Comscore Tracker

5 Tips Membuat Nastar yang Enak dan Nikmat, Gak Gampang Retak 

Suhu pemanggangan juga harus diperhatikan ya

Nastar merupakan salah satu kue kering yang wajib ada saat hari raya, baik Lebaran maupun Natal. Kue berbentuk bulat mini ini terasa renyah di luar dan lembut di dalam.

Selain membeli di toko, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Sebelum membuat nastar, simak dahulu beberapa tips berikut ini. 

1. Perhatikan cara mengolah adonan yang benar

5 Tips Membuat Nastar yang Enak dan Nikmat, Gak Gampang Retak youtube.com/crcook

Supaya nastar gak mudah retak, kamu harus memperhatikan adonan dasarnya. Gunakan gula halus yang sudah diayak, kemudian campur dengan margarin.

Jangan mengocok adonan terlalu lama. Setelah itu, aduk dengan spatula secara perlahan. Hindari mengaduk dengan tangan, karena bisa membuat adonan jadi lebih mudah retak. 

2. Gunakan selai yang tepat

5 Tips Membuat Nastar yang Enak dan Nikmat, Gak Gampang Retak youtube.com/chalistaakitchen

Salah satu penyebab nastar mudah retak adalah karena selai nanas. Jadi, sebaiknya kamu membuat selai nanas sendiri. Pasalnya, selai nanas kemasan cenderung cair dan rasanya kurang manis.

Jika membuat selai nanas sendiri, kamu bisa menentukan konsistensi yang tepat dibanding beli instan. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai selera dan kebutuhanmu, deh.

3. Isi selai secukupnya

5 Tips Membuat Nastar yang Enak dan Nikmat, Gak Gampang Retak youtube.com/chalistaakitchen

Setelah menyiapkan selai, gunakan secukupnya saja. Pastikan pula selai sudah tertutupi adonan yang cukup, supaya gak mudah keluar saat dipanggang. Hal ini membuat nastar jadi gak mudah retak. 

Baca Juga: Resep Nastar Selai Nanas Tanpa Oven: Rasanya Lumer, Enak, dan Praktis 

4. Gunakan mentega dan margarin

5 Tips Membuat Nastar yang Enak dan Nikmat, Gak Gampang Retak youtube.com/crcook

Mentega dan margarin berperan penting pada tekstur dan rasa nastar. Jadi pilihlah mentega yang berkualitas. Selain itu, campur margarin dengan perbandingan 1:2. Cara ini akan membuat tekstur nastar jadi renyah dan lembut di dalam. 

5. Panggang dengan suhu yang pas

5 Tips Membuat Nastar yang Enak dan Nikmat, Gak Gampang Retak youtube.com/crcook

Saat memanggang nastar, gunakan suhu yang tepat. Jika suhu terlalu rendah, maka akan susah matang.

Namun, jika terlalu tinggi, nastar akan jadi mudah retak, bahkan gosong. Sebaiknya panggang dengan suhu sekitar 160-175 derajat Celsius selama 20 menit.

Itulah beberap tips membuat nastar yang enak dan nikmat. Dijamin nastar buatanmu renyah banget, tapi tetap lembut di dalam. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Nastar Nanas untuk Perayaan Natal, Manis dan Gurihnya Nikmat

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya