Comscore Tracker

5 Cara Makan Sushi yang Benar, tapi Belum Banyak Orang Tahu

Perhatikan caranya biar gak malu-maluin

Penggemar makanan Jepang pasti suka dengan sushi. Apalagi restoran sushi yang mulai berjamur di kota-kota besar. Tentunya kita sudah gak sulit menemukan restoran sushi.

Mungkin kamu juga sudah sering makan sushi di restoran. Namun, apakah kamu yakin kalau selama ini cara makan sushimu sudah benar? Ternyata makan sushi ada aturannya, lho.

Jika kamu pergi ke Jepang, ada beberapa cara makan sushi yang harus diperhatikan, supaya gak dianggap berantakan atau gak sopan. Dilansir dari akun TikTok food influencer @cheekykiddo, berikut beberapa cara makan sushi yang benar.

1. Hindari mencampur wasabi

5 Cara Makan Sushi yang Benar, tapi Belum Banyak Orang TahuIlustrasi wasabi (eatthis.com)

Apakah kamu sering mencampur wasabi dengan kecap asin? Jika iya, sebaiknya jangan dilakukan lagi, karena cara itu salah. Wasabi harus dimakan sendiri supaya segar. Kamu bisa mencampur kecap asin dengan bubuk cabai saja. 

2. Makan yang mentah terlebih dahulu

5 Cara Makan Sushi yang Benar, tapi Belum Banyak Orang TahuIlustrasi sashimi (livingnomads.com)

Makan sushi harus berurutan sesuai dengan bahan-bahannya. Pertama, makan yang mentah terlebih dahulu, seperti sashimi, nigiri, atau gunkan.

Urutannya dari ikan berdaging putih, perak, merah, lalu salmon, dan telur ikan. Cara ini dilakukan mulai dari yang paling ringan hingga berlemak. Setelah makan yang mentah, kamu bisa beralih ke bahan matang.

3. Perhatikan cara mencelupkan sushi

5 Cara Makan Sushi yang Benar, tapi Belum Banyak Orang TahuIlustrasi cara makan sushi (shape.com)

Saat makan sushi, hindari mencelupkan bagian atas atau bawah ke dalam kecap asin. Celupkan bagian topping-nya ke dalam kecap asin, bukan bagian nasi, supaya gak terlalu asin. 

Baca Juga: 6 Perbedaan antara Kimbab dan Sushi, Yakin Kamu Sudah Tahu?

4. Makan sushi yang matang dan simpel

5 Cara Makan Sushi yang Benar, tapi Belum Banyak Orang TahuIlustrasi maki roll (thespruceeats.com)

Selanjutnya, pilih jenis maki, yakni sushi gulung yang dilapisi rumput laut. Biasanya berisi ikan, daging, atau sayuran. Di restoran sushi, kalau kamu pesan maki tandanya kamu sudah selesai makan sushi. 

5. Makan sushi yang bentuknya beragam

5 Cara Makan Sushi yang Benar, tapi Belum Banyak Orang TahuIlustrasi california roll (verywellhealth.com)

Terakhir, kamu bisa makan sushi roll dengan bentuk yang beragam, seperti volcano roll atau california roll. Sushi jenis tersebut dimakan terakhir karena berasal dari Amerika. Jadi, bisa dimakan bebas tanpa harus berurutan.  

Itulah beberapa cara makan sushi yang benar, tapi belum banyak orang tahu. Selamat mempraktikkan!

Baca Juga: Resep Sushi ala Anak Kos, Cuma Butuh 5 Bahan Doang

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya