Comscore Tracker

6 Nutrisi Penting di Tepung Tapioka, Kenyalnya Bikin Nagih!

Selain enak diolah jadi apapun juga banyak manfaatnya nih

Keberadaan tepung tapioka sebagai bahan utama kue dan olahan khas daerah hingga kini terus eksis. Berbagai resep baru bermunculan dan sukses menyulap tepung tapioka jadi hidangan yang kekinian. Contohnya saja boba alias pearl yang sering ada di minuman zaman sekarang. Pasti terasa gak lengkap kan kalau minum teh, susu atau kopi tanpa kehadiran mereka? 

Nah, di balik rasa kenyalnya yang bikin nagih tepung tapioka ternyata punya kandungan vitamin dan manfaat baik buat kesehatan. Kamu wajib tahu nih biar semakin berwawasan luas.

1. Mudah dicerna oleh sistem pencernaan

6 Nutrisi Penting di Tepung Tapioka, Kenyalnya Bikin Nagih!fairfaxinnrestaurant.com

Tepung tapioka yang sering diolah jadi kue manis dan kudapan ringan ini gak masalah dikonsumsi dalam jumlah banyak. Pasalnya tepung tapioka mudah dicerna sehingga tidak berefek samping seperti perut sembelit atau susah BAB. Alternatif camilan sehat yang aman dimakan berbagai usia. 

2. Sumber kalsium bagi tubuh

6 Nutrisi Penting di Tepung Tapioka, Kenyalnya Bikin Nagih!alibab.com

Dibanding tepung lainnya, tepung tapioka adalah tepung kaya manfaat yang lebih baik dalam memenuhi kalsium tubuh. Kandungan kalsiumnya juga bisa semakin bertambah bila kamu mengolah tapioka bersama susu menjadi kue basah atau camilan sederhana. Menarik banget kan?

3. Mengandung zat besi dan mangan

6 Nutrisi Penting di Tepung Tapioka, Kenyalnya Bikin Nagih!kitchenconfidante.com

Kapan lagi kamu bisa ngemil dan bisa memberi banyak nutrisi bagi tubuh? Sekarang saatnya kamu beralih ke olahan kue yang terbuat dari tepung tapioka guys. Pasalnya tepung ini punya kandungan mangan yang bisa memperkuat tulang dan zat besi yang bisa menambah produksi sel darah merah.

Baca Juga: Cooking 101: Apa Perbedaan Tepung Maizena dan Tepung Tapioka?

4. Mengandung banyak folat

6 Nutrisi Penting di Tepung Tapioka, Kenyalnya Bikin Nagih!eatwhattonight.com

Kandungan gizi yang dibutuhkan para ibu hamil ini juga terkandung dalam tepung tapioka. Selain untuk ibu hamil folat juga penting untuk wanita di masa subur agar mudah hamil. Folat ini termasuk golongan Vitamin B yang berarti baik pula untuk sistem metabolisme tubuh.

5. Makanan bebas kolesterol

6 Nutrisi Penting di Tepung Tapioka, Kenyalnya Bikin Nagih!austin.eater.com

Boba tapioca yang jadi menu pilihanmu di kedai kopi favorit ini bebas kolesterol loh. Sehingga kamu akan terhindar dari penumpukan plak yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan penyakit kardivaskular serius. Meskipun begitu campuran minuman dalam boba tapioca tidak terlalu baik bila dikonsumsi secara berlebihan.

6. Menyimpan serat baik untuk tubuh

6 Nutrisi Penting di Tepung Tapioka, Kenyalnya Bikin Nagih!frontiercoop.com

Malas konsumsi sayur-sayuran akan membuat tubuh kita kekurangan serat. Untuk menyiasatinya konsumsi saja olahan dari tepung tapioka. Di dalam tepung tapioka terkandung serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. 

Gak nyangka banget deh tepung tapioka menyimpan banyak manfaat seperti tadi? Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kita semua, yap!

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Tepung Tapioka Ini Bikin Kamu Pengin Nyicip

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You