Comscore Tracker

5 Tips Memasak Nasi untuk Diet, Lebih Enak dan Menyehatkan Tubuh

Kalorinya jadi turun drastis

Meski menjadi makanan pokok orang Indonesia, sebagian orang menghindari nasi, khususnya nasi putih. Apalagi bagi yang sedang diet, karena nasi putih menganduk gula dan kalori yang tinggi.

Salah satu tujuan menghindari nasi adalah untuk menurunkan berat badan. Namun, jika makan tanpa nasi rasanya belum lengkap, ya?

Nah, kamu tetap bisa makan nasi yang enak dan sehat dengan mengubah cara masaknya. Berikut beberapa tips memasak nasi untuk diet yang bisa kamu lakukan.

1. Cuci beras hingga bersih

5 Tips Memasak Nasi untuk Diet, Lebih Enak dan Menyehatkan TubuhIlustrasi beras (pixabay.com/itkannan4u)

Langkah pertama, cuci beras hingga bersih. Gunakan air mengalir, buang kotoran atau gabah yang mengambang. Cuci hingga dua kali, lalu bilas.  

2. Dimasak secara tradisional

5 Tips Memasak Nasi untuk Diet, Lebih Enak dan Menyehatkan TubuhIlustrasi memasak nasi di panci (instagram.com/rusimarleni)

Supaya lebih sehat, sebaiknya masak nasi dengan cara tradisional. Kamu bisa mengukus nasi dengan kompor. Cara ini bisa menghilangkan minyak nabati lemak tinggi di dalam nasi.

3. Gunakan air mendidih

5 Tips Memasak Nasi untuk Diet, Lebih Enak dan Menyehatkan TubuhIlustrasi air mendidih (pixabay.com/music4life)

Selanjutnya, kukus nasi dengan air mendidih selama 40 menit. Cara ini akan membuat nasi menjadi lebih cepat matang tanpa mengurangi kandungan gizinya. 

Baca Juga: 10 Makanan Pengganti Nasi saat Diet, Tubuh Tetap Bugar dan Berenergi

4. Beri minyak kelapa

5 Tips Memasak Nasi untuk Diet, Lebih Enak dan Menyehatkan TubuhIlustrasi minyak kelapa (pixabay.com/moho01)

Salah satu rahasia membuat nasi menjadi lebih sehat adalah menggunakan minyak kelapa. Sebab, minyak kelapa akan menyerap ke dalam bulir beras dan mengubah strukturnya. Alhasil, kalori yang diserap tubuh menjadi lebih sedikit. 

5. Simpan di dalam kulkas

5 Tips Memasak Nasi untuk Diet, Lebih Enak dan Menyehatkan TubuhIlustrasi nasi (pixabay.com/mikuratv)

Saat nasi sudah matang, simpan di dalam kulkas selama 12 jam. Cara ini akan membuat karbohidrat gak bisa dicerna di dalam nasi hingga 10 kali. Selain itu, kalori dalam nasi juga akan menurun hingga 60 persen.

Itulah beberapa tips memasak nasi untuk diet. Meski membutuhkan usaha lebih dibanding memasak nasi biasa, tetapi cara ini akan membuat nasi menjadi lebih sehat. Sehingga dietmu bisa berhasil. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Jenis Diet Paling Populer dan Diminati, Pernah Coba yang Mana?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya