Comscore Tracker

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legit

Wajib tahu supaya gak salah pilih saat membelinya

Alpukat menjadi salah satu buah favorit bagi sebagian orang. Apakah kamu salah satunya?

Selain alpukat yang biasa ditemukan di pasaran, ada salah satu jenis alpukat yang paling disukai, yakni alpukat mentega. Teksturnya sangat lembut.

Sebelum membelinya, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih alpukat mentega yang enak dan matan. Berikut di antaranya.

1. Cek warna kulitnya

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legitscientificamerican.com

Hal paling mudah untuk mengecek kematangan alpukat mentega adalah memerhatikan warna kulitnya. Jika kamu ingin segera mengonsumsinya, pilih alpukat mentega yang berwarna ungu cerah dan mengkilap.

Sebaiknya hindari warna kulit alpukat yang ungu kusam dan terasa lembek jika ditekan. Itu artinya alpukat tersebut terlalu matang, bahkan menjelang busuk.

2. Cek teksturnya

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legithealth.clevelandclinic.org

Selain mengecek warnanya, kamu juga bisa mengecek teksturnya. Alpukat mentega yang matang bertekstur empuk, tetapi gak terasa lembek.

Cek tekstur alpukat dengan menggenggam buahnya. Jangan hanya menggunakan satu jari saja, karena berisiko menekan permukaan buah.

Gunakan seluruh telapak tangan supaya bisa mengecek tekstur alpukat mentega dengan waktu yang lebih singkat. 

3. Cek biji buah

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legitinstagram.com/czechgirlrecipes

Kamu juga bisa mengecek biji alpukat mentega tanpa harus memotongnya. Caranya goyang-goyangkan alpukat. Jika terdengar bunyi biji yang terlepas, artinya alpukat mentega sudah matang. 

4. Cek tangkai buah

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legitinstagram.com/lakesidenursery

Jika ada bagian tangkai yang tersisa di alpukat, sebaiknya petik secara perlahan. Setelah itu, perhatikan lubangnya. Lubang tersebut bisa menunjukkan tingkat kematangan alpukat mentega.  

Jika warnanya hijau, tandanya alpukat mentega sudah matang. Jika warnanya cokelat muda, tandanya alpukat belum matang. Kalau warnanya cokelat gelap atau hitam, artinya alpukat sudah terlalu matang.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kerang yang Tepat dan Berkualitas, Jangan Salah!

5. Kupas buahnya

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legitinstagram.com/theshopcambodia

Jika belum yakin, kamu bisa mengupas alpukat mentega untuk mengetahui tingkat kematangannya. Cara yang benar adalah mengupasnya dari tengah secara horizontal, bukan secara vertikal seperti yang biasanya dilakukan. 

6. Cek daging buah

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legitinstagram.com/eatme_nl

Jika kamu mencari alpukat mentega yang siap makan, kamu harus mengecek daging buahnya. Ciri alpukat mentega yang sudah matang adalah dagingnya lembut dan bersih.

Jika terlalu matang, biasanya daging alpukat mentega cenderung berserat dan berwarna gelap. 

7. Cara mematangkan alpukat

7 Cara Mengetahui Alpukat Mentega yang Matang Sempurna dan Legiteatthis.com

Kalau terlanjur membeli alpukat yang mentah, kamu bisa menyimpannya dulu. Caranya, simpan di dalam kantung plastik atau koran di dalam suhu ruangan. Tunggu beberapa hari hingga warna dan tekstur alpukat berubah.

Itulah cara mengetahui alpukat mentega matang dan enak. Semoga info di atas bermanfaat, supaya gak salah pilih saat membeli alpukat mentega ya.

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Tips Memilih dan Menyimpan Bawang Bombay biar Lebih Tahan Lama 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya