Comscore Tracker

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Coba

Seperti Indonesia, makanan khas Serbia beragam dan lezat!

Bagi para pecinta travelling, mencoba makanan baru di tempat yang ditandangi adalah kesempatan yang tidak boleh terlewatkan. Setiap negara dan setiap kota memiliki daftar makanan yang wajib dicoba sendiri, dan Serbia tidak terkecuali.

Serbia adalah sebuah negara yang dikelilingi daratan di persimpangan Eropa Tengah dan Balkan. Negara ini berbatasan dengan Montenegro di selatan, Bosnia dan Herzegovina di barat, Bulgaria di tenggara, Kroasia di barat laut, Hongaria di utara, Makedonia dan Kosovo di selatan, dan Rumania di timur laut. 

Secara historis, pengaruh pada masakan Serbia sangat kaya dan beragam, pertama kali dimulai sebagai campuran masakan Yunani, Bulgaria, Turki, dan Hongaria, serta pengaruh Slavia abad pertengahan.

Perpaduan tersebut justru membuat hidangan Serbia memiliki cita rasa lezat tersendiri yang khas dan layak dicoba jika kamu bertandang ke negara ini. Bikin kamu jatuh cinta, berikut 7 makanan khas Serbia yang wajib kamu coba!

1. Cicvara, menu sarapan tradisional khas Serbia

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Cobajaukuhinji.com

Menu sarapan di Serbia selain lezat juga kaya akan kalori dan karbohidrat. Aroma cicvara digunakan untuk menandai awal hari yang baru. Menu makanan ini dapat ditemukan pada menu banyak ibu rumah tangga Serbia dan di banyak restoran tradisional Serbia. Makanan ini terdiri dari campuran  tumbukan keju, minyak goreng, kajmak dan krim asam yang dimasak pada air susu mendidih.

Saat campuran mendidih, tambahkan tepung jagung perlahan-lahan dan aduk terus campuran sampai menjadi padat. Makanan ini biasanya disajikan dengan yoghurt atau susu murni.

2. Ćevapi, daging panggang sebagai hidangan utama paling terkenal di Serbia

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Cobabelgradeatnight.com

Daging panggang sangat populer di Serbia dan dijadikan sebagaihidangan utama yang ditawarkan di restoran. Ćevapi, juga disebut ćevapčići, terbuat dari daging sapi, domba atau babi atau dicampur pada roti pipih (disebut Somun atau Lepinje).

Makanan ini biasanya disajikansebanyak 5-10 potong di piring dengan bawang cincang, krim asam, ajvar, keju cottage, cabai merah dan garam. 

Baca Juga: 7 Resep Makanan Khas Imlek, Makin Seru Masak Bareng Keluarga

3. Skembici, sup jeroan khas Serbia

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Cobarestoranibeograd.com

Selain daging panggang, hidangan utama di Serbia lainnya adalah rebusan contohnya sup Skembici. Skembici memiliki banyak jenis dalam masakan Eropa Timur. Skembici adalah babat daging sapi atau babi dalam rebusan sayur dengan rempah-rempah, disajikan dengan kentang rebus. Bagi kalian yang pecinta jeroan, masakan tradisional Serbia yang telah ada sejak abad ke-13 ini patut banget untuk dicoba.

4. Meze, hidangan pembuka Serbia yang bermacam-macam

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Cobaserbiaonline.ru

Meze merupakan menu makanan pembuka (appetizers) yang terdiri dari bermacam-macam hidangan kecil. Tidak seperti meze yang ada di Timur Tengah, meze khas Serbia biasanya tidak termasuk hidangan yang dimasak. Meze ini mencangkup irisan daging dan sosis yang diawetkan, keju, zaitun, sayuran segar, dan uršija (acar sayuran).

5. Gibanica, pastry tradisional Serbia

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Cobaserbiaincoming.com

Gibanica merupakan pastry tradisional dimana pastry di Serbia sangat populer untuk dimakan baik untuk sarapan, makan malam, atau sebagai camilan. Biasanya dibuat dengan keju dan telur putih. Resep bisa beragam, mulai dari yang manis hingga gurih, dan dari yang sederhana sampai yang rumit yang terdiri dari kue berlapis-lapis.

Gibanica disajikan untuk sarapan dengan kefir atau yogurt. Gibanica juga biasanya disajikan di acara-acara tradisional spesial seperti Natal, Paskah dan Slava.

6. Kue Dobos, bolu berlapis coklat dan taburan karamel

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Cobabirdslikecake.de

Kue dobos merupakan kue tradisional Serbia-Hongaria yang sangat lezat disajikan pada perayaan keluarga penting seperti pernikahan, Natal, Tahun Baru, atau disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Kue dobos adalah kue bolu berlapis coklat buttercream dan atasnya ditaburi karamel.

Kue lapis ini dinamai menurut penemunya, koki Hongaria Jozsef C. Dobos, pemilik toko makanan di Budapest. Keunikan dari kue ini adalah bagian atas kue ditaburi karamel keras yang berfungsi agar kue tidak cepat kering dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

7. Salad Sopska, campuran beraneka macam sayuran dan keju putih

Bikin Jatuh Cinta, 7 Makanan Khas Serbia yang Wajib Kamu Cobathekittchen.com

Di Serbia, salad biasanya dimakan dengan hidangan utama atau dimakan terpisah setelah makan makanan berat. Salad Sopska sebenarnya berasal dari Bulgaria tetapi telah menjadi makanan pokok sebagian besar negara di Balkan, salah satunya Serbia. Salad ini terdiri dari tomat, mentimun, bawang, paprika dan ditaburi keju putih.

Sama halnya seperti Indonesia yang memiliki beragam makanan, Serbia juga memiliki beragam makanan mulai dari yang asin, manis, dan pedas. Makanan khas Serbia mana nih yang pengen kamu coba?

Baca Juga: 9 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Kamu Lebih Suka Mana?

Mademoiselle D Photo Community Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You