Comscore Tracker

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang Unik

Referensi tempat nongkrong bareng komunitasmu

Starbucks resmi membuka gerai Community Store pertama di Indonesia. Lokasinya berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kali ini, Starbucks menggandeng dua Lembaga Swadaya Masyarakat setempat, yaitu Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children. Tujuannya menciptakan lebih banyak kesempatan dalam memperoleh edukasi bagi anak-anak di kawasan Tanah Abang. 

Direktur PT Sari Coffee Indonesia, Anthony Cottan, menjelaskan pembukaan gerai ini diharapkan bisa memajukan sektor publik dan meningkatkan inisiatif pembangunan, sejalan dengan prioritas pemerintah Indonesia.

Bahkan, gerai Community Store ini melibatkan beberapa warga Tanah Abang untuk ikut berkontribusi, mulai dari mengajak seniman setempat untuk membuat lukisan di dinding gerai, hingga menciptakan ide menu dengan cita rasa Betawi yang unik. 

Penasaran menu-menu eksklusif Starbucks Community Store ini? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Menjadi Starbucks Community Store pertama di Indonesia

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang UnikStarbucks Community Store Pertama di Indonesia, Jakarta. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Lokasinya di kawasan strategis, tepatnya di Jalan KH. Fachrudin Nomor 36, Ruko Blok B nomor 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Gerai ini buka dari pukul 07.00 pagi sampai 20.00 malam. 

2. Keistimewaan Starbucks Community Store

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang UnikSalah satu area di dalam Starbucks Community Store, Jakarta. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Ada yang menarik dan berbeda dari gerai Community Store ini. Gerai yang ini dilengkapi dengan beberapa mural yang mencerminkan Tanah Abang zaman dahulu.

Terdiri dari empat lantai. Pertama adalah lobi yang dihiasi dengan pesan-pesan dalam bentuk ilustrasi. Sedangkan, lantai dua berupa bar area tempat pemesanan.

Selanjutnya, lantai ketiga berupa area untuk customer, dan empat adalah ruang khusus komunitas.

3. Menghadirkan beberapa menu dengan cita rasa Betawi

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang UnikMenu-menu dengan cita rasa Betawi di Starbucks Community Store, Jakarta. IDN Times/Dhiya Awlia.A

"Makanan ini cuma ada di store Tanah Abang saja, kami pilih karena makanan ini cocok sama lidah orang Indonesia. Bahkan ke depannya mungkin akan ada makanan baru seperti gorengan, step by step," kata Direktur PT Sari Coffee Indonesia, Anthony Cottan. 

Senior Manager Food Starbucks Indonesia, I Made Fahmi Widarte, menjelaskan bahwa menu-menu tersebut terinspirasi dari warga Tanah Abang. Perpaduan antara kearifan lokal dan style khas Starbucks berpadu dengan unik.

4. Betawi Latte

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang UnikBetawi Latte di Starbucks Community Store, Jakarta. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Cita rasanya terinspirasi dari bir pletok  yang dicampur coffee latte. Kopinya terdiri dari house blend Starbucks.

betawi latte ini mengandung jahe, secang, cengkih, pala, lemon grass, dan gula. Sehingga, menghasilkan karakteristik kopi yang spicy.

Tersedia betawi latte panas dan dingin. Kalau untuk betawi latte dingin, langsung terasa spicy saat pertama kali diminum dan teksturnya cair.

Sedangkan, betawi latte panas bertekstur lebih kental dan creamy, sehingga gak terlalu berasa spicy. Kopi ini dipatok dengan harga Rp29 ribu per cup. 

Baca Juga: 10 Kesalahan Ini Bikin Rasa Es Kopi Jadi Kurang Enak, Sayang Banget!

5. Gambang cake

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang UnikGambang Cake di Starbucks Community Store, Jakarta. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Gambang cake di gerai ini memiliki taburan biji wijen di bagian atasnya. Teksturnya lembut seperti bolu. Jadi gak seperti gambang cake pada umumnya yang cenderung agak keras.

Kue yang satu ini didominasi dengan aroma kayu manis. Gambang cake khas Starbucks dipatok dengan harga Rp25 ribu. 

6. Sarang semut cheesecake

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang UnikSarang Semut Cheseecake di Starbucks Community Store, Jakarta. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Kue ini terinspirasi dari bolu karamel dengan lapisan krim keju di atasnya. Bagian paling atasnya adalah gula pasir yang dibakar seperti cream brulle.

Perpaduan yang pas antara kue sarang semut di lapisan bawah dan cheesecake di atasnya. Rasanya cukup nikmat. Teksturnya lembut dan bagian atasnya terasa creamy. Harganya Rp30 ribuan.

7. Selendang mayang pudding

Starbucks Community Store Luncurkan Menu Cita Rasa Betawi yang UnikSelendang Mayang Pudding di Starbucks Community Store, Jakarta. IDN Times/Dhiya Awlia.A

Puding warna-warni ini bertekstur lembut dengan aroma kelapa dan gula merah. Terdiri dari tiga lapis warna, yakni pink, hijau, dan putih.

Lapisan warna pink adalah rasa stroberi, hijau rasa pandan, dan putih rasa original. Rasa puding ini cenderung manis dan terasa santannya. 

Nah, itulah gambaran dan ulasan Starbucks Community Store yang bisa jadi referensi tempat nongkrong bareng teman. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Minuman Paling Laris di Starbucks, Sudah Pernah Coba yang Mana?

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya