Comscore Tracker

Hadirkan Pengalaman Minum Kopi Berkelas, Kenangan Heritage Resmi Buka

Kamu bisa menikmati kopi, teh, hingga dessert yang nikmat

Setelah sukses menghadirkan Rumah Kenangan sebagai kafe dengan konsep dine in pertama, kini Kopi Kenangan Group mengenalkan inovasi brand terbaru, Kenangan Heritage. 

Kenangan Heritage merupakan kafe dengan galeri kopi yang menawarkan pengalaman baru menikmati kopi. Pengunjung bisa menikmati kopi yang berbeda dan berkelas.

Dalam acara Corporate Announcement dan Peresmian Kenangan Heritage, pada 26 November 2021, IDN Times berkesempatan merasakan pengalaman unik sekaligus mengenal berbagai jenis kopi khas Indonesia. 

Selain kopi, Kenangan Heritage juga memiliki beberapa section, seperti teh dan pastry. Lalu, seperti apa inovasi yang ditawarkan Kopi Kenangan Group ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!  

1. Lokasi Kenangan Heritage

Hadirkan Pengalaman Minum Kopi Berkelas, Kenangan Heritage Resmi BukaPeresmian Kenangan Heritage by Kopi Kenangan, Senayan City, Jakarta Pusat (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Kenangan Heritage berlokasi di Senayan City, Jalan Asia Afrika Nomor 19, Gelora, Jakarta Pusat. Outlet ini cukup luas dan berada di sudut yang strategis, yakni dekat lobby Panin Tower. 

2. Konsep outlet dengan nuansa modern

Hadirkan Pengalaman Minum Kopi Berkelas, Kenangan Heritage Resmi BukaSuasana di Kenangan Heritage, Senayan City, Jakarta Pusat (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Outlet Kenangan Heritage bernuansa modern dan terkesan mewah. Didominasi warna mocca dengan sentuhan warna putih.

Tempat ini dibuat untuk dine in, sehingga pengunjung bisa menikmati kopi secara langsung. Suasananya nyaman dan ada beberapa stop kontak, cocok untuk tempat mengerjakan tugas. 

3. Pengalaman menikmati kopi yang berbeda

Hadirkan Pengalaman Minum Kopi Berkelas, Kenangan Heritage Resmi BukaMelihat proses meracik kopi di Kenangan Heritage, Senayan City, Jakarta Pusat (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Salah satu yang membuat Kenangan Heritage menarik dibanding outlet lainnya adalah menawarkan pengalaman menikmati kopi yang berbeda. Menariknya, ada beberapa live kitchen yang menampilkan berbagai jenis kopi dan teh khas Indonesia.

Bahkan, kamu bisa menikmati Patisserie by Cerita Roti, salah satu brand Kopi Kenangan Group. Ada roti keju, cookies kekinian, strawberry cream cheese, dan lainnya. 

CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Group, Edward Tirtanata, mengatakan Kenangan Heritage memiliki ciri khas tersendiri. "Kalau Kenangan Heritage ini lebih spesial dan bervariasi, supaya orang-orang yang sedang bosan menikmati kopi biasa dapat datang ke sini," ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Selain itu, Kenangan Heritage selalu menghadirkan biji kopi yang berkualitas. "Biji kopinya kami ganti sesuai musim panen, sehingga lebih kaya rasa. Selain itu, ada perbedaan harga yang kami berikan ke pelanggan, otomatis lebih mahal," ungkapnya. 

Untuk harga menu kopi dan minuman lainnya mulai dari Rp35 ribu-Rp60 ribuan. Sedangkan, untuk harga roti dan dessert lainnya berkisar Rp20 ribu-Rp40 ribuan. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kedai Es Kopi Susu di Jakarta, Milenial Wajib Coba

4. Terdiri dari tiga section

Hadirkan Pengalaman Minum Kopi Berkelas, Kenangan Heritage Resmi BukaKenangan Heritage, Senayan City, Jakarta Pusat (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Daya tarik lain yang membuat Kenangan Heritage ini spesial adalah terdiri dari tiga section. Section pertama adalah Purist, khusus menyajikan berbagai jenis kopi. Salah satunya adalah biji kopi flores manggarai. Biji kopi ini sering digunakan untuk berbagai kompetisi, lho.

Head of Coffee Kopi Kenangan, Mikael Jasin, menunjukkan proses pengolahan kopi flores manggarai. Ia menyajikan kopi flores dingin dan panas, sekaligus menjelaskan soal rasanya. 

"Kopi flores manggarai panas rasanya cenderung cokelat dan manis buah-buahan, sedangkan kopi flores manggarai dingin rasanya sedikit asam," jelasnya. 

Ia pun menjelaskan biji kopi flores hanya dipanen satu tahun sekali, mulai Mei hingga Agustus. Mikael Jasin membuat kopi flores manggarai dengan teknik V60. Caranya dengan menuangkan air panas di sekitar bubuk kopi dengan gerakan melingkar secara perlahan. 

Section kedua berupa Mixologist yang menyajikan cocktails tanpa alkohol. Ada cocktails dengan kopi maupun non-kopi. Beberapa menu utamanya yakni guatemala patenggang dan van der man. 

Sedangkan, section ketiga adalah Roastery. Di tempat ini, barista menunjukkan proses roasting biji kopi dengan mesin yang canggih. Mesin roasting yang digunakan bernama Ikawa 100 Pro dengan bluetooth. Mesin ini hanya ada di outlet Kenangan Heritage, lho.

Proses pertama memasukkan 100 gram biji kopi, kemudian diproses melalui dengan suhu 203 derajat Celsius selama enam menit. Uniknya, kopi bisa dibuat berdasarkan permintaan pengunjung.

Pada tahap terakhir, ada proses cooling down selama kurang lebih empat menit, sehingga menghasilkan aroma yang sempurna tanpa menimbulkan smokey. 

Selain itu, Kenangan Heritage juga menyajikan 26 jenis teh khas Indonesia. Semua daun teh dipanen dari kebun teh yang berada di Bandung, Jawa Barat. Daun teh yang diambil adalah bagian pucuk, karena dinilai paling bagus. 

5. Menu unik di Kenangan Heritage

Hadirkan Pengalaman Minum Kopi Berkelas, Kenangan Heritage Resmi BukaMenu guatemala patenggang di Kenangan Heritage, Senayan City, Jakarta Pusat (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Ada salah satu menu unik yang menarik perhatian banyak pengunjung, guatemala patenggang namanya. Guatemala patenggang ini terbuat dari kopi flores manggarai, sirup stroberi, krim stroberi yang terbuat dari susu gandum, dan disajikan dengan es batu.

Saat pertama menikmati minuman ini, rasa pertama yang keluar adalah stroberi yang asam dan segar. Setelah itu, rasa kopi flores yang cenderung manis, membuat guatemala patenggang menjadi unik. Pencinta kopi pasti suka dengan minuman spesial ini. 

Itulah ulasan mengenai Kenangan Heritage yang menawarkan pengalaman berbeda menikmati kopi. Pencinta kopi wajib merapat, nih!

Baca Juga: 8 Macam Minuman Kopi Khas Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya