Comscore Tracker

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negara

Beda negara, telur dadar beda juga sebutannya...

Siapa yang doyan banget makan telur dadar? Olahan telur yang satu ini memang gampang sekali pembuatannya. Cukup dengan memecahkan satu atau lebih butir telur, dibubuhi garam atau penyedap rasa, kemudian dikocok sampai tercampur merata. Tinggal digoreng, deh!

Telur dadar bisa juga diberi tambahan potongan daun bawang dan bawang merah agar lebih harum. Ditambah potongan cabai atau cabai bubuk saja untuk mendapatkan cita rasa pedas. Dan bisa juga ditambah topping lain seperti potongan sosis, kornet, daging cincang, dan sebagainya sesuai selera, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih lezat. Hmm... jadi lapar, ya?

Nah, tahukah kamu bahwa telur dadar alias omelet, ternyata punya nama lain di 10 negara berbeda. Tidak hanya namanya, bahan yang ditambahkan dalam pembuatannya pun banyak ragamnya. Sudah siap bikin perut tambah keroncongan?

1. Torta - Filipina

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negaraaussietaste.com

Di Filiphina, telur dadar dibuat dengan menambahkan potongan sayur, kismis, bahkan sampai makanan sisa (tentu saja yang masih layak makan), kemudian digoreng sampai matang. Uniknya, selain bisa disantap sebagai lauk nasi, torta biasa disajikan dengan saus pisang. Wah, gimana rasanya, ya?

2. Khai Yat Sai - Thailand

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negara3hungrytummies.blogspot.com

Di negara yang terkenal dengan street food yang enak dan beragam ini, telur dadar punya nama khai yat sai. Isiannya bisa macam-macam tergantung selera si pembuat. Bagian yang terpenting dari khai yat sai adalah tengahnya harus menggembung. Wah, kenyang, nih!

3. Fuyunghai - Tiongkok

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negararesepcaramasak.com

Telur dadar khas Tiongkok ini banyak kita temui di Indonesia. Fuyunghai adalah telur dadar dengan isian potongan sayuran, daging, dan makanan laut yang memiliki tekstur tebal. Penyajiannya ditambah dengan saus asam manis yang cocok sekali dengan cita rasa ain gurih dari fuyunghai. Ada penjual fuyunghai di sekitar tempat tinggalmu? Segera cicipi jika belum pernah merasakan lezatnya kudapan yang satu ini.

4. Pajeon - Korea

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negaraviva.co.id

Nah, bagi yang suka nonton drama Korea, pernahkah kalian menjumpai makanan bernama pajeon? Pajeon adala telur dadar khas Korea yang memiliki bentuk mirip pancake. Pembuatannya dengan mencampurkan kocokan telur dengan tepung terigu, potongan daging sapi atau babi, kemudian ditambah makanan laut seperti kerang, udang, atau cumi.

5. Tamagoyaki - Jepang

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negaraasianfoodchannel.com

Selain fuyunghai, telur dadar khas Jepang ini juga mudah kita jumpai di Indonesia. Biasanya dijajakan di restoran sushi atau masakan khas Jepang lainnya. Telur dadar yang berbentuk balok tebal ini biasanya dibuat tanpa isian tambahan. Tapi bisa juga ditambah lembaran nori, keju, atau daging asap.

6. Masala Omelette - India

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negarasailusfood.com

Terkenal dengan makanan yang bercita rasa rempah, telur dadar di India pun dibuat dengan menambahkan bubuk jintan, kunyit, dan ketumbar pada adonannya. Tapi komposisi rempah yang digunakan ini berbeda-beda di tiap wilayah India. Campuran rempah inilah yang disebut sebagai masala.

7. Khagine - Iran

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negararayhanmarzeh.wordpress.com

Kalau biasanya telur dadar memiliki cita rasa yang asin gurih, maka lain cerita dengan khagine khas Iran. Khagine dibuat dengan mencampurkan gula pada kocokan telur kemudian digoreng sampai matang. Sepertinya tidak cocok dijadikan lauk nasi, ya?

8. Matzah Brei - Israel

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negarabonappetit.com

Mirip dengan telur dadar di Iran, matzah brei di Israel dibuat dengan mencampurkan matzo pada adonan telur kocok. Matzo adalah biskuit graham atau sejenis kraker yang menimbulkan sensasi renyah dari telur dadar ini. Matzah brei memiliki cita rasa yang manis dan renyah. Topping untuk pelengkapnya bisa bermacam-macam, sesuai selera masyarakat setempat.

9. Baurnomelette - Austria

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negarachefkoch.com

Telur dadar khas Austria ini terbilang unik. Baurnomelette dibuat tidak dengan mencampurkan bahan isian ke dalam kocokan telur. Kentang rebus, daing asap, dan bawang bombay justru ditumis terlebih dahulu, barulah kocokan telur dituangkan di atasnya. Kebayang setebal apa baurnomelette yang lezat ini. Hmm...

10. Frittata - Italia

10 Nama Lain Telur Dadar dari Berbagai Negarathecomfortofcooking.com

Di negara asal pizza ini, telur dadar disebut sebagai fritata. Makanan Italia terkenal dengan cita rasa kejunya yang kuat. Tidak terkecuali pada fritata ini, yang pada proses pembuatannya ditambahkan keju, sayuran, bahkan pasta.

Sudah merasa makin lapar? Cobalah untuk membuat sendiri satu telur dadar khas mancanegara ini di rumah.

Baca Juga: 4 Makanan Olahan Dari Telur Ini Dijamin Bikin Kamu Rindu Masa Kecil

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You