Comscore Tracker

5 Jenis Proses Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami, Terutama Pemula

Kamu paling sering memasak jenis yang mana?

Bagi sebagian orang, memasak merupakan hal yang merepotkan. Terutama bagi seorang pemula. Mungkin kamu juga akan kebingungan dengan berbagai cara memasak.

Pada dasarnya, cara atau proses masak ada dua, yakni memasak kering dan basah. Nah, kali ini IDN Times akan mengulas jenis proses memasak kering.

Dikutip dari Buku Pengetahuan Dasar Kuliner oleh Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia, berikut lima jenis proses memasak kering yang wajib kamu pahami, terutama pemula. Yuk, simak! 

1. Roast and bake

5 Jenis Proses Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami, Terutama PemulaIlustrasi roast and bake (tasteofhome.com)

Roast and bake artinya memasak makanan dengan suhu panas yang biasa dilakukan di dalam oven. Proses memasak roasting ini mengacu pada daging dan ayam.

Sedangkan, baking mengacu dengan membuat kue, roti, pastry, ikan, dan sayuran. Pada proses roasting, masakan gak ditutup, karena kalau ditutup akan berubah menjadi steaming. 

2. Broiling

5 Jenis Proses Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami, Terutama PemulaIlustrasi broiling (pixabay.com/marlonrondal)

Broiling merupakan metode memasak yang cepat dengan suhu sangat panas. Jika ingin menggunakan metode ini, kamu harus sering membalikkan makanan supaya gak gosong di satu sisi. 

3. Grilling

5 Jenis Proses Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami, Terutama PemulaIlustrasi grilling (pixabay.com/gamagapix)

Grilling hampir sama dengan broiling. Dimasak dengan alat panggang terbuka dan menggunakan arang, gas, atau listrik sebagai sumber panas. 

Metode ini memindahkan makanan dari suhu lebih panas ke suhu lebih rendah pada alat pemanggang. Memasak daging dengan proses ini perlu dibolak-balik untuk mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan. 

Baca Juga: 10 Jenis Alat Dapur dan Penggunaannya yang Wajib Kamu Pahami

4. Griddling

5 Jenis Proses Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami, Terutama PemulaIlustrasi gridlling (nocasa.com)

Griddling dilakukan dengan alat pemanggang yang disebut griddle. Bagian permukaannya padat dan memasaknya perlu diolesi minyak supaya gak lengket. 

Suhu panas bisa diatur dibandingkan grill. Selain untuk memanggang daging, pancake juga bisa dimasak di atas griddle. 

5. Pan broiling

5 Jenis Proses Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami, Terutama PemulaIlustrasi pan-broiling (pixabay.com/stocksnap)

Pan broiling dilakukan di atas penggorengan untuk menumis. Hindari menggunakan banyak minyak supaya gak membuat makanan seperti digoreng. 

Itulah beberapa jenis proses memasak kering yang perlu kamu pahami. Metode ini cocok buat kamu yang suka makanan gurih dan bertekstur renyah. 

Baca Juga: 10 Jenis Oven Beserta Penggunaannya, Mana yang Paling Cocok untukmu?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya