Comscore Tracker

Review Kuliner Serba Hitam yang Eksotis ala Gaaram dan Goola

Kuliner dengan rasa charcoal yang bikin penasaran

Gaaram X Goola resmi berkolaborasi untuk menciptakan inovasi kuliner dengan cita rasa khas Nusantara yang bisa dinikmati semua kalangan. 

Dengan Goola, Gibran Rakabuming bekerja sama dengan Kevin Susanto dan Benz Budiman untuk mentrasnformasikan minuman dengan cita rasa tradisional khas Indonesia dalam kemasan yang kekinian. 

Sedangkan Gaaram yang digagas Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo, dan Randy Kartadinata menciptakan olahan resep ayam goreng khas Nusantara. Seperti apa inovasinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Lokasi Gaaram cabang Serpong, Tangerang Selatan

Review Kuliner Serba Hitam yang Eksotis ala Gaaram dan GoolaOutlet Gaaram di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Outlet Gaaram ketiga ini berlokasi di Summarecon Mall Serpong Lantai 2, Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Tangerang Selatan. Gerainya tak begitu besar, karena mengusung konsep grab and go yang cepat dan praktis.

2. Rekomendasi menu dengan rasa yang unik

Review Kuliner Serba Hitam yang Eksotis ala Gaaram dan GoolaRagam Menu Rekomendasi di Gaaram, Tangerang Selatan. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Kolaborasi Gaaram dan Goola ini memiliki beberapa menu rekomendasi. Ada tiga menu rekomendasi Gaaram, yakni nasi jeruk ayam batu bara dan kulit, nasi jeruk ayam crispy dan kulit, serta nasi campur ala Gaaram.

Sedangkan, menu rekomendasi Goola terdiri dari Kopi Batubara dan Charcoal Frootea. Terdapat beberapa jenis saus yang bisa kamu pilih sesuai selera. Di antaranya saus korea, saus BBQ, dan saus sweet thai. Untuk sambalnya, kamu bisa memilih sambal ijo dan terasi.

3. Nasi jeruk ayam batu bara dan kulit dari Gaaram

Review Kuliner Serba Hitam yang Eksotis ala Gaaram dan GoolaMenu Nasi Jeruk Ayam Batu Bara di Gaaram, Tangerang Selatan. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Kali ini penulis mencicipi langsung nasi jeruk ayam batu bara dan kulit. Terdiri dari nasi yang dilengkapi irisan daun jeruk, ayam tepung charcoal, kulit ayam, dan taburan daun bawang.

Yang paling menarik dari menu ini adalah ayamnya. Rasanya hitam pekat yang terasa gurih. Tekstur ayamnya lembut. Kulit ayamnya digoreng kering, gak berminyak. Jadi terasa gurih dan renyah.

Chef Arnold membeberkan alasannya membuat menu dengan bahan charcoal. "Semua orang suka ayam goreng. Jadi untuk membedakannya dibuat dengan bahan charcoal, kita buat hitam seperti gosong supaya eye catching," katanya. Menurut Arnold, charcoal juga punya manfaat positif untuk kesehatan tubuh. 

Sedangkan untuk nasi jeruknya, aromanya cukup harum. Teksturnya lembut dan irisan daun jeruknya pun banyak. Porsi nasi dalam menu ini juga banyak, dijamin bikin kenyang, deh. Harganya Rp33 ribuan.

Baca Juga: Review Bu Eva Spesial Sambal, Ada 30 Sambal Unik Khas Nusantara

4. Charcoal Frooeta dari Goola

Review Kuliner Serba Hitam yang Eksotis ala Gaaram dan GoolaMenu Charcoal Frootea dari Goola, Tangerang Selatan. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Salah satu varian frootea sekaligus menu rekomendasi Goola ini juga harus kamu coba. Charcoal frootea terdiri dari teh lemon, charcoal bubuk, dan aloe vera.

Rasanya cenderung asam dan terasa segar di tenggorokan. Saat diminum, potongan aloe veranya menciptakan sensasi tersendiri, lembut dan segar. Harganya Rp20 ribuan.

5. Kopi Batubara dari Goola

Review Kuliner Serba Hitam yang Eksotis ala Gaaram dan GoolaKopi Batubara dari Goola, Tangerang Selatan. IDN Times.com

Gak cuma teh, Goola juga memiliki menu kopi kekinian. Salah satu rekomendasinya adalah Kopi Batubara.

Terbuat dari campuran espresso, bubuk charcoal, susu, dan coconut foam, rasanya cenderung manis. Teksturnya pun creamy

Selain warna hitam karena bubuk charcoal, yang membuat minuman ini unik adalah penggunaan coconut foam. Penggunaan coconut foam dinilai lebih cocok di lidah orang Indonesia. Selain itu, hal ini menjadi pembeda dibanding minuman kekinian lainnya yang menggunakan cheese cream atau cheese foam.

Dilengkapi topping hot sugar yang dibakar. Jadi saat diminum ada sensasi yang berbeda seperti menelan butiran "batu bara." Harganya Rp30 ribuan.

6. Menu berwarna hitam dinilai lebih eye cathing dan menyehatkan

Review Kuliner Serba Hitam yang Eksotis ala Gaaram dan GoolaGrand Launching Gaaram X Goola di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Salah satu pendiri Goola, Kevin Susanto, menyatakan alasannya membuat menu teh daripada kopi yang kekinian. "Dari sisi menu, kita bikin inovasi ke minuman teh, karena Indonesia itu penghasil teh ke-7 di dunia. Kenapa gak kita gabungkan dengan charcoal, bahan ini bagus untuk detoks tubuh," katanya.

Itulah review kuliner serba hitam ala Gaaram dan Goola yang bisa jadi rekomendasi kulineranmu selanjutnya. Siapkan perut kosong ya!

Baca Juga: Review Kopi Gober yang Menonjolkan Cita Rasa Lokal, Kebayang Rasanya?

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya