Comscore Tracker

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?

Makanan khas yang simpel dan nikmat 

Selain terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya, Jawa Tengah juga menyimpan banyak makanan khas yang unik dan nikmat. Kudapan-kudapan ini kerap kali dicari pelancong saat berkunjung ke jantung budaya di Pulau Jawa ini.

Dari sekian banyak makanan khas yang ada di Jawa Tengah, ada beberapa makanan yang memiliki nama nyeleneh dan membingungkan. Penasaran apa saja makananya? Langsung cek aja, yuk!

1. Tahu gimbal

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?Tahu Gimbal (instagram.com/food.cip)

Tahu Gimbal merupakan makanan khas Semarang. Biasanya, makanan ini disajikan dengan beberapa isian seperti tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur, dan gimbal yang dicampur dengan bumbu kacang yang khas dengan petis udang.

Selain cita rasa yang nikmat, yang menarik dari makanan ini adalah penggunaan kata 'gimbal' yang merupakan sebutan untuk jenis rambut panjang yang mirip tali berbentuk seperti anyaman dan kepangan.

Ternyata 'gimbal' di sini digunakan untuk menyebutkan kondimen makanan yang berbentuk seperti kepangan rambut pendek yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung. Kondimen ini yang kemudian menjadi ciri khas makanan berbahan dasar tahu ini berbeda dengan yang lain.

2. Ndas borok

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?Ndas Borok (instagram.com/dwisunuaja)

Ada yang tau gak ndas borok artinya apa? Iya, ndas dan borok merupakan dua kata yang berasal dari bahasa Jawa. Ndas artinya kepala dan borok yang berarti luka. Eits jangan khawatir, makanan khas Jawa Tengah yang satu ini gak memakai luka di kepala sebagai bahan dasarnya kok.

Ndas borok merupakan makanan khas Temanggung, Jawa Tengah. Makanan yang terbuat dari singkong, parutan kelapa dan taburan gula aren ini memiliki cita rasa khas yang gurih dan manis.

Singkat cerita, makanan legit ini diberi nama ndas borok karena bentuknya yang mirip borok di kepala. Selain itu, ada mitos leluhur yang melingkupi pemberian nama ndas borok yang diwariskan secara turun temurun.

Mitos ini berupa larangan membawa nasi kepada siapa pun yang hendak naik ke gunung Sumbing. Sebagai gantinya, mereka disarankan untuk membawa bekal singkong, gula dan kelapa. Penasaran gak sama rasa legit dan gurihnya?

3. Bajingan

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?Bajingan (mail.perpus.jatengprov.go.id)

Mendengar namanya saja pasti kamu langsung membayangkan kalau itu adalah perampok atau penjahat. Tapi, bajingan yang satu ini justru banyak dicari oleh masyarakat. Di Temanggung, terdapat makanan khas bernama Bajingan yang memiliki cita rasa manis dan tekstur yang lembut.

Makanan bernama unik ini ternyata sangat mudah dibuat lho. Makanan legit ini hanya membutuhkan bahan dasar singkong yang dimasak dengan gula merah, santan kental dan daun pandan. Meskipun sederhana, makanan ini punya cita rasa yang enak banget. 

Terkait penamaan, Bajingan memiliki sejarah dan merupakan makanan mewah pada zamannya. Dahulu, Bajingan sering disantap sopir sapi saat ada rezeki atau pada saat acara tertentu. Para sopir sapi di sini biasanya di sebut dengan istilah Bajingan. Dari situlah kudapan singkong legit ini diberi nama Bajingan.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Temanggung, Ada Bajingan, Bikin Nagih!

4. Sayur becek

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?Sayur Becek (instagram.com/kulinerpurwodadi_)

Sayur becek merupakan makanan berkuah khas Grobogan Jawa Tengah. Mulanya, makanan ini digunakan untuk jamuan acara hajatan, seperti nikahan dan khitanan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, makanan ini semakin familier di masyarakat dan sangat muda ditemukan di warung makanan pinggir jalan.

Makanan bercita rasa gurih dan sedap ini biasanya dihidangkan dengan daging iga beserta balungannya dan disiram dengan kuah melimpah dalam satu mangkuk penuh. Biasanya, dalam satu mangkuk sayur becek terdapat topping irisan cabai hijau dan dilengkapi dengan kacang tolo yang disajikan secara terpisah. Waw, pasti enak banget, nih!

5. Semar mendem

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?Semar Mendem (instagram.com/chl.flx)

Kamu suka jajanan tradisional? Pastinya sudah gak asing sama makanan yang satu ini. Iya, makanan khas Jawa Tengah yang banyak di jumpai di Solo dan Yogyakarta ini memiliki cita rasa gurih dan sedap yang bikin nagih. 

Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan suwiran ayam atau abon daging ayam/sapi, lalu dibungkus dengan dadar telur. Sekilas, jajanan ini mirip dengan kue lemper, namun yang membedakan adalah bungkus lemper yang menggunakan daun pisang. Selain itu, untuk menikmati semar mendem bisa juga dengan menggunakan tambahan saus areh atau saus santan yang gurih.

Nama semar mendem diambil dari salah satu tokoh wayang, yaitu semar yang memiliki perawakan gemuk dan suka makan. Hal ini dikaitkan dengan jajanan ini yang berbentuk padat dan membuat kenyang. Adapun 'mendem' yang artinya mabuk digunakan sebagai simbol kepada pengingat para pemimpin agar tidak mendem dengan kekuasaan. Wah, menarik banget, ya. Gimana, mau coba gak?

6. Rondo royal

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?Rondo Royal (instagram.com/mia_riris)

Rondo royal merupakan jajanan khas Jawa Tengah yang banyak ditemukan di Kabupaten Jepara. Jajanan ini terbuat dari tapai singkong yang di goreng dengan tepung beras.

Keunikan dari makanan ini adalah namanya yang memiliki makna seorang janda (rondo) yang sangat dermawan (royal). Namun, versi lain mengatakan kata 'rondo' dalam bahasa Jawa diambil dari kata 'rodo' yang berarti hampir menyerupai. Sedangkan 'royal' berasal dari bahasa Inggris yang artinya mewah. Jika digabungkan, makanan ini bermakna "agak mewah".

Meskipun sejarah penamaannya masih menuai perdebatan, namun makanan ini memiliki keunikan tersendiri. Inilah yang membuat orang-orang yang mendengar nama penganan ini langsung penasaran dan ingin mencicipinya.

7. Ketupat jembut

7 Makanan Khas Jawa Tengah Punya Nama Nyeleneh, Penasaran?Ketupat Jembut (twitter.com/andikamalreza)

Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini punya nama nyeleneh dan bikin gagal fokus. Yups, ini tak lepas dari pemberian nama yang mengandung unsur seksualitas, yakni kata 'jembut' yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti 'rambut pada kemaluan'.

Menurut cerita, kata 'jembut' dipilih untuk merepresentasikan bentuk ketupat yang tengahnya diisi dengan sayur-sayuran yang diurap dengan kelapa parut yang bentuknya menyerupai rambut.

Ketupat jembut merupakan makanan khas yang wajib ada saat tradisi rutin di setiap lebaran Syawal atau yang biasa disebut Syawalan di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Biasanya, ketupat jembut dibagikan oleh warga dengan lembaran uang kertas.

Gimana, penasaran sama rasanya seperti apa? Langsung saja datang ke Desa Pedurungan, Semarang kalau lagi lebaran Syawal.

Berbagai daerah di Jawa Tengah yang memiliki nama nyeleneh dan bikin gagal fokus. Meskipun terbilang sederhana, makanan di atas dijamin punya cita rasa yang gak kalah enak dari makanan mahal. Gimana, kamu mau coba yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Fakta Unik Ketupat Jembut, Menu Nyentrik Khas Syawalan di Semarang

Dian Wijayanti Photo Verified Writer Dian Wijayanti

Bukan anak musik tapi suka musik, find me on instagram @diannwy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya