta dari kimchi

Penggemar KDrama pasti gak asing dengan makanan berwarna merah menggoda satu ini. Yup, kimchi merupakan masakan khas Korea yang juga populer di Indonesia, khususnya bagi pecinta KDrama. Selain memiliki kandungan yang baik untuk mencegah kanker, obesitas, dan kolesterol, kimchi memiliki sejarah panjang dan beberapa fakta yang mesti kamu ketahui. Simak yuk!

1. Sejarah munculnya kimchi

Fakta dan Sejarah Kimchi, Masakan yang Sering Muncul di Drama Korearecipeland.com

Pada zaman pra sejarah, orang-orang Korea menggunakan garam sebagai bahan pengawet. Garam ini kerap digunakan sebagai pengawet makanan yang akan dijadikan cadangan ketika musim dingin menjelang.

Biasanya, sayuran yang dijadikan kimchi ini akan dipersiapkan di saat musim gugur, sehingga saat musim dingin dan sayuran segar menjadi langka, maka mereka bisa memakan sayuran yang telah menjadi kimchi ini. Kimchi sendiri merupakan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas.

2. Perkembangan kimchi dari masa ke masa

Fakta dan Sejarah Kimchi, Masakan yang Sering Muncul di Drama Koreamashed.com

Kimchi pertama kali ditulis pada era dinasti Goryeo (918-1392) oleh penyair bernama Lee Kyu Bo. Dalam puisinya ia menjelaskan kimchi, sebuah masakan yang difermentasi dengan pasta kedelai, baik dan nikmat disajikan saat musim panas maupun musim dingin.

Kimchi terus berkembang hingga dinasti Joseon (1392-1910). Kimchi diolah bersama dengan tambahan saus kedelai dan bumbu lainnya, dan jenisnya pun mulai beraneka ragam hingga menjadi ikon dari budaya kuliner negeri ginseng.

Baca Juga: Mengenal Kimchi, Makanan Wajib Orang Korea yang Kaya Akan Manfaat

3. Ragam dan jenis kimchi

Fakta dan Sejarah Kimchi, Masakan yang Sering Muncul di Drama Koreaseriouseats.com

Seiring dengan berjalannya waktu, resep kimchi semakin beraneka ragam, dengan jenis sayur yang beraneka ragam pula. Jika selama ini yang sering kamu lihat dalam KDrama, kimchi hanya sawi putih yang difermentasikan dengan cabai merah dan minyak ikan, sebenarnya itu hanya salah satu jenis kimchi saja. Kimchi sawi putih ini pun punya nama lho, yakni baechu kimchi.

Sementara untuk jenis lain, yakni ada kkakdugi kimchi yang terbuat dari lobak. Gat kimchi yang terbuat dari sawi hijau dengan proses fermentasi yang sama dengan baechu kimchi, hanya saja rasanya lebih asam dan tak terlalu berair.

Ada pula oisobagi kimchi, yang memiliki proses fermentasi lebih singkat dibanding kimchi jenis lain, dan berbahan dasar timun Jepang. Sementara buchu kimchi adalah fermentasi dari daun bawang dengan bubuk cabai, minyak ikan, gula dan biji wijen. Waktu yang dibutuhkan dalam prosesnya pun tak terlalu lama. Saking banyaknya jenis kimchi, sampai-sampai ada museumnya segala lho. Kamu sudah pernah coba yang mana saja?

4. Tradisi 'kimjang' bagi masyarakat Korea

Fakta dan Sejarah Kimchi, Masakan yang Sering Muncul di Drama Koreakoreatimes.co.kr

'Kimjang' merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan masyarakat Korea membuat kimchi secara massal. Biasanya dalam tradisi 'kimjang' ini sebuah keluarga akan berkumpul bersama demi menyiapkan kimchi, biasanya dilakukan saat musim gugur, sebagai bekal makanan ketika menjelang musim dingin.

Tradisi 'kimjang' ini menumbuhkan rasa kebersamaan, membentuk identitas sosial, serta menjadi lambang solidaritas bagi masyarakat Korea. Pada tanggal 5 Desember 2013 silam, tradisi kimjang ini didaftarkan ke UNESCO sebagai Daftar Representatif dari Intangible Cultural Heritage of Humanity. Keren!

Semoga ringkasan mengenai fakta dan sejarah kimchi ini menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Kimchi yang Perlu Kamu Tahu, Rugi Kalau Enggak Coba!

Devi Latifah Photo Community Writer Devi Latifah

Menulis adalah cara lain menggapai cita-cita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You