Comscore Tracker

5 Fakta Unik Kopi Guatemala, Masuk Daftar Kopi Terbaik di Dunia

Kamu sudah pernah mencobanya?

Pencinta kopi sudah tahu kopi guatemala belum? Kopi ini masuk dalam daftar 10 biji kopi terbaik di dunia, lho. Sesuai namanya, kopi ini berasal dari Guatemala, Amerika Tengah. 

Kopi guatemala memiliki karakterisik yang unik. Bahkan, Guatemala terkenal sebagai negara dengan penghasil kopi terbesar di dunia. 

Kini, kopi guatemala telah populer di Indonesia. Beberapa kedai kopi di Jakarta pun menggunakan biji kopi guatemala.

Nah, penasaran bagaimana kopi guatemala ini? Simak fakta uniknya berikut ini, yuk! 

1. Biji kopi terbaik di dunia

5 Fakta Unik Kopi Guatemala, Masuk Daftar Kopi Terbaik di DuniaIlustrasi olahan kopi (unsplash.com/nate_dumlao)

Melansir dari sipcoffeehouse.com, kopi guatemala menduduki peringkat ke-10 pada 2010, dengan produksi biji kopi mencapai 225 metrik ton.

2. Dominan produksi biji kopi arabika

5 Fakta Unik Kopi Guatemala, Masuk Daftar Kopi Terbaik di DuniaIlustrasi biji kopi (unsplash.com/battlecreekcoffeeroasters)

Ada beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil kopi di Guatemala, seperti Atitlan, Huehuetenango, Antigua yang paling populer.

Di Indonesia sendiri biasanya biji kopi guatemala dari daerah Antigua. Selain itu, sebagian besar biji kopi yang diproduksi di Guatemala merupakan jenis kopi arabika. 

3. Karakteristik kopi guatemala

5 Fakta Unik Kopi Guatemala, Masuk Daftar Kopi Terbaik di DuniaIlustrasi biji kopi guatemala (unsplash.com/miloezger)

Secara umum, aroma kopi guatemala seperti jeruk dan bunga. Sedangka, rasanya manis seperti cokelat dan kacang-kacangan. Tingkat keasamannya cukup dengan tekstur kental yang pekat. 

Baca Juga: 7 Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian, yang Mana Kesukaanmu? 

4. Awalnya dianggap tanaman hias

5 Fakta Unik Kopi Guatemala, Masuk Daftar Kopi Terbaik di DuniaIlustrasi pohon kopi (unsplash.com/rodrigoflores_photo)

Faktanya lainnya adalah biji kopi ini pertama kali dibawa ke Guatemala pada pertengahan 1700-an. Saat itu, tanaman kopi guatemala dianggap sebagai tanaman hias. Setelah itu, produksi kopi guatemala dimulai pada 1860-an.

5. Ada organisasi khusus kopi guatemala

5 Fakta Unik Kopi Guatemala, Masuk Daftar Kopi Terbaik di DuniaIlustrasi para petani biji kopi (unsplash.com/delightindee)

Para petani kopi di Guatemala mendirikan Asosiacion Nacional del Cafe pada 1960. Organisasi ini bertugas menaungi semua hal yang berkaitan dengan kopi guatemala, mulai dari penelitian, pemasaran, dan dukungan bagi keuangan para petani kopi. 

Itu dia beberapa fakta unik kopi guatemala yang perlu kamu ketahui. Kamu sudah pernah mencoba sebelumnya? Tulis pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [QUIZ] Tebak Gambar Cokelat Hangat di Antara Kopi Berikut!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya