Comscore Tracker

5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar 50 Sup Terenak di Dunia

Jangan ngaku orang Indonesia kalau belum cobain semuanya

Soal rasa, kuliner Indonesia memang juara. Penggunaan rempah menjadi salah satu faktor kuliner Indonesia disukai banyak orang, bahkan dari berbagai belahan dunia. 

Taste Atlas, situs kuliner dan wisata asal Kroasia, baru-baru ini merilis daftar makanan terenak di dunia. Salah satu kategorinya 50 Sup Terenak di Dunia yang dirilis pada Agustus 2022. 

Dari puluhan daftar tersebut, ada beberapa sajian sup terenak khas Indonesia. Hal tersebut merangkum dari penilaian para pembaca.

Berikut lima kuliner Indonesia yang masuk ke dalam daftar 50 Sup Terenak di Dunia. Jangan ngaku orang Indonesia kalau kamu belum pernah mencicipinya sebelumnya, deh! 

1. Gulai

5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar 50 Sup Terenak di DuniaIlustrasi gulai (instagram.com/rozilahaziz)\

Gulai khas Sumatra ini berada di peringkat 18. Digambarkan sebagai sup kental dengan rasa pedas khas Indonesia. Biasanya terbuat dari daging atau sayuran, serta dilengkapi dengan nasi atau lontong. 

2. Rawon

5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar 50 Sup Terenak di DuniaIlustrasi rawon (instagram.com/nugrahantodewi)

Rawon khas Surabaya berada di peringkat 20. Identik dengan kuah berwarna hitam karena terbuat dari kluwek. Menariknya, kluwek disebut sebagai rempah eksotis yang harus selalu difermentasi, karena kalau dikonsumsi mentah akan beracun. 

3. Laksa

5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar 50 Sup Terenak di DuniaIlustrasi laksa khas Tangerang (instagram.com/leonardus_gunawan)

Kemudian, ada laksa yang berada di peringkat 32. Meski ada laksa di Singapura dan Malaysia, tetapi memiliki ciri khas yang berbeda.

Di Indonesia sendiri, ada mi laksa khas Tangerang yang terbuat dari tepung beras putih dan dilengkapi kuah kuning kental, parutan kelapa sangrai, serta kacang hijau. Biasanya dilengkapi opor ayam dan tahu. 

Baca Juga: [QUIZ] Dari Makanan Indonesia Favoritmu, Kami Bisa Tahu Karaktermu!

4. Soto

5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar 50 Sup Terenak di DuniaIlustrasi soto lamongan (instagram.com/sotolamongan_cakali)

Soto menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terpopuler di dunia. Sajian sup yang identik dengan rasa gurih ini menempati peringkat 34. Ada berbagai jenis soto, seperti soto betawi, soto lamongan, soto medan, soto babat, soto padang, dan lain-lain. 

5. Mi kocok

5 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar 50 Sup Terenak di DuniaIlustrasi mi kocok (instagram.com/inafooddocs)

Terakhir, ada mi kocok khas Bandung yang berada di peringkat 45. Mi kocok ini identik dengan mi kuning tipis, dilengkapi dengan kikil, daging, taoge, daun bawang, dan bawang goreng. 

Itulah beberapa kuliner Indonesia yang masuk dalam daftar 50 Sup Terenak di Dunia 2022. Dari lima makanan di atas, kamu paling suka yang mana, nih? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Indonesia yang Masuk Daftar Makanan Terbaik di Dunia

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya