Comscore Tracker

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Coba

Mulai dari lauk pauk, camilan hingga oleh-oleh. Lengkap deh!

Provinsi Lampung berada tidak terlalu jauh dari ibu kota. Hanya dengan berkendara kurang lebih dua jam dan menyeberang dengan kapal feri, kamu sudah bisa tiba di kota yang terkenal dengan kualitas pisang yang tinggi. Lampung sendiri memiliki banyak ikon yang bisa jadi spot foto untuk mengabadikan momen jalan-jalan kalian.

Selain itu gak afdol rasanya kalau gak mencicipi makanan khasnya.

Nah, buat kamu yang bingung kira-kira apa saja makanan enak yang jadi rekomendasi ketika berlibur ke Lampung, berikut 8 makanan khas Lampung yang wajib banget kamu coba guys!

1. Gulai taboh

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobadxshare.cdf

Seperti namanya, makanan ini adalah olahan gulai berbahan santan yang dimasak bersama ikan. Tapi bukan cuma ikan yang jadi bahan utamanya, melainkan banyak sayuran seperti rebung, kol, kacang pajang, kacang merah dan juga kol di dalamnya.

Sekilas orang yang baru melihat kudapan ini mengira ini sama seperti sayur lodeh, padahal cita rasa gulai taboh lebih kuat dan berbumbu.

Masyarakat Lampung biasanya menyajikan makanan ini pada acara-acara khusus. Jenis ikan yang umum digunakan adalah ikan tongkol atau ikan tuna. Gulai taboh juga memiliki arti 'gulai santan' dan jadi makanan khas Lampung tepatnya dari Pesisir Barat Lampung.

2. Pisro

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobajejamo.com

Pisro ini bukan camilan manis berbahan dasar singkong. Pisro atau yang punya nama lain seruit adalah salah satu olahan khas Lampung. Di daerah Lampung kita memang akan banyak menemukan berbagai menu berbahan dasar ikan.

Jika gulai tadi dibuat dengan tambahan santan, berbeda dengan pisro yang diolah bersama saus pedas dengan sedikit rasa masam. Ikan yang digunakan dalam sajian ini adalah ikan betok karena memiliki daging yang tebal. Buat kamu pecinta kuliner pedas cobain deh Pisro, dijamin ketagihan!

3. Panggang Lampung

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobanews.unair.ac.id

Masih berbahan dasar ikan, kali ini pengolahannya pun berbeda. Kudapan ini bernama panggang Lampung yang sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

Panggang merupakan ikan yang dipanggang atau diasap. Meskipun tidak diberi banyak bumbu namun kesegaran ikan serta rasa gurih membuat panggang menjadi lezat. Biasanya panggang dimakan bersama sambal dan nasi hangat. 

4. Gegudu

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobainstagram.com/niamarhena

Beralih dari lauk berat, kini waktunya untuk mengisi perut dengan camilan manis. Camilan yang satu ini bernama Gegudu.

Gegudu terbuat dari pisang yang dihaluskan lalu dicampur bersama tepung terigu dan susu. Kemudian disajikan bersama selai atau susu kental manis dan kopi atau teh. Camilan ini biasa dikonsumsi masyarakat Lampung saat sore hari di musim hujan. 

Baca Juga: 6 Kuliner Bebek Paling Maknyus di Jogja, Enaknya Bikin Nagih!

5. Pie pisang

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobainstagram.com/herlineats

Meskipun kini kita bisa menemukan kudapan manis yang satu ini di banyak tempat, tapi pie pisang asli Lampung punya rasa yang berbeda. Pie pisang Lampung dibuat dengan pisang yang melimpah dengan cita rasa yang autentik.

Untuk mendapatkannya juga gak sulit. Sebab banyak toko oleh-oleh yang menyediakan camilan manis ini. Pie pisang bisa bertahan dalam suhu ruang hingga 3-5 hari. Untuk sekotak pie pisang harga yang dibanderol mulai dari Rp.40.000-50.000.

6. Keripik pisang

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobainstagram.com/surprise.snack

Gak sah rasanya kalau kamu main ke Lampung tapi gak beli keripik pisang. Keripik pisang yang bisa kamu beli di Lampung ini punya banyak banget varian rasa yang menarik, mulai dari cokelat, bumbu asin hingga pedas. Meskipun dipotong sedikit tebal tapi keripik ini renyah dan bikin kamu gak bisa berhenti ngunyah!

7. Benjak Enjak

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobaindonesia-resepmasakan.blogspot.com

Benjak enjak terbuat dari beras ketan, gula aren dan pisang yang dikukus seperti bentuk pepes. Meskipun tergolong kue basah namun masa bertahan kue ini cukup lama kira-kira 1-2 hari. Jadi kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas Lampung yang diolah dari pisang dengan cara yang berbeda.

Makanan manis ini juga pas banget disajikan bareng minuman hangat saat santai di pagi dan sore hari. 

8. Lempok durian

Bikin Ngiler! Ini 8 Makanan Khas Lampung yang Wajib Banget Kamu Cobainstagram.com/pempeknony168

Lempok durian adalah sebutan bagi makanan manis yang lebih dikenal dodol oleh masyarakat Jawa. Lempok durian memiliki aroma yang kuat dan tekstur kenyal. Meskipun manis tapi rasa manisnya tidak berlebihan. Satu buah lempok durian bisa kamu bawa pulang seharga Rp.25-000-35.000 dan banyak dijumpai di pusat oleh-oleh. 

Saat kamu jalan-jalan ke Lampung jangan lupa untuk mencoba beberapa jenis makanan rekomendasi di atas ya guys. Dijamin gak akan menyesal deh sebab rasa enaknya kebangetan!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata di Lampung yang Dinilai Aman dari Tsunami

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You