Comscore Tracker

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurna

Rasanya gak kalah enak dibanding kafe favoritmu

Buat kamu pencinta makanan manis, mungkin pancake sudah menjadi salah satu makanan favoritmu. Jika kamu pernah merasa gagal saat masak pancake, mungkin ada beberapa hal yang belum kamu ketahui atau terlewatkan.

Membuat pancake memang terlihat mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan. Berikut tujuh rahasia membuat pancake yang lembut dan enak.

1. Jangan terlalu banyak mencampurkan adonan

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurnafifteenspatulas.com

Mencampurkan adonan yang berlebihan adalah salah satu kesalahan terbesar dalam membuat pancake. Sebab, rasanya akan didominasi rasa tepung. Sebaiknya buat adonan menjadi ukuran kecil, kemudian adonan siap untuk dituang ke atas teflon.

2. Dinginkan bahan-bahan

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurnatoday.com

Ternyata mendinginkan bahan-bahan sebelum membuat pancake itu bisa membuat rasanya lebih enak, lho. Simpan bahan-bahan di dalam kulkas.

Pasalnya, bahan-bahan yang disimpan di dalam suhu ruangan dapat memanaskan gluten dalam tepung. Hal ini memicu rekasi kimia yang bisa membuat pancake jadi lebih cepat kenyal.

3. Kurangi kandungan minyak pada pancake

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurnabutteryum.org

Biasanya pancake dibuat dengan mengoleskan mentega kuning atau minyak pada teflon. Bahan ini sebaiknya dihindari, karena akan menimbulkan pancake yang berselaput dan warnanya kurang merata. Jika kamu ingin membuat pancake yang gak lengket dan mudah dibalik, sebaiknya gunakan mentega putih.

4. Pastikan teflon panas sebelum menuangkan adonan

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurnaleaf.tv

Kalau biasanya kita sering mendengar saran harus memanaskan minyak terlebih dahulu sebelum menggoreng, sama halnya dalam membuat pancake. Pastikan teflon sudah panas sebelum menuangkan pancake, supaya bisa matang lebih merata.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Pie Susu Teflon Antigagal, Pemula pun Bisa Bikin

5. Tanda pancake sudah siap dibalik

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurnavideoblocks.com

Biasanya ketika adonan pancake bergelembung, kita akan siap-siap membaliknya. Padahal itu bukan satu-satunya patokan bahwa pancake sudah siap dibalik.

Jika pinggiran pancake sudah mulai membentuk dan bergelembung, maka pancake sudah bisa dibalik. Nah, hasilnya bakal jadi sangat bagus.

6. Pertimbangkan campuran yang akan digunakan

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurnaiheartnaptime.net

Jika kamu ingin membuat pancake lebih beraroma dan lebih manis, pertimbangkan dulu kelembaban bahan yang akan kamu tambahkan ke dalam adonan.

Misalnya kamu ingin menambahkan pisang dan cokelat. Sebaiknya dihindari karena akan membuat pancake basah dan membuatnya lebih sulit untuk dibalik.

7. Jangan menghangatkan pancake

7 Rahasia Masak Pancake, Hasilnya Lembut dan Rasanya Sempurnatoasterovenlove.com

Sebaiknya makan pancake langsung tanpa disimpan dan dihangatkan kembali. Pasalnya, menghangatkan pancake bisa membuat teksturnya lebih keras. 

Nah, itulah tujuh rahasia membuat pancake supaya mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Semoga bisa membantu proses memasakmu ya!

Baca Juga: 9 Bahan Rahasia Ini Bisa Bikin Kreasi Waffle Jadi Lebih Enak Lho!

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya