Comscore Tracker

6 Tips Membuat Kue Cucur yang Tepat, Mengembang dan Berserat

Rasanya pun legit sempurna

Kue tradisional yang satu ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana. Namun, cara membuat kue cucur gak bisa sembarang, lho.

Kue cucur yang menarik dan bagus akan membentuk seperti topi, serta berserat di bagian dalamnya. Nah, buat kamu yang gak mau gagal dalam membuat kue ini, simak beberapa tips membuat kue cucur berikut. 

1. Buat adonan dengan cara yang benar

6 Tips Membuat Kue Cucur yang Tepat, Mengembang dan Berseratwashingtonpost.com

Untuk membuat kue cucur yang sempurna, kamu harus memerhatikan cara membuat adonannya. Jika pakai mixer, cukup kocok selama lima menit.

Jika menggunakan whisker atau spatula, cukup aduk selama 10 menit. Pastikan adonan menjadi benar-benar halus. 

Adonan juga harus diuleni dan dipukul-pukul. Proses ini akan membuat adonan kue cucur menjadi maksimal. Sambil dipukul-pukul, naik turunkan adonan berulang-ulang.

Cara ini harus dilakukan secara terus-menerus supaya udara yang masuk gak langsung keluar lagi. Kue cucur akan bisa berserat dan terbentuk. 

2. Diamkan adonan

6 Tips Membuat Kue Cucur yang Tepat, Mengembang dan Berserateatathomecooks.com

Setelah adonan selesai dibuat, diamkan sekitar 30 menit hingga satu jam supaya adonan bisa berserat saat digoreng. Setelah didiamkan, adonan akan memiliki tekstur yang berserat dan kental saat diaduk.

3. Gunakan wajan yang cekung

6 Tips Membuat Kue Cucur yang Tepat, Mengembang dan Berseratinstagram.com/gerabahmurah_bogor

Gunakan wajan yang cekung dan tebal seperti wajan untuk membuat serabi. Ini akan membuat kue cucur memiliki bentuk yang sempurna. Wajan jenis ini juga bisa meminimalisir gosong dan membuat pinggirannya menjadi kering. 

Baca Juga: 7 Tips Membuat Kulit Pastel yang Renyah dan Gak Mudah Robek 

4. Perhatikan takaran minyak

6 Tips Membuat Kue Cucur yang Tepat, Mengembang dan Berseratuniversityofcalifornia.edu

Kue cucur harus digoreng dengan takaran minyak yang tepat. Gunakan takaran minyak yang gak terlalu sedikit atau terlalu banyak. 

Sebaiknya cukup gunakan minyak sebanyak 3-4 sendok makan untuk menggoreng satu buah kue cucur. Pastikan adonan kue gak terendam minyak. Goreng satu persatu, jangan berbarengan.

5. Pastikan minyak sudah panas

6 Tips Membuat Kue Cucur yang Tepat, Mengembang dan Berseratfood52.com

Seperti menggoreng makanan pada umumnya, minyak yang digunakan untuk menggoreng kue cucur pun harus panas. Hal ini akan membuat kue berserat dan memiliki bentuk seperti topi di bagian tengahnya.

Kamu juga bisa mengetahui minyak panas atau tidak dengan mencelupkan sedikit adonan atau sumpit kayu. Perhatikan jika adonan langsung mekar atau minyak terlihat bergelembung, maka minyak sudah bisa digunakan untuk menggoreng. 

6. Tusuk dan siram bagian tengah kue dengan minyak

6 Tips Membuat Kue Cucur yang Tepat, Mengembang dan Berseratyoutube.com/mamaadeeva

Saat menggoreng, sirami bagian tengah kue cucur dengan minyak supaya mengembang dan bersarang. Goyang-goyangkan sedikit kue cucur, tetapi jangan sering dibolak-balik. 

Selain itu, tusuk bagian tengah untuk membuat sedikit lubang pada kue cucur. Sehingga bisa mengalirkan minyak panas supaya tekstur di bagian dalamnya matang merata.

Itulah beberapa tips membuat kue cucur supaya mengembang dan berserat. Setelah kue cucur matang, sebaiknya tiriskan terlebih dulu dengan tisu dapur.

Ternyata gak terlalu sulit, kan?

Baca Juga: 10 Tips Membuat Tempe Mendoan, Camilan Renyah Goyang Lidah

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya