Comscore Tracker

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basi

Supaya gak terbuang begitu saja, sayang kan ~

Saat Lebaran, makanan bersantan seperti opor ayam, rendang, dan gulai kerap disajikan dalam jumlah banyak. Makanan-makanan tersebut biasanya gak habis dalam satu hari. Oleh karena itu, harus disimpan dalam cara yang benar, supaya gak terbuang sia-sia. 

Bagaimana cara menyimpan makanan bersantan supaya gak cepat basi? Simak caranya berikut ini!

1. Panaskan kembali

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basiindiatimes.com

Jika ada makanan bersantan yang tersisa, sebaiknya panaskan kembali. Ini dilakukan untuk mencegah timbulnya jamur yang menyebabkan makanan bersantan menjadi basi.

Panaskan hingga benar-benar mendidih, kemudian biarkan beberapa saat. Setelah itu, simpan di tempat yang kering hingga esok hari. 

2. Hindari mengaduk makanan bersantan setelah dipanaskan

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basilovefood.com

Setelah dipanaskan, jangan mengaduk makanan tersebut supaya protein lemak di dalamnya gak terkontaminasi udara. Jika makanan bersantan diaduk setelah dipanaskan, maka akan cepat basi.

Pastikan pula gak menutup panci jika makanan masih panas. Kalau terlanjur diaduk, panaskan kembali hingga mendidih sebelum disimpan dalam wadah. 

3. Simpan di suhu ruangan

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basitasteofhome.com

Jika kulkas penuh, sebaiknya simpan makanan bersantan di suhu ruangan. Setelah dipanaskan, buka tutup panci supaya uap keluar.

Selanjutnya, diamkan hingga dingin, lalu tutup panci kembali dan simpan di tempat yang kering. Cara ini bisa membuat makanan bersantan tahan lama hingga satu hari kemudian.

4. Pisahkan kuah dan lauk

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basibbcgoodfood.com

Jika kamu ingin menyimpannya di dalam freezer, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu kuah santan dan lauk dalam wadah yang berbeda.

Cara ini akan membuat tekstur lauk gak rusak selama dibekukan. Simpan di dalam wadah kedap udara supaya gak terkontaminasi dengan aroma makanan lain. 

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Netralkan Kolesterol Usai Lebaran, Enak Kok!

5. Simpan di dalam freezer

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basibetterhealth.vic.gov.au

Makanan bersantan yang disimpan dalam freezer bisa awet selama berhari-hari. Sebab, suhu dingin pada freezer akan mencegah timbulnya jamur dan bakteri, sehingga makanan bersantan akan tetap awet.

Caranya, simpan di dalam wadah kedap udara atau plastik tebal, kemudian masukkan ke dalam freezer. Makanan bersantan yang disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga sepekan. Namun, sebaiknya jangan disimpan lebih dari sepekan supaya rasanya gak berubah. 

6. Simpan di dalam kulkas

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basifoodsafety.asn.au

Selain freezer, kamu juga bisa menyimpannya di dalam kulkas. Saat makanan bersantan tersisa, sebaiknya simpan di dalam wadah yang dilapisi dengan plastic wrap supaya kedap udara. 

7. Labeli wadahnya

7 Tips dan Cara Menyimpan Makanan Bersantan, biar Gak Gampang Basithedailymeal.com

Supaya aman, sebaiknya tempelkan label tanggal penyimpanan pada wadah makanan tersebut. Dengan cara ini, kamu gak akan lupa sudah berapa lama makanan tersebut disimpan. Sehingga, kamu bisa tahu apakah makanan tersebut sudah kedaluwarsa atau belum.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan makanan bersantan supaya lebih awet. Semoga makanan jadi lebih awet dan gak terbuang sia-sia ya.

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Ide Resep Masakan non-Santan untuk Lebaran, Tetap Nikmat dan Endul!

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya