Comscore Tracker

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusak

Jangan lupa cabut kabelnya dulu, ya

Kalau kamu suka membuat kue, tentunya punya alat yang satu ini. Mixer sangat membantu untuk proses mengolah kue. Namun, alat ini cukup sulit dibersihkan dan bisa mudah rusak jika gak dirawat.

Kalau kita membersihkannya asal-asalan, ada saja sisa bahan yang menempel, mengering, hingga meninggalkan bau tak sedap. Hal ini akan membuat mixer jadi cepat rusak. 

Nah, buat kamu yang sering menggunakan mixer, berikut beberapa tips merawat mixer supaya lebih awet dan gak gampang rusak.

1. Cabut kabel listrik

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusakthekitchn.com

Sebelum dibersihkan, kamu harus mencabut kabelnya terlebih dahulu. Pastikan tanganmu dalam keadaan kering supaya gak tersetrum. Sebab, air bisa menghantarkan listrik ke tanganmu. Jadi, harus selau berhati-hati ya. 

2. Lepas bagian mixer

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusakthekitchn.com

Setelah selesai digunakan, sebaiknya lepas bagian mixer supaya lebih mudah dibersihkan. Pisahkan pengocok, mangkuk, hingga leher mixer. Kemudian bawa ke tempat cuci piring. 

3. Rendam dengan sabun dan air panas

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusakthekitchn.com

Supaya sisa bahan yang menempel bisa cepat rontok, sebaiknya rendam dengan sabun dan air hangat. Tambahkan pula air jeruk nipis, lalu tunggu sekitar tiga menit hingga kotoran naik. Setelah itu, gosok dengan spons lembut, lalu keringkan dengan kain kering. 

4. Bersihkan dengan sikat gigi dan kain lembap

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusakthekitchn.com

Jika ada sisa kotoran yang masih mengeras, gunakan sikat gigi untuk menghilangkannya. Bersihkan bagian sela-sela mixer yang sulit dijangkau.

Kamu juga bisa menggunakan kain lembab untuk menghilangkan bagian permukaan mixer, seperti tombol, bagian luar mangkuk, dan lainnya. Hindari mengelap bagian mesin mixer supaya gak terkena tetesan air. 

Baca Juga: 5 Cara dan Tips Membersihkan Tempat Makan Tupperware, biar Lebih Awet

5. Jangan terlalu lama menggunakan mixer

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusakthereviewgurus.com

Sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan mixer saat mengolah adonan. Jika membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan adonan yang maksimal, beri jeda beberapa menit.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari mesin penggerak mixer gak mengalami panas berlebihan. Jika perlu, beri jeda waktu selama 15 menit untuk memulihkan tenaga mixer. 

6. Gunakan minyak pelumas

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusakmachinerylubrication.com

Mixer juga membutuhkan minyak pelumas yang berguna untuk melancarkan gerakan mesinnya. Bukalah penjepit roda gigi mixer, lalu bersihkan dan lumasi dengan pelumas secara berkala, minimal satu tahun sekali. 

7. Simpan di tempat yang aman

7 Tips Merawat Mixer supaya Lebih Awet dan Gak Gampang Rusakhouzz.com

Alat elektronik seperti mixer biasanya rentan terhadap suhu dan keadaan lingkungan. Maka dari itu, simpanlah mixer di tempat yang kering.

Simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak supaya gak mudah disentuh dan jatuh. Pastikan juga terhindar dari serangga atau tikus yang bisa membuat mixer rusak.

Itulah beberapa tips merawat mixer dengan benar. Mixer kamu jadi lebih awet dan gak gampang rusak, deh. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di rumah ya. 

Baca Juga: 10 Tips Membersihkan Kompor Gas yang Berkerak, Jadi Kinclong Banget!

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya