Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Myanmar Menggoda Lidah yang Wajib Kamu Coba

Menggugah selera makanmu!

Setiap negara pasti memiliki berbagai macam kuliner khas dengan cita rasa lokal yang unik dan lezat, seperti halnya negara Myanmar.

Myanmar atau juga dikenal sebagai Burma merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang berbatasan dengan negara  India, Bangladesh, Thailand, Laos dan China. Berbatasan dengan banyak negara, kuliner Myanmar dipengaruhi dengan rempah-rempah, bumbu, bahan dan gaya memasak negara tetangganya yang jika digabungkan menjadikan masakan khas Myanmar menjadi unik dan lezat.

Meskipun kuliner khas Myanmar belum terlalu populer seperti halnya kuliner dari negara-negara tetangganya contohnya fu yong hai dari China atau tom yam dari Thailand, negara ini ternyata memiliki banyak kuliner khas yang patut kamu coba. 

Sudah siap lapar melihat kuliner lezat yang menggugah selera? Yuk, simak 5 kuliner khas Myanmar berikut ini.

1. Laphet Thohk - Salad Daun Teh

5 Kuliner Khas Myanmar Menggoda Lidah yang Wajib Kamu Cobaveggiessavetheday.com

Laphet Thohk adalah salah satu makanan paling populer bagi orang Myanmar. Hidangan ini terbuat dari bahan utama daun teh yang difermentasi ditambah kacang polong goreng, biji wijen panggang, bawang putih goreng, kacang goreng, udang kering, cabai, irisan tomat, parutan kubis dan minyak.

Kuliner ini juga dapat ditambahkan air jeruk nipis segar atau saus ikan sebagai saus salad. Di Myanmar, makanan ini sering disajikan ketika ada tamu berkunjung untuk menunjukkan keramahan kepada tamu yang datang.

2. Mohinga - Mie Beras dengan Kuah Sup Ikan

5 Kuliner Khas Myanmar Menggoda Lidah yang Wajib Kamu Cobasbs.com.au

Mohinga adalah sup ikan yang disajikan dengan mie beras dan dibumbui dengan rasa kunyit, jahe, bubuk cabai, bawang putih dan serai. Hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional di Myanmar yang cocok dimakan saat sarapan, tetapi juga dapat sebagai camilan untuk dimakan kapan saja baik siang atau malam.

Baca Juga: 10 Kuliner Terpopuler Sepanjang 2018, Sudah Coba yang Mana Saja?

3. Mala Hin - Hidangan Berbagai Macam Sayuran Bagi Si Vegetarian

5 Kuliner Khas Myanmar Menggoda Lidah yang Wajib Kamu Cobashoreexcursions.asia

Bagi vegetarian, mala hin adalah hidangan yang cocok buat si vegetarian. Mala hin terdiri dari tahu, kacang, bihun, kacang polong, kailan, wortel, dan sayuran lainnya. Semua ini disiram dengan saus kacang pedas dan terkadang diberi taburan kacang. 

4. Shan khao swe - Mie Beras Shan

5 Kuliner Khas Myanmar Menggoda Lidah yang Wajib Kamu Cobakcet.org

Shan khao swe atau disebut mie Shan adalah hidangan yang terinspirasi etnis Shan dari bagian timur laut Myanmar. Hidangan ini merupakan kombinasi mie beras dicampur dengan daging ayam atau babi, bawang merah, bawang putih, tomat, cabe, dan kacang panggang yang dihancurkan dalam kuah kaldu. 

5. Samusa Thouk - Sup Samosa

5 Kuliner Khas Myanmar Menggoda Lidah yang Wajib Kamu Cobacookshideout.com

Samosa thouk adalah makanan kaki lima yang populer di Myanmar.

Samosa thouk adalah sejenis sup dengan kubis, wortel, dan paprika ditambah beberapa potong samosa. Samosa sendiri merupakan sejenis gorengan berbentuk segitiga dengan isian daging, kentang, dan sayuran yang biasa ditemui di negara India, Pakistan, Nepal dan Bangladesh.

Tidak heran samosa diadaptasi oleh Myanmar dengan ditambahkan sup sayur kuah kental karena negara ini berbatasan dengan negara-negara Asia Selatan.

Serupa dengan masakan Indonesia yang banyak menggunakan rempah-rempah, makanan khas Myanmar juga gak kalah sedap. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 10 Kuliner yang Terinspirasi SpongeBob Squarepants, Gak Tega Makannya

Mademoiselle D Photo Community Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You